Kenali Gejala dan Penyebab Penyakit Kusta (Lepra)

Kusta juga dikenal dengan nama lepra atau penyakit Hansen adalah penyakit yang menyerang kulit, system saraf perifer, selaput lender pada saluran pernapasan atas, serta mata. Sistem saraf yang diserang bisa menyebabkan penderitanya mati rasa. Penyakit kusta telah ada sejak zaman kuno, penyakit ini begitu menakutkan dan memiliki stigma negative di kalangan masyarakat pada masa itu.

Wabah penyakit kusta telah banyak membuat panic orang-orang di setiap benua. Peradaban tertua di Cina, Mesir dan India takut akan penyakit kusta karena penyakit tersebut sulit disembuhkan, menyebabkan mutilasi atau hilangnya anggota tubuh yang terkena serta bisa menular.

Namun, kusta sebenarnya tidak menular dengan mudahnya, seseorang dapat tertular kusta hanya jika kontak erat dengan cairan hidung dan mulut seseorang yang memiliki penyakit kusta yang tidak diobati berulang-ulang.

Gejala Penyakit Kusta Yang Perlu di Ketahui

Gejala utama penyakit kusta berupa bercak perubahan warna (menjadi putih seperti panu) atau lesi pada kulit, berbentuk benjolan, atau benjolan yang tidak hilang setelah beberapa minggu atau bulan.

Gejala dan tanda kusta sukar diamati dan muncul sangat lambat. Beberapa di antaranya adalah:

  • Mati Rasa. Tidak bisa merasakan perubahan suhu hingga kehilangan sensasi sentuhan dan rasa sakit pada kulit.
  • Pembesaran pembuluh darah, biasanya di sekitar siku dan lutut.
  • Perubahan bentuk atau kelainan pada wajah.
  • Hidung tersumbat atau terjadi mimisan.
  • Muncul luka tapi tidak terasa sakit.
  • Kerusakan mata. Mata menjadi kering dan jarang mengedip biasanya dirasakan sebelum muncul tukak berukuran besar.
  • Lemah otot atau kelumpuhan.
  • Hilangnya jari jemari.

Biasanya memerlukan waktu sekitar 3 sampai 5 tahun sampai gejala kusta muncul setelah seseorang kontak dengan bakteri lepra. Walau demikian, ada juga beberapa orang yang tidak mengalami gejala apapun sampai 20 tahun kemudian. Waktu antara kontak dengan bakteri sampai munculnya gejala disebut masa inkubasi. Masa inkubasi pada penyakit kusta begitu panjang sehingga menjadi sangat sulit bagi dokter untuk menentukan kapan dan dari mana seseorang tertular bakteri lepra.

WHO menggolongkan kusta menjadi 2 jenis berdasarkan kondisi luka pada kulit penderita, yaitu:

  • Paucibacillary, ada luka kulit tanpa bakteri penyebab lepra pada bercak kusta di kulit.
  • Multibacillary, ada luka kulit dengan bakteri penyebab lepra pada bercak kusta di kulit.

Penyebab Penyakit Kusta

Penyakit kusta disebabkan oleh bakteri yang bernama Mycobacterium Leprae. Bakteri kusta ini mengalami proses perkembangbiakan dalam waktu sekitar 2-3 minggu, pertahanan bakteri ini dalam tubuh manusia mampu bertahan hingga 9 hari di luar tubuh manusia. Bakteri kusta ini mampu bertahan dalam masa inkubasi sekitar 2-5 tahun bahkan lebih dari 5 tahun.

Bakteri kusta ini tumbuh pesat pada bagian tubuh yang bersuhu lebih dingin seperti tangan, wajah, kaki dan lutut. M. leprae termasuk jenis bakteri yang hanya bisa tumbuh berkembang di dalam beberapa sel manusia dan hewan tertentu. Cara penularan bakteri ini adalah melalui cairan dari hidung yang biasanya menyebar ke udara ketika penderita batuk atau bersin.

Selain penyebab utamanya, ada juga factor-faktor yang bisa meningkatkan resiko seseorang mengidap penyakit ini, diantaranya:

  • Melakukan kontak fisik dengan hewan penyebar bakteri kusta tanpa sarung tangan. Hewan tersebut diantaranya adalah armadillo dan simpanse afrika.
  • Melakukan kontak fisik secara rutin dengan penderita kusta.
  • Bertempat tinggal di kawasan endemic kusta.
  • Menderita cacat generic pada system kekebalan tubuh.

Demikianlah artikel mengenai Kenali Gejala dan Penyebab Penyakit Kusta (Lepra). Semoga artikel di atas bisa menjadi informasi yang juga dapat menambah ilmu wawasan kesehatan kita yang lebih baik.

 

Biotera Platinum

Berikut rincian penyakit yang (Insya Allah) bisa di atasi dengan produk Bioterra Platinum diantaranya adalah Penyakit akibat bakteri, kuman dan jamur
(Tetanus, kurap, eksim, bisul, kusta, ketombe, cacar air, meningitis, kolera, radang selaput otak,  tuberkulosis, kandidiasis, trikomoniasis, giardiasis, amebiasis, kudis, kutu pubis, panu).

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo. 

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta. 

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang. 

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta. 

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayanan Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo