Penyakit Bronkitis

Pengertian Penyakit Bronkitis

Penyakit Bronkitis merupakan salah satu penyakit yang menganggu saluran pernapasan yang merupakan salah satu penyakit yang berbahaya juga apabila tidak mendapatkan pengobatan, untuk itu penyakit bronkitis ini harus cepat mendapatkan pengobatan.

Bronkitis adalah suatu penyakit saluran pernapasan yang menyerang organ paru-paru atau juga bronkus yang mana sampai menyebabkan terjadinya inflamasi atau peradangan pada saluran tersebut. Penyakit bronkitis ini juga disebut sebagai penyakit yang menyerang saluran pernapasan.

Penyakit bronkitis juga dikenal sebagai penyakit paru paru basah karena memiliki gejala yang hampir sama yaitu mengeluarkan lendir pada saluran paru paru bronkial. Dan biasanya kalau lendir tersebut dibiarkan terlalu lama maka bisa mengakibatkan menjadi bengkak dan juga menjadi lebih tebal sehingga bisa menyebabkan kesulitan untuk bernafas dan mengalami batuk berdahak.

Penyebab Penyakit Bronkitis

Berikut ini beberapa penyebab penyakit bronkitis:

  • Disebabkan Oleh Virus.

    Seperti yang sudah anda ketahui kalau salah satu penyebab terjadinya penyakit bronkitis adalah disebabkan karena virus dan biasanya penyakit yang disebabkan karena virus perlu waktu yang lumayan lama untuk menyembuhkannya.

  • Disebabkan Oleh Merokok.

    Selain karena virus, penyakit bronkitis juga bisa disebabkan karena merokok, kandungan nikotin yang ada di rokok terdapat efek samping yang bisa meningkatkan resiko seseorang yang pecandu rokok untuk menderita penyakit bronkitis.

  • Disebabkan Oleh Polusi Udara.

    Polusi udara yang kotor tidak hanya saja tidak baik untuk dihirup tetapi polusi udara juga merupakan penyebab yang bisa meningkatkan resiko untuk menderita penyakit bronkitis.

  • Disebabkan Oleh Sulfur Dioksida dan Polutan Lainnya.

    Nah apabila seseorang yang sudah menderita penyakit bronkitis terkena penyebab yang satu ini maka biasanya kondisi bronkitis mereka akan tambah parah.

Gejala Penyakit Bronkitis

Apa saja gejala yang akan dirasakan oleh orang yang menderita penyakit bronkitis ? berikut ini gejala-gejalanya.

  • Demam.

    Orang yang mengalami penyakit bronkitis biasanya akan mengalami gejala demam, pada umumnya demam hanya salah satu gangguan kesehatan biasa, namun anda jangan pernah menyepelakan demam karena bisa saja demam yang anda alami itu merupakan salah satu gejala dari penyakit bronkitis.

  • Merasakan Sakit atau Tidak Nyaman di Dada.

    Gejala yang satu ini bisa disebabkan oleh virus yang masuk ke dalam tubuh dan sudah meradang sehingga bisa mengakibatkan dada terasa sakit dan juga tidak nyaman.

  • Mengalami Sesak Nafas.

    Sesak nafas yang dimaksud bukan disebabkan oleh penyakit asma, tapi sesak nafas ini diakibatkan karena lubang saluran nafas menjadi sempit yang disebabkan oleh lendir yang sudah menumpuk disaluran nafas sehingga menyebabkan terjadinya sesak nafas.

  • Batuk Yang Disertai Lendir.

    Apabila anda mengalami gejala yang satu ini segera periksakan keadaan anda kedokter karena kalau dibiarkan bisa berbahaya untuk kesehatan anda.

  • Kelelahan.

    Karena organ paru paru terganggu biasanya penderita penyakit bronkitis mudah sekali mengalami kelelahan, oleh karena itu bagi anda yang merasa mudah sekali merasa lelah segera periksakan keadaan anda ke dokter untuk memastikan keadaan anda.

  • Hidung Tersumbat dan Beringus.

    Hidung tersumbat dan juga beringus biasanya tanda orang mengalami pilek, namun apabila terlalu sering mengalami gejala yang satu ini kami sarankan untuk segera periksakan keadaan anda ke dokter karena bisa saja kondisi yang anda alami merupakan salah satu gejala dari penyakit bronkitis.

  • Sakit Tenggorokan.

    Salah satu gejala dari penyakit bronkitis yang akan dirasakan adalah biasanya penderita penyakit bronkitis akan merasakan sakit pada tenggorokan, untuk itu kami sarankan untuk periksakan keadaan anda kedokter untuk memastikan keadaan anda.

Apakah Penyakit Bronkitis Ini Menular?

penyakit bronkitis adalah penyakit yang disebabkan oleh serangan viris. Biasanya penyakit yang disebabkan oleh serangan virus merupakan penyakit menular dan bronkitis merupakan penyakit menular, tetapi jika bronkitis ini sudah termasuk yang akut. Bila penyakit bronkitis masih termasuk biasa termasuk tidak menular, oleh karena itu anda harus tetap waspada agar tidak terkena penyakit bronkitis.

Cara penularan penyakit bronkitis hampir sama pada kebanyakan penyakit disebabkan oleh virus lainnya, yaitu:

  1. Melalui bersin atau batuk penderita bronkitis
  2. Makanan atau minuman bekas penderita bronkitis
  3. Melalui partikel kecil
  4. Menyisih hidung

Pencegahan Terhadap Penyakit Bronkitis

Melakukan pencegahan dan juga pengobatan sejak dini sangat penting untuk anda lakukan karena kalau anda melakukan pencegahan atau juga pengobatan sejak dini maka anda memiliki peluang untuk tidak menderita penyakit bronkitis. Berikut langkah pencegahannya:

  • Menggunakan Masker.

    Salah satu pencegahan yang bisa anda coba adalah dengan menggunakan masker, apabila anda menggunakan masker berarti anda memiliki resiko kecil untuk tertular virus yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit bronkitis.

  • Jaga Jarak Dengan Orang Yang Menderita.

    Jaga jarak terhadap orang yang menderita penyakit bronkitis agar anda tidak memiliki resiko tinggi untuk terkena penyakit bronkitis.

  • Mencuci Tangan Secara Teratur.

    Kegiatan yang satu ini sangat penting untuk anda lakukan setiap hari terutama sebelum makan dan juga sesudah makan, karena secara tidak sadar anda menyentuh benda yang mungkin terdapat virus yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit bronkitis.

  • Hindari Rokok dan Asap Rokok.

    Untuk anda yang suka merokok hentikan kebiasaan buruk anda sekarang juga, sedangkan untuk anda yang tidak suka merokok jauhi asap rokok karena apabila anda terus menerus terkena asap rokok meskipun tidak merokok tapi kalau terkena asap rokok terus menerus maka memiliki resiko yang sama dengan orang yang suka merokok.

Demikianlah artikel tentang penyakit bronkitis. Telah dijelaskan di atas bagaimana penyakit ini menular. Jaga kebersihan dan jaga kesehatan diri Anda agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang bisa mengganggu kesehatan dan bahkan mengancam nyawa Anda.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo