Gejala Penyakit Lambung Bocor

Apakah anda pernah mendengar penyakit lambung bocor? Lambung bocor merupakan penyakit yang sangat berbahaya yang tidak boleh anda abaikan. Penyebab utama lambung bocor karena adanya luka pada lambung yang disebabkan oleh Helicobacter Pylori. Di saat bakteri lain mati karena kadar asam yang terlalu tinggi dalam lambung, bakteri ini justru mampu berkembang biak dengan baik. Bakteri ini akan terus menggerogoti lambung sehingga menyebabkan kerusakan yang ada di dalam lambung. Pengobatan dengan antasida memang dapat meredakan sakit maag, namun penggunaan dalam jangka panjang lama-kelamaan akan menyebabkan lambung kita bocor.

Cairan asam yang ada di dalam lambung dapat mengganggu bahkan menyebabkan kerusakan pada organ –organ dalam perut lain. Di dalam rongga perut ini terdapat usus halus, usus besar, pancreas, limpa dan organ penting lainnya. Dan organ perut tersebut diluputi oleh cairan mucus yang bersih dan steril. Sehingga ketika lambung bocor, udara akan memenuhi rongga perut dan cairan lambung akan membuat rongga perut tidak steril lagi.

Apakah anda tahu gejala awal lambung yang bocor? Gejala awal penyakit ini umumnya ditandai dengan rasa nyeri yang mendadak dan tiba-tiba pada bagian atas perut (seperti gejala sakit maag). Selain itu juga diikuti gejala lainnya:

  1. Keringat dingin
  2. Wajah nampak pusat pasi
  3. Demam
  4. Nafas sesak serta pendek
  5. Muntah-muntah.

Umumnya penderita sudah mengalami sakit lambung yang berulang-ulang sebelum lambungnya benar-benar bocor. Penderita akan merasakan nyeri yang lebih hebat daripada biasanya. Nyeri ulu hati lama-kelamaan menyebar ke seluruh perut. Sesak terjadi karena asam lambung mengiritasi sekat rongga dada. Penderita akan terlihat gelisah dan kesakitan. Duduk bersandar dapat mengurangi nyeri dan lebih enak bernafas.

Tahap selanjutnya ialah badan terasa panas disertai muntah –muntah berupa darah kecoklatan untuk kondisi yang sudah parah. Beberapa jam setelah lambung bocor, tubuh akan kembali terasa nyaman dan penderita terlihat membaik ditandai dengan muntah berkurang, detak jantung kembali normal, suhu tubuh menurun, bahkan dapat tidur nyenyak. Periode ini adalah waktu yang paling baik untuk melakukan pembedahan atau operasi.

Kemudian kondisi pasien akan semakin memburuk lebih dari 10 jam setelah kebocoran lambung pertama. Pasien akan masuk dalam keadaan peritonitis atau peradangan hebat yang terjadi pada rongga perut dan sepsis atau infeksi hebat akibat toksin atau racun dari bakteri yang menyebar ke seluruh tubuh.

Jika penderita baru ditangani setelah mengalami gejala di atas, kemungkinan sembuh penderita akan semakin kecil dan kondisi penderita akan lebih buruk. Ditambah lagi usia penderita yang sudah lanjut serta komplikasi penyakit usia lanjut lainnya.

Penyakit lambung bocor tidak dapat dianggap sebagai penyakit yang sepele karena sanggup menyebabkan kematian. Jika anda mengalami gejala penyakit lambung bocor, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

 

Artikel Terkait

Karyawan baru Istana