Ciri – ciri kanker payudara

Related image

Ciri kanker payudara yang paling umum terjadi adalah benjolan di sekitar payudara muali dari yang kecil hingga besar. Pengetahuan tanda kanker payudara yang telah diketahui sejak awal akan membantu proses penyembuhan lebih cepat.

Benjolan atau penebalan di sekitar payudara

Benjolan di sekitar payudara dan ketiak merupakan tanda paling awal yang harus anda perhatikan. Anda harus waspada bila menemukan benjolan, meski tidak semua benjolan merupakan kanker, ada baiknya anda konsultasi ke dokter mengenai masalah ini. Beberapa karakter benjolan yang kemungkinan merupakan kanker adalah:

    • Benjolan terasa keras
    • Benjolan tetap di payudara, tidak bergerak
    • Benjolan diskrit, tidak mudah dibedakan
    • Hanya ada satu dan tidak ada benjolan yang sama di payudara sebelah
    • Kulit payudara berlesung pipit
    • Benjolan diserai keluarnya cairan
    • Benjolan tidak kunjung hilang setelah siklus menstruasi
    • Selain itu, terjadi pula penebalan payudara di bawah ketiak

Perubahan ukuran dan bentuk payudara

      Anda perlu waspada bila ukuran satu payudara anda berubah. Bisa jadi itu adalah gejala awal kanker paudara. Misalnya yang tadinya ukuran bra 32 menjadi 34.  Tidak hanya itu saja, bentuk payudara biasanya juga ikut berubah, yang tadinya membusung menjadi terkulai ke bawah.

      Kerutan pada payudara

        Kerutan merupakan hal normal bila dialami oleh mereka yang sudah lanut usia. Namun berbeda halnya bila kerutan tersebut terjadi di usia muda. Payudara yang normal tidak memiliki kerutan pada permukaannya kecuali area putting. Sedangkan kerutan pada bagian tertentu di sekitar payudara disertai warna hitam seperti luka lebam kecil pada payudara.

        Keluarnya cairan pada payudara

          Cairan susu akan keluar pada ibu saat sedang menyusui. Akan tetapi ketika cairan tiba tiba keluar dari putting anpa seba yang jelas, itu menandakan adanya kanker payudara. Cairan tersebut berwarna putih bening , agak kental atau encer. Adapula cairan yang berwarna cokelat atau bahkan berwarna merah darah. bila sudah seprti ini, ana harus berkonsultasi ke dokter karena kanker payudara sudah sampai pada tahap kronis. Akan lebih baik lagi jika anda segera konsultasi ke dokter sebelum gejala itu muncul.

          Nyeri berkelanjutan

            Nyeri pada area payudara biasa dialami oleh wanita terutama saat sklus menstruasi ataupun kehamilan. Namun bila nyeri itu tidak kunjung reda setelah siklus selesai, anda perlu curiga. Perhatianlah apakah nyeri itu terjadi di area yang sama pada payudaa anda atau berpindah pindah. Bila sama, kemungkinan besar itu merupakan gejala payudara. Hal yang harus anda lakukan bila mengalami nyeri berkelanjutan adalah tidak memencetnya atau menempeli dengan minyak pereda nyeri, segera konsultasikan ke dokter karena efeknya berbahaya bila tidak segera ditangani.

            Payudara merah dan bengkak

              Jika payudara anda mengalami perubahan yang drastic pada warna kulit yang memerah, bengkak, atau terlihat gelap di salh satu sisi dan bagian tertentu pada payudara anda, sebainya anda konsultasikan kepada dokter spesialis. Amati kulit sekitar payudara anda , apakah terdapat warna aneh di bagian atas, bawah, atau samping. Tanda merah itu biasanya akan terasa hangat saat disentuh. Seperti orang demam, namun pada area tertentu saja. Ada bengkak yang sifatnya lunak ataupun benjolan yang teksturnya kasar.

              Putting masuk ke dalam

                Putting susu akan timbul, kalaupun mengecil, dia akan sejajar denga kulit. Namun keanehan harus anda perhatikan ketika telah menukik ke dalam dan tidak sewajarnya. Tidak hanya putting susu, bagian payudara yang menukik ke dalam juga harus diwaspadai.

                Gatal, bersisik sakit, dan ruam di putting susu

                  Tanda, atau ciri –ciri lain dari kanker payudara adalah gatal yang tidak terduga di area payudara. Gatal tersebut dapat muncul kadang –kadang yang tidak terlalu menganggu sampai intensitas tinggi dan sangat mengganggu serta sulit hilang. Di kulit payudara uga timbul semacam siik yang cukup menggangu karena sakit jika dikeluas atau dipegang. Birsisik pada bagian kulit mana pun tentu harus mendapat treatment yang lebih karena kulit manusia ormal tidak bersisik, terutama diarea payudara. Khusus untuk ruam, hanya terjadi di putting susu. Jika terjadi ruam, segera konsultasi ke dokter.

                   

                   

                  Salam Sehat

                   

                  Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

                  Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

                  Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

                  • Istana Herbal Solo. 

                    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

                  • Istana Herbal Yogyakarta. 

                    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

                  • Istana Herbal Malang. 

                    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

                  • Istana Herbal Jakarta. 

                    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

                   

                  Pelayanan Kami :
                  Kami akan selalu siap melayani Anda
                  Email : istana.herbal.it@gmailcom
                  Order respon cepat whatsApp : 081393930088
                  Telp : (0271) 7451424

                  Artikel Terkait

                  Karyawan baru Istana