Inilah Obat Gatal Kulit Alami Yang Bisa Ditemukan Disekitar Anda

Hasil gambar untuk gatal kulit

Anda pasti pernah mengalami yang namanya gatal pada pada kulit, dan informasi mengenai obat gatal pada kulit berikut ini mungkin dapat menjadi solusinya. Menderita gatal-gatal tentunya sangat mengganggu apalagi jika rasa gatal itu muncul di saat Anda sedang beraktifitas kerja maupun berada pada momen-momen penting. Pastinya Anda akan merasa malu jika harus menggaruk-garuk terus bagian kulit yang merasa gatal.

Obat kulit gatal yang umumnya banyak digunakan oleh masyarakat adalah obat dalam bentuk bubuk atau krim. Akan tetapi apabila Anda memiliki kulit yang sensitif, biasanya ada kemungkinan kulit Anda akan mengalami iritasi atau gangguan kulit lainnya apabila bahan obat tersebut tidak cocok dengan jenis kulit Anda.

Solusi untuk hal ini adalah dengan memilih obat yang terbuat dari bahan-bahan alami. Pasalnya bahan-bahan yang berasal dari alam biasanya tidak berbahaya meskipun digunakan dalam jangka waktu cukup lama. Nah, pada artikel kali ini kami akan mencoba membagikan informasi kepada Anda mengenai beberapa jenis bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat kulit gatal berair ataupun kering.

Faktor Penyebab gatal Kulit

Gatal dapat disebabkan oleh banyak faktor, seperti karena bakteri, jamur, virus, alergi, gigitan serangga, karena paparan zat kimia tertentu, atau karena faktor psikologis (depresi/stres). Gatal juga dapat disebabkan karena suatu penyakit kronis yang menyebabkan zat tertentu bertumpuk di dalam tubuh sehingga menimbulkan gatal-gatal, seperti penyakit gagal ginjal, sirosis, hepatitis, diabetes, leukemia, dan limfoma.

Perubahan hormon juga dapat memicu terjadinya gatal-gatal, misalnya perubahan hormon pada wanita hamil, menopause, maupun pada gangguan hormon tiroid. Pada penyakit anemia defisiensi zat besi pun juga dapat menyebabkan penderitanya mudah mengalami gatal-gatal.

Obat Gatal Kulit Alami

Untuk mengobati penyakit gatal di kulit, Anda dapat menggunakan obat-obat yang alami dan aman bagi kesehatan. Berikut ini adalah obat gatal pada kulit yang dapat Anda coba:

  1. Ramuan Kunyit, Temulawak, dan Sambiloto.

    Anda dapat menggunakan ramuan yang terdiri dari kunyit, temulawak, dan daun sambiloto untuk menyembuhkan gatal-gatal. Ramuan ini sangat ampuh dijadikan sebagai obat gatal alergi. Caranya yaitu siapkan 20 gram kunyit, 30 gram temulawak, dan 10 gram daun sambiloto. Kupas kunyit dan temulawak, lalu cuci ketiga bahan tersebut sampai bersih kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa separuhnya. Saring ramuan tersebut, lalu minum airnya secara teratur 2 kali dalam sehari.

  2. Lemon dan Minyak Kelapa.

    Cara paling mudah untuk mengatasi gatal pada kulit adalah dengan jeruk lemon dan minyak kelapa (virgin coconut oil VCO). Caranya cukup sederhana, peras jeruk lemon, kemudian campurkan perasannya dengan minyak kelapa. Nah, cara mengobatinya adalah dengan mengoleskan campuran tersebut ke bagian kulit yang terasa gatal. Biarkan selama satu malam dan tunggu sampai gatal-gatal tersebut berkurang atau menghilang.

  3. Daun Sirih dan Kulit Manggis.

    Untuk mengobati gatal pada kulit, Anda juga dapat menggunakan ramuan daun sirih dan kulit manggis. Cara membuatnya yaitu sediakan 20 lembar daun sirih, 100 gram kulit buah manggis. Cuci sampai bersih kedua bahan tersebut lalu rebus dengan air secukupnya. Setelah itu gunakan airnya selagi hangat untuk membasuh bagian kulit yang gatal.

  4. Daun Biduri.

    Cara membuat ramuan dari daun biduri untuk menyembuhkan gatal pada kulit yaitu siapkan daun biduri secukupnya lalu cuci sampai bersih dan dihaluskan/ditumbuk. Kemudian campurkan minyak kelapa secukupnya dan dioleskan pada kulit yang mengalami iritasi.

  5. Lidah Buaya.

    Tanaman lidah buaya sudah lama terbukti mampu mengatasi banyak jenis penyakit kulit, baik untuk kulit gatal berair maupun kering. Potong daun lidah buaya, lalu oleskan cairan atau gelnya ke bagian kulit yang bermasalah. Anda dapat menyimpan sisa potongannya di freezer dan menggunakannya dikemudian hari, dapat disimpan selama satu minggu.

  6. Daun Salam.

    Daun salam dapat digunakan sebagai obat gatal pada kulit karena mempunyai zat antibiotik alami. Cara memakainya yaitu cari daun salam secukupnya, cuci sampai bersih, lalu dilumatkan atau dihaluskan dan tempelkan pada kulit yang gatal.

  7. Daun Mahkota Dewa.

    Anda juga dapat menggunakan daun mahkota dewa sebagai obat gatal pada kulit yang ampuh. Cara menggunakannya yaitu siapkan daun mahkota dewa secukupnya, cuci menggunakan air bersih, kemudian haluskan dengan cara ditumbuk. Lalu oleskan daun mahkota dewa yang telah dihaluskan tersebut pada kulit yang gatal/iritasi maka akan segera sembuh.

  8. Daun Kemangi.

    Obat gatal pada kulit yang berikutnya yaitu daun kemangi. Daun kemangi mengandung zat yang bernama thymol sehingga efektif sembuhkan gatal-gatal. Cara memakainya, cari daun kemangi secukupnya, cuci sampai bersih, lalu gosok-gosokkan pada kulit yang mengalami gatal/iritasi.

  9. Cuka Sari Apel.

    Cuka sari apel juga dapat anda gunakan untuk menyembuhkan gatal pada kulit khususnya sebagai obat gatal alergi, sebab mengandung zat anti bakteri, anti jamur, dan antiseptik. Cara pemakaiannya yaitu teteskan cuka sari apel ke dalam kapas lalu oleskan pada kulit yang menderita gatal.

  10. Daun Peppermint.

    Daun peppermint merupakan obat gatal pada kulit karena dapat menurunkan iritasi/peradangan dan pembengkakan. Selain itu daun peppermint juga dapat memberikan sensasi dingin dan rasa nyaman pada kulit. Cara pemakaiannya sangat mudah, yaitu Anda tinggal menggosokkan daun peppermint pada area kulit yang mengalami gatal, tunggu beberapa saat supaya meresap, kemudian bilas dengan air bersih.

Anda juga harus berhati-hati pada makanan yang mungkin saja menimbulkan reaksi alergi pada kulit Anda, Anda juga harus mewaspadai zat atau benda yang juga dapat memicu timbulnya alergi sehingga menyebabkan gatal-gatal pada kulit.; semoga beberapa obat alami yang telah disebutkan di atas dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah gatal-gatal di kulit Anda.

 

HIU Herba Histaminic

Herba Histaminic adalah salah satu herbal produksi Herbal Indo Utama yang memiliki banyak manfaat terutama bagi penderita alergi kulit.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayanan Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo