10 Manfaat Ciplukan Untuk Kanker

Hasil gambar untuk ciplukan

Buah ciplukan sudah tidak asing lagi bagi mereka yang tinggal di desa. Tumbuhan ciplukan yang sering dijumpai di semak – semak ini ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan terutama untuk penyakit kanker. Ciplukan mengandung berbagai senyawa baik seperti alkaloid, steroid, vitamin C, karetonin, asam palmitat, asam klorogenat,dan polifenol.

Ciplukan banyak dibicarakan karena manfaatnya dalam mengatasi masalah kanker. Kita tahu bahwa penyakit kanker cukup berbahaya bahkan tindakan medis pun belum tentu dapat mengatasinya. Sebagian orang banyak menghindari pengobatan medis selain karena biayanya, juga karena efek sampingnya yang menyakitkan. Salah satu pengobatan alternatif bahan alami adalah dengan menggunakan ciplukan. Berikut beberapa manfaat ciplukan:

  1. Membunuh sel kanker

Kandungan alkaloid, steroid, dan polifenol sangat ampuh dalam melawan sel kanker, bahkan mampu membunuh sel kanker sam[ai ke akar – akarnya. Manfaat buah ciplukan yang telah terbukti adalah melawan sel kanker darah, kanker paru – paru, kanker nasofaring, serta kanker ginjal.

  1. Mengecilkan ukuran tumor

Ciplukan mampu mengecilkan ukuran sel kanker dan tumor dan mencegahnya menyebar ke organ tubuh lain. Senyawa steroid dalam ciplukan mampu menghambat proses replikasi sel kanker dengan cara merusak DNAnya. Ciplukan sanggup bertindak tegas terhadap proses blastogenesis yaitu proses yang terjadi dalam tubuh akibat aktivitas sel kanker darah atau leukemia.

  1. Mengobati diabetes

Fungsi reseptor insulin akan meningkat berkat senyawa yang ada pada ciplukan akan menignkat sehingga kadar gula dalam darah dapat terjaga. Untuk dapat membuat ramuannya sendiri di rumah, anda perlu menyiapkan akar ciplukan yang telah dicuci bersih dengan 3 gelas air. biarkan hingga menyusut menjadi 1 gelas. Minum secara teratur sampai gula darah kembali normal.

  1. Mengatasi luka dan borok

Luka dan borok termasuk yang mengeluarkan nanah dapat disembuhkan dengan memanfaatkan daun ciplukan. Caranya, tumbuk halus segenggam daun ciplukan yang telah dicuci bersih. Tambahkan 2 sendok makan air kapur sirih sambil diaduk rata. Oleskanpada luka danbiarkan hingga sembuh.

  1. Sebagai antivirus

Ciplukan dapat digunakan untuk mengatasi berbagai virus berbahaya. Misalnya virus penyebab penyakit campak, herpes simpleks I, HIV -1, polio virus 1, serta hepatitis B. makanlah buah ciplukan segar setiap hari agar terhindar dari virus penyebab penyakit tersebut.

  1. Mengatasi radang kulit dan bisul

Radang kulit dan bisul sangatlah mengganggu  karena dapat merusak penampilan dan menimbulkan rasa sakit. Untuk mengatasinya, anda cukup menumbuk daun ciplukan yang telah dicuci bersih sebanyak setengah genggam sampai halus, lalu tempelkan pada bisul atau masalah kulit lainnya. Biarkan hingga kering. Lakukan secara teratur setiap pagi dan sore hari sampai sembuh.

  1. Menurunkan kadar kolesterol

Ciplukan dapat menekan kadar kolesterol jahat dalam tubuh karena mengandung asam oleat dan asam linoleat. Kedua kolesterol baik tersebut akan menyeimbangkan kadar kolesterol dengan menambah kolesterol baik dan mengeluarkan kolesterol sehingga kesehatan jantung tetap terjaga.

  1. Mengobati nyeri sendi

Nyeri sendi dapat terjadi pada siapa saja, terutama bagi kaum lanjut usia dan orang tua. Untuk mengobatinya, cobalah rebus 10 gram buah ciplukan kering dengan 3 gelas air. didihkan hingga menjadi separuhnya. Minum tiga kali sehari. Masing – masing satu gelas tiap kali minum.

  1. Menyehatkan mata

Ciplukan mengandung senyawa karotenin yang berfungsi mencegah degenerasi macula dan katarak pada mata sehingga berfungsi dengan baik. Untuk menjaga kesehatan maata, anda disarankan mengonsumsi buah ciplukan secara rutin.

  1. Mencegah sariawan

Kandungan vitamin C pada buah ciplukan dapat mengatasi sariawan dan radang gusi, serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit. Untuk mendapat manfaat tersebut, cukup dengan memakan buah ciplukan setiap hari.

 

 

Artikel Terkait

Karyawan baru Istana