Makanan Yang Baik dan Yang Harus Dihindari Untuk Asam Lambung Tinggi

Gambar terkait

Lambung mengeluarkan asam yang sangat penting dibutuhkan untuk membantu mencerna makanan selama proses pencernaan. Nah ketika kelenjar lambung mengeluarkan asam ini secara berlebih, maka akan menimbulkan kondisi yang disebut dengan asam lambung tinggi atau dispepsia; gejala yang timbul bisa dimulai dari rasa mulas yang disertai rasa panas pada belakang dada, hingga bisa berkembang menjadi ulkus/maag. 

Masih ada lagi beberapa akibat yang bisa dikarenakan asam lambung tinggi, yaitu mulai gigi cepat rusak, hilang selera makan, hingga mempengaruhi paru-paru dan menyebabkan sesak nafas – hal ini karena kelebihan asam lambung bisa naik ke kerongkongan hingga mulut, bahkan masuk kedalam paru-paru. Penyebab sekeresi asam lambung berlebih bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, termasuk minuman beralkohol, makanan yang terlalu pedas, konsumsi obat-obatan antiinflamasi, dan stres.

Makanan Yang Baik Untuk Membantu Mengatasi Serta Mencegah Asam Lambung Tinggi

  • Daun Wortel dan Seledri bisa membantu mengendalikan sekeresi asam lambung berlebih. Selain itu, seledri juga mengandung magnesium dan juga zat besi. Sayuran seperti wortel dan umbi bit juga baik untuk menurunkan asam lambung.
  • Jintan hitam, ketumbar dan kapulaga juga bisa diambil untuk membantu mengobati asam lambung tinggi.
  • Segelas susu dingin juga bisa membantu. Kacang Almond juga merupakan obat yang baik untuk menghilangkan sakit maag dan asam lambung.
  • Beberapa lembar daun mint, potong-potong lalu rebus dengan secangkir air dan minum secara perlahan setelah makan.
  • Makan pisang juga bisa membantu mencegah gejala asam lambung tinggi. Daun basil atau kemangi juga bisa membantu meredakan gejala seperti perut terasa panas, mual, dan gas.
  • Makan mentimun atau buah semangka juga berguna untuk mengatasi keasaman lambung.
  • Disarankan untuk minum 10-12 gelas air setiap hari, karena Air minum secara langsung meredakan gejala seperti gas dan keasaman lambung. Minumlah 1-2 gelas air hangat setiap pagi untuk mengurangi sekresi asam lambung.
  • Makan-makanan yang beraneka ragam, seperti buah-buahan, sayuran, sereal gandum, serta protein seperti daging tanpa lemak, dan telur.
  • Jahe sangat baik untuk mengatasi masalah gangguan pencernaan. Buatlah campuran yang terdiri dari bubuk jahe, lada hitam, daun mint kering, biji adas, biji ketumbar, jintan, dan garam yang dihaluskan. Masukkan sekitar 1 sendok teh bubuk ini dengan segelas air hangat, dan minum sebanyak dua kali sehari setelah makan.

Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Asam Lambung

  • Makanan pedas seperti cabai dan saus barbekyu yang dibuat dengan cabai.
  • Buah yang asam-asam juga perlu dihindari, seperti jeruk atau mangga mentah yang asam karena mereka tinggi asam.
  • Produk susu kaya lemak seperti krim asam, keju atau es krim, serta makanan berlemak seperti hamburger atau daging dengan lemak, keju, margarin, gorengan. Kopi, teh, coklat dan minuman ringan bersoda juga harus dihindari. Minuman berkarbonasi, rokook, alkohol, teh dan kopi harus dihindari karena merangsang perut dan mengiritasi.
  • Kacang polong, buncis, brokoli, tomat, bawang, dan kubis juga harus dihindari.
  • Salad sayuran yang mentah seperti bawang, lobak, kubis, dan paprika.
  • Makanan berpengawet harus dihindari karena juga bisa mengiritasi kerongkongan karena asam lambung naik.

Bagi Anda yang mempunyai masalah dengan lambung, atau sudah mencapai level yang tinggi, Anda perlu perhatikan segi makanan apa saja yang baik untuk lambung dan apa saja yang harus dihindari untuk tidak menimbulkan penyakit asam lambung Anda kambuh. Semoga bermanfaat dan menjadi tambahan wawasan kesehatan diri kita.

 

Jadied Sehat Lambung

Madu Jadied Sehat Lambung ramuan tradisional yang dibuat dari madu murni, zingiber officinale & mentha arvensis, dengan komposisi seimbang, sangat berkhasiat untuk mengatasi masalah kesehatan lambung.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayanan Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana yogyakarta