Ini Alasan Mengapa Luka Bakar Tidak Boleh di Olesi Dengan Odol!!

Hasil gambar untuk Ini Alasan Mengapa Luka Bakar Tidak Boleh di Olesi Dengan Odol!!

Luka bakar adalah kerusakan jaringan atau kehilangan jaringan yang disebabkan oleh suhu yang panas atau suhu sangat dingin, listrik, bahan kimia, gesekan dan radiasi. Luka bakar memiliki memiliki derajat yang bermacam-macam, uga memerlukan tindakan yang berbeda tergantung dari bagian yang terkena, tingkat keparahan dan komplikasi yang terjadi.

Anda tentu pernah mendengar saran penggunaan pasta gigi sebagai pertolongan pertama di rumah untuk mengatasi luka bakar. Namun, sebenarnya tindakan ini tak disarankan untuk mengatasi luka bakar pada anak maupun orang dewasa. Berapa pun derajat keparahan dari luka tersebut, tidak disarankan untuk mengoleskan pasta gigi atau mentega ke luka bakar tersebut.

"Jika derajat satu dan derajat dua bisa dialirkan  air yang sejuk terlebih dahulu. 10 sampai 15 menit kemudian, luka bisa diolesi seperti burnazin (gel). Jangan menggunakan odol apalagi mentega, karena akan terjadi infeksi yang lebih luas lagi," kata Koordinator Instalasi Gawat Darurat Brawijaya Children and Women Hospital, dr Dita Elvina ditulis Health Liputan6.com pada Senin (14/12/2015).

Penanganan luka bakar pada prinsipnya sama seperti penanganan luka yang disebabkan oleh hal yang lain yaitu perlu penanganan segera dan ditangani secara steril atau suci hama. Jika luka bakar ditutupi  dengan pasta gigi, maka luka tersebut langsung bersentuhan dengan kuman yang terdapat pada pasta gigi tersebut. Belum lagi kandungan lain di pasta gigi tersebut, seperti pemutih, pewarna dan zat-zat lain yang justru bisa membahayakan dan menimbulkan infeksi baru pada luka bakar tersebut. Mengoles luka bakar engan menggunakan pasta gigi juga akan menutupi kulit dan menghambat cairan yang akan keluar dari dalam tubuh, yang akhirnya menghambat proses penyembuhan.

Jika terjadi luka bakar hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengguyurnya dengan air atau meletakkannya dibawah air yang mengalir. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga suhu di sekitar luka tersebut supaya tidak semakin tinggi , sehingga jaringan yang rusak tidak semakin banyak. Luka bakar juga dapat diberikan es sehingga menghentikan panas dan mencegah luka bakar semakin parah.

Luka bakar ringan (hanya kemerahan kulit tanpa lepuh) cukup diolesi salep khusus luka bakar (bisa dibeli bebas di apotik), dan tak perlu ditutup. Luka bakar lepuh bergelembung, jangan dipecahkan. Biarkan gelembung tersebut pecah sendiri. Setelah pecah, lindungi dari paparan air, sebab kulit di dalam masih kulit yang mudah ditembus kuman. Perawatan dengan antisepsis tetap perlu selain menambah salep khusus luka bakar. Luka lepuh bergelembung yang luas butuh perawatan rumah sakit. Demikian pula luka bakar berat yang mengelupasi kulit sampai dalam yang menyebabkan kulit mengitam, juga tak dapat dirawat sendiri di rumah.

 

Propolis Diamond Lite

propolis diamond lite

Manfaat Propolis Diamond Lite :

    • Proses peremajaan (regenerasi) sel
    • Mempertahankan dan menjaga stamina tubuh
    • Meningkatkan sistem imunitas

    Termasuk juga mengobati beberapa penyakit lain seperti keriput, masalah kulit, luka kering/mengelupas, bintik-bintik, cacar air, kutu air, bisul, jerawat hitam, eksim, panu, kadas, kurap, luka bedah, luka bakar, herpes, dan sebagainya.

    Salam Sehat

     

    Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

    Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

    Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

    • Istana Herbal Solo

      Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

    • Istana Herbal Yogyakarta

      Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

    • Istana Herbal Malang

      Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

    • Istana Herbal Jakarta

      Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

     

    Pelayanan Kami :
    Kami akan selalu siap melayani Anda
    Email : istana.herbal.it@gmailcom
    Order respon cepat whatsApp : 081393930088
    Telp : (0271) 7451424
    online istana solo