Penyakit Eksim

Eksim adalah jenis penyakit yang terjadi pada bagian tubuh kulit manusia yang penyebabnya sangat beraneka ragam. Penyakit eksim dibagi menjadi eksim kering dan basah. Eksim basah lebih mudah terkena infeksi. Eksim kering adalah dimana di dalam kulit tubuh akan menimbulkan kulit yang kering, seperti bersisik dan menimbulkan rasa gatal. Kulit akan terasa kasar. Sedang eksim basah terjadi apabila permukaan kulit mengeluarkan cairen yang membuat kulit basah. Penyebab penyakit eksim:

  1. Kulit lembab

Kulit yang lembab memiliki sisi baik dan buruk. Gunakan body lotion, cream butter, atau body bream yang sudah jelas jenisnya agar dapat terhindar dari penyakit eksim akibat kulit yang terlalu lembab. Pilih juga yang sesuai dengan jenis kulit kering, normal, atau berminyak karena berbeda jenis kulitnya berbeda pula perawatannya. Cuaca panas dan perubahan tingkat kelembaban juga dapat memicu terjadinya eksim.

  1. Perhiasan Imitasi

Perhiasan memiliki beberapa jenis dan bentuk. Seperti cincin, kalung, dan semacamnya. Perhiasan lebih banyak dipakai oleh wanita daripada pria. Namun kalian harus lebih berhati-hati,  karena beberapa perhiasan imitasi yang dijual di pasaran yang dapat menyebabkan penyakit eksim. Jika tidak ingin mengalami hal tersebut, anda harus lebih berhati-hati dalam membeli perhiasan terutama perhiasan imitasi.

  1. Penggunaan Alat Kecantikan

Alat kecantikan berupa kosmetik banyak digunakan oleh para wanita untuk menunjang penampilan. Namun ada beberapa wanita yang tidak cocok menggunakan kosmetik tertentu. Akibatnya terjadi iritasi pada kulit sehingga penyakit eksim kering akan muncul. Lalu kulit akan menjadi merah dan timbul pembengkakan disertai peradangan pada kulit. Bahkan penggunaan kosmetik yang salah dapat memicu kanker kulit.

  1. Debu

Debu terdapat dimana-mana baik di rumah, kantor, atau tempat lainnya. Bagi orang yang memiliki alergi terhadap debu, sebaiknya waspadai peradangan yang terjadi. Bila peradangan menyebar luas, nantinya akan menjadi penyakit eksim yang menimbulkan rasa gatal dan bersisik pada kulit.

  1. Menggaruk kulit

Kulit akan mengalami luka dan iritasi dengan menggaruk kulit terlalu sering. Ditambah alat penggaruk yang tidak steril dapat memperburuk eksim yang dialami.

  1. Pakaian, selimut, atau karpet dari bahan wol

Bahan wol dapat membuat kulit kita gatal secara terus menerus yang memicu terjadinya penyakit eksim kering. Sabun cuci dan produk yang memiliki zat kimia tertentu juga dapat menjadi penyebab eksim.

Banyak anak yang mengalami eksim akan sembuh dengan sendirinya setelah usia 10 tahun. Hampir semua penderita penyakit eksim memiliki gejala yang kumat-kumatan.  Cara mengatasinya penyakit ini adalah dengan :

  • Berusaha tidak menggaruknya area yang gatal sebisa mungkin. Anda dapat menggosok daerah yang gatal secara perlahan tanpa menggunakan kuku.
  • Mengoleskan getah dari daun jarak ke kulit ensim secara perlahan. Daun jarak dikenal sebagai bahan alami untuk mengatasi eksim. Atau bisa juga dengan menggunakan minyak jarak.
  • Jagalah kelembaban kulit dengan mengganti sabun mandi anda dengan sabun mandi yang mengandung pelembab.
  • Hindari kondisi udara atau air yang terlalu panas atau dingin karena kondisi ekstrem dapat memicu iritasi.
  • Pilih pakaian berbahan katun, karena lebih lembut untuk kulit. Bilas pakaian setelah dicuci hingga benar-benar bersih, karena kandungan dalam deterjen bisa saja membuat iritasi pada kulit.
Karyawan baru Istana