Gejala Kanker Ginjal

Image result for kanker ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ yang sangat vital bagi tubuh kita. Ginjal memiliki peran mendukung penyaringan kotoran dari darah. Kotoran tersebut nantinya akan diubah dalam bentuk urin dan dikeluarkan oleh tubuh.

Kanker ginjal adalah jenis kanker yang menyerang organ penting tersebut sehingga fungsinya akan menjadi mati. Dampak buruk kaker ginjal umumnya sering menimbulkan komplikasi yang serius. Penyebaran sel kanker dapat menuju organ yang jauh dari lokasi infeksi semula. Misalnya hati, paru-paru dan tulang. Untuk dapat membedakan penyakit kanker ginjal dengan penyakit laiinya anda perlu mengetahui gejala dan ciri-ciri kanker ginjal.

Pada tahap awal penyakit ini memang tidak memperlihatkan tanda ataupun ciri khusus. Sampai penyakit sudah berkembang ke tahap lanjutan yang lebih serius, gejala penyakit ini baru kelihatan dengan jelas dan menimbulkan rasa sakit. Upaya tambahan dapat anda lakukan untuk bisa mengenali gejala-gejala kanker ginjal.

Pada beberapa kasus, kanker ginjal dapat diketaui setelah melakukan pemeriksaan medis yang dibantu dengan sinar -x atau ultra sonik ketika anda mulai merasakan adanya benjolan aneh di sekitar ginjal disertai dengan nyeri. Penyakit kanker ginjal sering disalahartikan dengan penyakit batu ginjal. Padahal keduanya berbeda jauh. Pada kasus gagal ginjal, hanya ginjal saja yang sakit, namun pada kanker ginjal seluruh tubuh merasakan sakit dan ketidaknyamanan yang sama.

Gejala kanker ginjal yang sering dirasakan adalah:

Urin Berubah Warna

Telah kita ketahui bahwa gejala kanker ginjal lebih parah dibandingkan dengan gagal ginjal. Gejala yang perlu diwaspadai adalah perubahan warna pada urin ketika buang air kecil. Tubuh yang sehat dan banyak mengonsumsi air putih akan memiliki warna urin yang bening. Atau pada kebanyakan orang warna urin adalah kuning. Pada pasien kanker ginjal, warna urin akan menjadi agak kemerahan. Ada pula yang berwarna gelap. Itu terjadi karena urin sudah bercampur dengan darah dan kanker memang telah menyerang.

Nyeri Punggung

Urin yang berubah warna bukanlah satu-satunya gejala kanker ginjal. Gejala tersebut biasanya diiringi dengan gejala lain berupa rasa sakit di area punggung. Sebaiknya anda segera mengunjungi doter bila urin berubah warna disertai punggung yang sakit seperti ditekan kuat-kuat. Nyeri punggung memang bukan jaminan seseorang terserang kanker ginjal. Tbuh yang terlalu lelah juga bisa menyebabkan nyeri punggung. Oleh karena itu, anda perlu memeriksakan diri ke dokter bila mengalami nyeri punggung yang semakin menjadi dan tidak kunjung sembuh bahkan sampai mengalami kesakitan yang tidak tertahankan untuk memastikan gejala tersebut.

Benjolan Aneh

Seperti kasus kanker lainnya, kanker ginjal juga ditandai dengan benjolan tidak wajar yang terdapat pada area ginjal. Bila anda menemukan benjolan kecil yang sama sekali tidak gatal dan terasa aneh di samping tubuh, segeralah periksakan diri ke dokter secepatnya. Benjolan ini memang tidak terasa sakit pada awalnya, karena sel tumor memang tidak menimbulkan rasa sakit yang amat terlalu. Namun bila dibiarkan kemungkinan benjolan akan terus membesar dan berubah menjadi sel kanker. Untuk menghambat pembesaran benjolan tersebut, periksakan diri anda ke dokter.

Selain ketiga tanda di atas, sejumlah gejala lain yang sering dialami oleh penderita kanker ginjal adalah:

  • Penurunan nafsu makan
  • Kehilangan berat badan
  • Area testis membengkak
  • Pergelangan kaki membengkak
  • Demam
  • Tubuh cepat lelah
  • Tekanan darah tinggi
  • Kurang darah atau anemia
  • Tubuh terasa tidak nyaman.

Untuk dapat mengetahui penyebab kanker ginjal yang anda alami, perlu dilakukan tes pencitraan oleh dokter mengingat belum ada metode screening pada pasien kanker ginjal tahap awal.

Pemeriksaan ini harus dilakukan bagi anda yang memiliki riwayat keturunan pengidap kanker karena potensi terserang kanker ginjal lebih besar. Setelah ditemukan adanya kanker pada ginjal, dokter akan menentukan  atau memberikan pilihan pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyebaran kanker dalam tubuh dan bahkan menghilangkan kanker dari dalam tubuh. Deteksi dini kanker ginjal dapat menghasilkan kemungkinan penyembuhan yang lebih besar mengingat proses penyebaran kanker yang sangat cepat.

 

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo. 

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta. 

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang. 

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta. 

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

Karyawan baru Istana