Makanan Pantangan Yang Penderita Batu Ginjal Harus Hindari

Gambar terkait

Batu Ginjal adalah sebuah benda padat seperti batu yang terjadi akibat pengkapuran kristal hasil sekresi tubuh atau zat-zat sisa yang mengendap. Paling sering batu ginjal terbentuk oleh kalsium yang berlebihan didalam tubuh. Adanya batu pada ginjal menyebabkan nyeri yang luar biasa hebat, perdarahan pada urin karena adanya infeksi, dan bahkan bisa terjadi penyumbatan aliran kemih.

Beberapa makanan yang sering kita konsumsi ada yang memiliki kandungan mineral tinggi yang menjadi penyebab terbentuknya batu ginjal. Oleh sebab itu, jika Anda telah menderita penyakit batu ginjal, sebaiknya saat ini harus memperhatikan asupan makanan yang harus dikonsumsi.

Penderita batu ginjal sering merasa tidak mengerti mengenai aturan makanan atau aktivitas yang seharusnya tidak bisa dilakukan atau sangat dilarang. Bahkan ada jenis makanan tertentu yang disarankan dihindari oleh penderita batu ginjal. Berikut ini adalah beberapa makanan pantangan penderita batu ginjal :

  1. Kedelai dan Kacang-Kacangan.

    Kedelai dan semua jenis kacang-kacangan bisa menyebabkan produksi asam oksalat yang cukup tinggi dalam tubuh. Makanan yang mengandung asam oksalat tinggi bisa menyebabkan pembentukan batu ginjal menjadi lebih parah. Asam oksalat sangat berbahaya karena bisa mengikat kalsium dan menyebabkan kondisi batu ginjal menjadi lebih parah. Sumber makanan kedelai yang telah difermentasi tetap diperbolehkan dalam jumlah yang kecil.

  2. Sayuran Berdaun Hijau Gelap.

    Sayuran yang memiliki warna daun hijau seperti bayam, kacang panjang, dan jenis sayur lain juga banyak mengandung asam oksalat. Kadar asam oksalat yang terlalu tinggi bisa menyebabkan penumpukan jumlah kalsium dalam tubuh sehingga sangat berbahaya untuk penderita batu ginjal.

  3. Daging Merah.

    Daging merah merupakan makanan yang mengandung protein tinggi dan merupakan salah satu makanan pantangan penderita batu ginjal. Hal ini disebabkan karena pemecahan protein bisa menyebabkan ginjal bekerja terlalu keras sehingga akan ada banyak racun yang harus disaring oleh ginjal. Selain itu, bahan makanan ini juga bisa meningkatkan kadar asam oksalat dalam tubuh sehingga menyebabkan resiko batu ginjal menjadi lebih tinggi.

  4. Konsumsi Ikan.

    Ikan mengandung protein dalam jumlah yang tinggi sehingga bisa meningkatkan jumlah kalsium dan penyebab asam urat tinggi dalam tubuh penderita batu ginjal. Ikan mengandung zat purin yang dapat dipecah menjadi asam urat dan masuk ke dalam urin. Makanan ini bisa menyebabkan produksi asam urat yang berlebihan sehingga bisa menyebabkan risiko yang lebih berat untuk penderita batu ginjal.

  5. Tomat.

    Tomat mengandung asam asam oksalat sehingga bisa menyebabkan tingginya kadar kalsium dalam tubuh. Makanan yang mengandung kalsium kemudian tidak terpakai oleh tubuh, akan sangat rentan dengan pembentukan batu ginjal. Semua jenis produk yang mengandung tomat dan berasal dari tomat sebaiknya dihindari.

  6. Minuman Berkarbon dan Manis.

    Semua jenis minuman yang mengandung pemanis, gula dan minuman bersoda juga harus dihindari oleh penderita batu ginjal. Minuman manis merupakan pantangan batu ginjal karena bisa meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh. Selain itu, minuman bersoda mengandung kadar kalsium, asam oksalat, kreatinin, dan natrium yang tinggi. Kombinasi berbagai zat ini bisa meningkatkan resiko penyakit gagal ginjal.

  7. Makanan Mengandung Natrium dan Sodium.

    Makanan yang mengandung natrium (garam) dan sodium adalah jenis makanan pantangan penderita batu ginjal. Sejumlah makanan yang mengandung senyawa ini bisa meningkatkan kadar asam oksalat dalam tubuh sehingga berpengaruh untuk kondisi batu ginjal.

  8. Produk Dari Susu.

    Produk susu merupakan salah satu bahan minuman yang harus dihindari oleh penderita batu ginjal. Hal ini disebabkan karena susu mengandung kalsium yang bisa meningkatkan resiko batu ginjal. Susu juga mengandung beberapa komponen seperti kalsium, magnesium dan kalium. Ketiga mineral ini sangat berbahaya karena bisa mengembangkan batu ginjal yang lebih parah.

  9. Minuman Berkafein.

    Berbagai jenis minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh sangat dilarang untuk penderita batu ginjal. Bahaya kafein tersebut karena jenis minuman ini stimulan yang bisa menyebabkan gangguan untuk sistem pembuluh darah dan menekan ginjal bekerja lebih berat.

  10. Membatasi Makanan Yang Mengandung Vitamin C.

    Vitamin C memang sangat dibutuhkan oleh tubuh, namun hal ini tidak berlaku untuk penderita batu ginjal. Bagi penderita batu ginjal sebaiknya dapat membatasi asupan vitamin C, sebab hasil dari metabolisme vitamin C dapat membentuk oksalat. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika oksalat tidak baik untuk penderita batu ginjal. Umumnya kandungan vitamin C terdapat pada buah jeruk.

  11. Kurangi Makanan Yang Mengandung Banyak Garam.

    Makanan pantangan penderita batu ginjal adalah makanan yang banyak mengandung garam. Hal tersebut disebabkan garam dapat memicu batu ginjal semakin membesar. Sebaiknya konsumsi garam maksimal 3.500 mg perhari.

  12. Kurangi Asupan Kalsium.

    Umumnya tubuh hanya menyerap kalsium yang dibutuhkan. Jika kalsium pada tubuh berlebih maka kelebihan tersebut akan dibuang bersama air seni melalui ginjal. Ada baiknya mulai saat ini Anda bisa membatasi asupan kalsium tidak lebih dari 800mg perhari. Beberapa makanan yang banyak mengandung kalsium antara lain seperti sayuran hijau, dan olahan susu.

Itulah makanan-makanan pantangan yang penderita batu ginjal harus hindari. Mengkonsumsi air putih lebih banyak bagi penderita batu ginjal dapat membantu meluruhkan batu ginjal yang terbuang melalui air kencing. Jaga kesehatan mulai dari sekarang untuk hidup yang lebih sehat sampai nanti.

 

HIU Bantugin

Hiu bantungin bermanfaat juga untuk meningkatkan kesehatan organ ginjal, mengatasi radang ginjal, melancarkan buang air kecil, dan Membantu mengurangi terjadinya gagal ginjal, meluruhkan batu di ginjal dan saluran kencing, melancarkan buang air kecil.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayanan Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo