Cara Efektif Menjaga Kesehatan Pencernaan

Lambung dan usus merupakan bagian dari organ tubuh manusia yang memegang peran dalam sistem pencernaan manusia. Organ tersebut berfungsi mencerna dan menyerap sari makanan yang dikonsumsi manusia. Sisa dari penyerapan sari makanan tersebut akan dikeluarkan dalam bentuk feses.  Maka, jika kedua organ tersebut mengalami kerusakan, akan sangat berbahaya bagi kesehatan.

Sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga kedua organ ini tetap sehat dan berfungsi sebagaimana mestinya. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat.

Mengatur Jadwal Makan

Salah satu fungsi lambung adalah menghasilkan asam lambung yang berguna mencerna makanan yang kita konsumsi menjadi bentuk yang lebih kecil. Lambung akan memiliki waktu yang teratur untuk mengeluarkan zat asam jika kita disiplin mengatur waktu makan. Jika asupan tubuh berkurang, lambung tidak akan mengurangi produksi zat asamnya. Akibatnya asam lambung justru melukai lambung itu sendiri.dinding lambung tidak kuat menerima asam yang berlebihan membuat lambung menjadi teriritasi. Bila terus dibiarkan, akan muncul penyakit maag kronis dan lambung akan terasa perih, sakit, atau panas. Jika sudah didiagnosis mengidap penyakit tersebut, ada baiknya anda mengatasinya dengan mengonsumsi makanan untuk penderita maag.

Memperbanyak Konsumsi Makanan Berserat

Mengonsumsi makanan kaya serat alami membantu tubuh mempertahankan kesehatan organ lambung dan usus. Ada banyak makanan yang mengandung serat tinggi. Semua jenis makanan ini dapat dikonsumsi hampir segala usia mulai dari anak kecil hingga orang tua. Makanan berserat membantu gerakan usus dalam melancarkan pengeluaran sisa pencernaan yang berupa fese. Kebiasaan ini akan melindungi tubuh dari penyakit wasir, sembelit, tukak lambung, kanker usus, dan kondisi lain akibat kurang serat.

Mengurangi Makanan Terlalu Pedas, Asam, dan Manis

Mengonsumsi makanan yang terlalu pedas, asam, dan terlalu banyak gula dapat berisiko meningkatkan produksi asam lambung. Sehingga hal tersebut mengakibatkan empedu bekerja lebih keras. Selain itu juga dapat memicu bakteri jahat yang ada dalam tubuh. untuk itu, sebaiknya mulailah mengurangi makanan yang terlalu pedas, asam, maupun terlalu manis agar kesehatan pencernaan anda tetap terjaga.

Anda juga harus mengatur porsi makanan yang dikonsumsi. Makanan yang berlebihan menjadikan tubuh bekerja lebih keras untuk memproduksi enzim-enzim pencernaan makanan. Kndisi ini mengakibatkan gangguan sistem pencernaan seperti mulas, perut begah,dan beberapa kondisi lainnya. Memilih jenis sumber nutrisi yang baik sangat penting bagi tubuh agar makanan yang kita konsumsi tidak merugikan kesehatan pencernaan kita.

Perbanyak Asupan Cairan Dalam Tubuh

Air dapat membantu menghilangkan racun-racun berbahaya dalam tubuh.selain itu, air juga berfungsi melarutkan nutrisi yang diserap oleh tubuh agar mudah diserap oleh tinja. Hal tersebut akan sangat membantu anda mengatasi gangguan sembelit. Kekurangan air putih bisa menimbulkan efek yang fatal. Asupan cairan sendiri bisa didapatkan dari air putih dan minuman lainnya yang rendah kafein atau cairan yang berasal dari sari buah dan sayur. Hindariklah minuman mengandung kafein, alcohol, maupun soda. Terlalu banyak mengonsumsi kafein, soda, dan alkohol mengakibatkan ketidaknyamanan pada lambung dan mengakibatkan refluk lambung. Mengingat bahaya yang ditimbulkan minuman beralkohol, soda, atau kafein, anda disarakankan untuk minum air putih.

Hindari Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji merupakan salah satu jenis makanan yang sangat berbahaya bagi sistem pencernaan khususnya lambung dan usus. Hal ini dikarenakan makanan tersebut mengandung banyak bahan tambahan seperti pengawet ataupun MSG. dan bagi mereka yang mengalami masalah sistem pencernaan, lebih baik hindari makanan ini.

Hindari Stres

Kondisi stres bisa berpengaruh pada kesehatan organ pencernaan. Stres yang dialami seseorang bisa menimbulkan peradangan pada usus  dan mengganggu fungsi saraf parasimpatis yang merupakan saraf yang berfungsi mengontrol gerakan usus. Seseorang yang sedang stres, mengakibatkan kurangnya aliran darah ke perut, berkurangnya produksi enzim pencernaan seperti kembung, sembelit, maupun timbulnya rasa mulas. Untuk itu, anda perlu mengatasi dan mencegah stres yang timbul.

Rutin Berolahraga

Para ahli menyebutkan kondisi antara obesitas, kurang berolahraga dan beberapa kondisi sistem pencernaan salit berhubungan erat. Kurang berolahraga bisa menyebabkan masalah pencernaan seperti diare, nyeri perut, maupun iritasi dan gangguan pada usus besar.  Rutin menggerakan anggota tubuh dengan berolahraga mampu mengurangi berbagai gangguan pencernaan. Manfaat lain yang didapat dari olahraga ialah tubuh lebih bugar, meningkatkan mood, serta menghindari stres.

Artikel Terkait

Karyawan baru Istana