Beberapa Buah dan Sayuran Ini Bisa Mengatasi Penyakit Encok

Hasil gambar untuk buah ceri

Encok merupakan penyakit radang pada sendi yang ditandai dengan rasa yang sakit pada daerah sendi secara tiba-tiba dan mengakibatkan adanya pembengkakan. Gangguan ini biasanya ditandai dengan rasa sakit akut di ibu jari kaki. Ibu jari membengkak dan panas dalam beberapa jam. Selain ibu jari kaki, encok juga bisa menyerang lutut dan pergelangan.

Biasanya serangan encok muncul di tengah malam atau menjelang pagi. Serangan akutnya penyakit encok ini berlangsung cukup lama, bisa sampai waktu satu minggu. Dalam waktu tersebut, orang yang terkena encok akan mengalami demam ringan dan mendadak nafsu makannya berkurang.

Penyakit encok disebabkan oleh pembentukan kristal asam urat di persendian, kulit, dan ginjal. Secara umum, pasien yang menderita encok ini memiliki kadar asam urat yang tinggi dalam darahnya. Prosesnya, ketika darah “penuh” oleh asam urat, maka asam urat kemudian akan membentuk kristal pada persendian. Hal tersebut akan memicu adanya serangan penyakit encok.

Selain disebabkan oleh pembekuan kristal asam urat, encok juga bisa disebabkan oleh factor keturunan, konsumsi alcohol, asupan makanan kaya protein dan karbohidrat berlebih, kurang aktifitas fisik dan stress.

Namun tak usah khawatir, penyakit encok bisa diatasi dengan mudah menggunakan bahan-bahan yang alami seperti buah dan sayuran. Berikut ini beberapa buah dan sayuran yang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit encok diantaranya yaitu:

  1. Buah Apel.

    Apel dinyatakan efektif mengatasi encok. Kandungan malic acid dalam apel diyakini bisa menetralkan asam urat sehingga bisa meredakan rasa sakit. Pasien dianjurkan mengonsumsi satu buah apel setiap kali habis makan.

  2. Buah Pisang.

    Pisang juga dinyatakan membantu meredakan encok. Untuk mengatasi encok, pasien dianjurkan diet hanya dengan pisang selama tiga atau empat hari. Pasien bisa mengonsumsi delapan atau sembilan pisang selama diet ini dan tidak perlu mengonsumsi yang lain.

  3. Buah Ceri.

    Ceri, baik yang manis atau asam, dinyatakan efektif mengatasi encok. Untuk memulai, Anda dianjurkan mengonsumsi sekitar 15-20 ceri sehari. Selanjutnya, sekitar 10 ceri sehari untuk mengontrol gangguan. Ceri segar merupakan pilihan terbaik, tapi tidak ada salahnya mencoba ceri kalengan sekali-sekali.

  4. Buah Limau.

    Kandungan vitamin C di dalam limau bisa mencegah dan menyembuhkan rasa sakit pada persendian dengan cara menguatkan jaringan penghubung. Kandungan asam sitrat dalam limau dapat membantu melarutkan asam urat.

  5. Jus Sayuran.

    Banyak yang menyarankan bahwa untuk mengatasi sakit encok bisa dengan menggunakan jus sayuran. Jus sayuran disebut-sebut sangat efektif untuk mengatasi penyakit encok. Anda bisa membuat jus sayuran yang terdiri dari wortel, ketimun, dan juga bit yang dijadikan satu dan kemudian diblender. Dalam sehari, minimal Anda harus memenuhi asupan sebanyak 500 ml jus sayuran ini.

Cara Lainnya yaitu menghindari makanan-makanan yang mengandung purin yang tinggi seperti jeroan. Di samping itu, konsumsi makanan yang mengandung lemak juga sebaiknya dikurangi karena konsumsi lemak yang berlebih dapat menghambat pengeluaran asam urat dalam tubuh. Dan usahakan untuk cukup minum air.  Disamping diet makanan yang mengandung purin berlebih, Anda juga bisa membantu meredakan sakit dengan menggunakan kompres es di persendian yang sakit pada malam hari. Anda juga perlu menghirup udara segar, olahraga di luar ruangan serta mengontrol stres.

Itulah beberapa buah dan sayuran yang bisa Anda konsumsi untuk mengatasi penyakit encok yang Anda sedang alami. Dan jangan lupa hindari makanan-makanan yang bisa memicu penyakit encok yaitu makanan yang mengandung purin dan asam urat yang tinggi. Semoga bermanfaat.

 

HIU Samuratik

Insya Allah berkhasiat untuk mengobati :

  • Rematik,
  • Radang sendi (arthritis),
  • Nyeri pegal linu (rheumatism),
  • Pengapuran sendi(psteparthritis),
  • Pengeroposan tulang (osteoporosis),
  • Tulang dan sendi terasa neyergi, pegal linu, encok nyeri pinggang, nyeri otot dan kesemutan.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo. 

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta. 

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang. 

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta. 

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayanan Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo