Tips-Tips Alami Untuk Menurunkan Demam Tinggi

Hasil gambar untuk Demam Tinggi

Umumnya suhu tubuh rata-rata norma pada orang dewasa yaitu 37 derajat celcius. Dan seseorang dikatakan terkena demam, jika suhu tubuh meningkat diatas 37,5 derajat celcius. Apabila suhu tubuh meningkat mencapai hingga 39 derajat celcius, maka hal tersebut menandakan adanya infeksi serius pada tubuh kita.

Demam adalah salah satu reaksi dari tubuh yang disebabkan oleh infeksi virus ataupun bakteri. Kebanyakan dari bakteri dan virus yang menyebabkan infeksi pada manusia bisa hidup subur pada suhu 37 derajat celcius. Dengan terjadinya demam maka akan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh guna memproduksi lebih banyak sel darah putih, sehingga membuat lebih banyak antibodi dan akan membuah lebih banyak zat-zat lain yang berfungsi untuk melawan infeksi.

Bila demam pada Anda atau anak-anak sudah melebihi 3 hari belum hilang, Anda patut waspada, karena bisa saja itu karena gigitan nyamuk dan berujung pada malaria. Selain itu, jangan sampai gangguan penyakit demam menghambat aktivitas Anda.  Saat demam tinggi menyerang, jangan sekali-kali langsung meminum obat demam. Anda bisa meredakannya dengan cara alami terlebih dahulu karena seperti yang kita ketahui sedikit-sedikit memimum obat apalagi obat kimia itu tidak baik untuk tubuh.

Sebelum melangkah untuk mengetahui apa saja tips-tips alami untuk menurunkan demam, perlu kita ketahui penyebab umum terjadinya demam:

  • Terjadinya infeksi diantaranya infeksi streptokokus di tenggorokan (disertai peradangan tenggorokan), infeksi pada saluran kemih, infeksi sinus, serta pembengkakan pada bagian mulut (abses gigi)
  • Karena tertular suatu penyakit
  • Terjadinya infeksi mononucleosis yang juga disertai rasa kelelahan
  • Terlalu lelah akibat terkena panas sinar matahari secara berlebihan

Tips Alami Menurunkan Demam Tinggi

Dalam mengatasi demam seharusnya dilakukan dengan cara bijak, jangan sedikit-sedikit langsung minum obat demam sembarangan. Inilah beberapa tips alami yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan demam tinggi yang Anda alami:

  1. Mandi dengan Air Hangat.

    Mandi dengan air hangat dikenal mampu membuat demam turun serta membantu merilekskan badan kita. Mandi dengan air hangat juga bisa bermanfaat membunuh organisme serta bakteri. Setelah Anda mandi dengan air hangat, badan Anda akan terasa lebih segar dan demam berangsur-angsur menghilang.

  2. Kompres Dengan Air Hangat.

    Cara lain untuk menurunkan demam adalah dengan mengompres dengan air hangat. Caranya adalah dengan membasahi handunk dengan air hangat kemudian meletakkannya di lengan maupun dahi. Selain itu, kaos kaki basah juga dapat digunakan untuk kompres. Caranya adalah rendam kaki Anda menggunakan air hangat, lalu kaos kaki dibasahi dengan air dingin, lalu peras dan gunakan kaos kaki tersebut pada saat sebelum tifur. Jangan lupa lapisi kaos kaki tersebut menggunakan kaos kaki yang kering serta tebal. Metode ini bisa membuat sirkulasi darah meningkat.

  3. Minum Banyak Air Putih.

    Saat demam, banyak sekali yang menyarankan untuk banyak-banyak minum air putih, karena selain membantu agar Anda terhindar dari dehidrasi, air membantu agar panas tubuh Anda menurun sehingga demampun akan hilang.

  4. Sup Hangat.

    Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan-bahan pada sup ayam bisa mengurangi terjadinya pembengkakan pada rongga hidung, hal ini akan membantu proses penyembuhan lebih cepat. Sebaiknya menyertakan juga bahan yang mengandung sumber protein yang baik serta mudah dicerna oleh tubuh seperti telur, sayuran serta potongan daging ayam.

  5. Meminum Teh Jahe.

    Khasiat jahe dikenal dapat membantu membuat pori-pori terbuka yang menyebabkan keringat akan keluar serta membuat demam menjadi turun. Manfaat jahe juga dapat membuat flu menjadi reda.

  6. Konsumsi Vitamin C.

    Jika gejala demam mulai muncul, segera konsumsi vitamin C. Dengan cara begitu, sistem imun dalam tubuh akan meningkat dan Anda bisa terhindar dari serangan sakit demam.

  7. Oleskan Bawang Putih Pada Kaki.

    Bumbu dapur yang satu ini bisa digunakan untuk meredakan demam. Anda bisa mencobanya dengan cara mencampurkan sedikit bawang putih dengan minyak kelapa dan mengoleskan di telapak kaki Anda. Biarkan selama satu malam dan panas tubuh Anda akan hilang.

  8. Mengkonsumsi Makanan Pedas.

    Kandungan yang ada pada cabai senyawa kimia yaitu capsaicin yang memiliki sifat rasa pedas. Apabila kita makan dengan rasa pedas pada waktu demam, akan membuat kita mengeluarkan keringat serta meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini tentu dapat membuat suhu badan yang panas akan turun.

Itulah tips-tips alami yang bisa Anda coba sendiri di rumah jika Anda atau ada keluarga Anda yang sedang sakit demam. Semoga tips diatas bermanfaat dan berhasil. Jaga kondisi tubuh Anda dari berbagai macam penyakit dengan tetap menjaga daya tahan tubuh dengan baik.

 

Madu Panas Demam Mabruuk

Madu Panas Demam adalah madu yang diramu khusus dengan beberapa macam herbal yang tepat dan seimbang diantaranya adalah Curcuma Xanthoriza, Curcuma longa, Imperata Cylindrica , Nigella Sativa dan Olive Oil.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo. 

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta. 

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang. 

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta. 

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayanan Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

  • Obat Herbal Demam Berdarah

    Sebelum diobati, pasien harus diberi pertolongan pertama oleh medis. Karena pasien demam berdarah membutuhkan banyak ...

  • Gejala Demam Berdarah

    Demam Berdarah Dengue atau disingkat DBD disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan lewat gigitan nyamuk Aedes aegi...

  • Suhu Tubuh Normal Sehat

    Memahami suhu tubuh sangatlah penting untuk mengetahui gejala-gejala Anda terserang penyakit serius. Ketahuilah berap...

online istana solo