Jenis-Jenis Demam Yang Perlu Di Waspadai

Image result for suhu tubuh normal sehat

Demam adalah kondisi ketika suhu tubuh berada di atas angka 38 derajat celsius. Demam merupakan bagian dari proses kekebalan tubuh yang sedang melawan infeksi akibat virus, bakteri, atau parasit. Demam tidak dianggap sebagai sebuah penyakit tetapi biasanya merupakan gejala dari sebuah gangguan kesehatan atau infeksi.

Bagian dari otak yang disebut hipotalamus berfungsi untuk mengontrol suhu tubuh kita. Saat tubuh menghadapi penyakit atau virus tertentu, maka hipotalamus akan meningkatkan suhu tubuh untuk meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh dalam memerangi infeksi.

Golongan Demam

Demam dapat digolongkan ke dalam kategori yang berbeda sesuai dengan lama atau tingkat suhu. Kategori umum demam adalah sebagai berikut:

  • Hiperpireksia : Bila suhu tubuh mencapai atau melebihi 41,5° C. Kasus tersebut dianggap darurat.
  • Demam Kronis : Bila demam berlangsung selama lebih dari tiga hari atau sering terjadi.
  • Demam Antara (Intermitten) : Ketika suhu tubuh naik dan turun ke tingkat normal kembali dalam 1-3 hari.
  • Reminten : Digunakan untuk menggambarkan demam yang berulang secara berkala.
  • Demam Tetap : Menjelaskan demam ringan yang tidak meningkat atau menurun lebih dari satu derajat dalam waktu 24 jam.

Jenis-Jenis Demam Yang Perlu DIwaspadai

Dibawah ini merupakan beberapa jenis demam yang perlu diwaspadai oleh Anda, simak uraiannya dibawah ini :

  1. Demam Viral.

    Demam viral merupakan sebauh demam yang muncul akibat dari infeksi virus. Jenis demam seperti ini pada umumnya terjadi dalam waktu 9 hari, selain itu demam jenis ini biasanya disertai dengan infeksi yang terjadi pada tenggorokan.

  2. Demam Berdarah Dengue.

    Salahsatu jenis demam yang berbahaya adalah demam berdarah dengue atau banyak juga yang menyebutnya dengan DBD. Demam berdarah dapat terjadi diakibatkan oleh nyamuk yang menggigit, selain itu penderita merasakan sekujur tubuhnya nyeri. Penderita penyakit DBD biasanya  mengalami demam yang cukup tinggi dan juga menggigil. Jika kondisi penderita lebih parah, DBD bisa memicu terjadinya pendarahan internal.

  3. Malaria.

    Biasanya malaria berada di daerah tropis, beberapa orang yang ada di daerah tropis ada yang meninggal akibat demam malaria ini. Ciri khas dari demam yang diakibatkan oleh malaria adalah keadaan penderita menggigil dan juga demam cukup tinggi. Dalam kondisi yang lebih parah demam menjadi lebih berbahaya. Maka dari itu perlu penanganan yang tepat.

  4. Chicken Guinea.

    Meskipun nama dari demam ini mengandung kata ‘chicken’ namun demam jenis ini tidak ada hubungannya dengan ayam. Jenis demam ini juga dibawa dan disebarkan oleh nyamuk. Jenis demam ini memiliki gejala yang hampir sama dengan DBD dan Malaria, namun tidak begitu berbahaya seperti DBD dan Malaria. Meskipun begitu penanganan yang tepat tentu saja diperlukan.

  5. Tifus.

    Penderita tifus juga biasanya mengalami demam yang diakibatkan oleh adanya infeksi yang terjadi didalam perut. Bakteri jenis ini dapat membuat seseorang terkena demam yang tinggi, selain itu ditambah dengan munculnya sakit kepala dan diare yang cukup parah.

  6. Meningitis.

    Penyakit meningitis merupakan radang pada bagian otak yang bisa berpengaruh pada jaringan yang ada pada sistem otak dan juga sistem saraf. Meningitis juga bisa menyebabkan demam dan merusak organ otak. Biasanya penderita mengalami sakit kepala dan juga kejang.

  7. Infeksi Saluran Kemih.

    Demam juga kadang-kadang bisa terjadi pada seseorang yang menderita infeksi saluran kemih. Demam yang muncul bukanlah demam tinggi, namun berbarengan dengan rasa nyeri pada bagian perut bawah dan perasaan terbakar ketika Anda buang air kecil.

  8. HIV.

    Demam yang ringan namun dalam waktu yang terus menerus merupakan salahsatu tanda dari terjadinya infeksi HIV. Keadaan ini bisa diatasi dengan menggunakan 0bat tertentu namun di lain waktu gejala bisa muncul kembali. Anda sebaiknya melakukan pemeriksaan ke dokter apabila Anda mengalami demam ringan dalam waktu seminggu lebih, terlebih apabila Anda memiliki riwayat pengguna 0bat-0bat terlaran9 atau pernah melakukan hub ungan bebas.

Diatas merupakan beberapa demam yang harus Anda waspadai, karena apabila tidak ditangani dengan tepat akan berdampak pada kesehatan tubuh Anda. Selain itu langkah pencegah agar tidak terjadi demam yaitu dengan mencegah berbagai faktor yang bisa memicu demam tersebut muncul.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

  • Suhu Tubuh Normal Sehat

    Memahami suhu tubuh sangatlah penting untuk mengetahui gejala-gejala Anda terserang penyakit serius. Ketahuilah berap...

  • Tips-Tips Alami Untuk Menurunkan Demam Tinggi

    Umumnya suhu tubuh rata-rata norma pada orang dewasa yaitu 37 derajat celcius. Dan seseorang dikatakan terkena demam,...

  • Syifa Kids Turun Panas

    Setiap orang tua tentunya ingin agar sang anak menjadi selalu sehat dan kuat dan selalu ceria, selalu dapat bermain d...

online istana solo