Penyakit Miom

Apa itu Miom?

Miom dalam istilah medis adalah mioma uteri (uterine fibroid, leiomyoma) yang merupakan sebuah tumor yang terdapat pada rahim. Sering kali orang-orang mengatakan bahwa penyakit miom sama dengan kista, padahal miom dan kista merupakan dua jenis penyakit yang berbeda. Kista sendiri merupakan tumor yang berisi cairan dan berasal dari indung telur.

Miom merupakan tumor rahim yang sifatnya jinak. Pada sedikit kasus (1:1000) miom dapat berubah ganas dan disebut leiomyosarcoma.. miom sering muncul multipel pada satu rahim, sehingga rahim terlihat berbenjol-benjol. Miom ini ada hubungannya dengan hormon estrogen, jadi miom bisa membesar saat usia reproduksi dan mengecil pada masa menopause.

Bagaimana Proses Terbentuknya Miom?

Asal mula penyakit miom ini berasal dari otot polos rahim. Beberapa teori menyebutkan pertumbuhan tumor ini disebabkan rangsangan hormon estrogen. Pada jaringan mioma jumlah reseptor estrogen lebih tinggi dibanding jaringan otot kandungan sekitarnya sehingga mioma ini sering kali tumbuh lebih cepat pada kehamilan jika kadar estrogen pada ibu hamil tersebut meningkat (membesar pada usia reproduksi) dan biasanya berkurang ukurannya sesudah menopause sebab hormon estrogen berkurang (mengecil pada pascamenopause).

Penyebab Penyakit Miom

Stres, daya tahan tubuh rendah, gaya hidup yang tidak seimbang dapat menjadi faktor yang mengganggu hormon di dalam tubuh, sehingga memungkinkan mioma tumbuh. Jumlah kalori pada tubuh juga mempengaruhi ukuran besar-kecilnya mioma. Mioma akan tumbuh dengan cepat jika Anda tidak mengontrol timbunan kalori yang dikonsumsi.

Mioma juga dapat terjadi karena faktor bakat, yang kemudian dipicu oleh rangsangan-rangsangan hormon (karena emosi tidak stabil), makan sembarnagan dan berat badan yang berlebihan. Pertumbuhan miom paling sedikit memerlukan waktu sekitar 8 tahun.

Gejala-Gejala Mioma

Sebagian penyakit ini ditemukan secara kebetulan pada saat pemeriksaan panggul rutin. Gejala yang timbul bergantung pada lokasi dan besarnya tumor, namun yang paling sering ditemukan adalah:

  • Pendarahan yang banyak dan lama selama masa haid atau pun di luar masa haid.
  • Rasa nyeri karena tekanan tumor dan terputarnya tangkal tumor, serta adanya infeksi di dalam rahim.
  • Penekanan pada organ disekitar tumor seperti kandung kemih, ureter, rektum atau organ rongga panggul lainnya, menimbulkan gangguan buang air besar dan buang air kecil, pelebaran pembuluh darah vena dalam panggul, gangguan ginjal karena pembengkakan tangkai tumor.
  • Gangguan sulit hamil karena terjadi penekanan pada saluran indung telur.
  • Pada bagian bawah perut dekat rahim terasa kenyal.

Jenis-jenis Mioma

Mioma diklasifikasikan berdasarkan lokasi dan lapisan uterus yang terkena. Lokasi Cerivical (2,6%), umumnya tumbuh ke arah vagina menyebabkan infeksi. Isthmica (7,2%), lebih sering menyebabkan nyeri dan gangguan traktus urinarius. Corporal (91%), merupakan lokasi paling lazim dan sering tanpa gejala.

Lapisan uterus mioma pada daerah korpus, sesuai dengan lokasinya dibagi menjadi 3 jenis yaitu:

  1. Mioma Uteri Subserosa.

    Lokasi tumor di subserosa korpus uteri dapat hanya sebagai tonjolan saja, dapat pula sebagai satu massa yang dihubungkan dengan uterus melalui tangkai. Pertumbuhan ke arah lateral dapat berada di dalam ligamentum latum dan disebut sebagai mioma intraligamenter. Mioma yang cukup besar akan mengisi rongga peritoneal sebagai suatu massa. Perlengketan dengan usus, omentum atau mesenterium disekitarnya menyebabkan sistem peredaran darah diambil alih dari tangkai ke omentum. Akibatnya tangkai makin mengecil dan terputus, sehingga mioma akan terlepas dari uterus sebagai massa tumor yang bebas dalam rongga peritoneum. Mioma jenis ini dikenal sebagai parasitik.

  2. Mioma Uteri intramural.

    Disebut juga mioma intraepitelial. Biasanya multipel apabila masih kecil tidak merubah bentuk uterus, tetapi jika besar akan menyebabkan uterus berbenjol-benjol, uterus bertambah besar dan berubah bentuknya. Mioma ini sering tidak memberikan gejala klinis yang berarti kecuali rasa tidak enak karena adanya massa tumor di daerah perut sebelah bawah. Kadang kala tumor tumbuh sebagai mioma subserosa dan kadang-kadang submukosa. Di dalam otot rahim dapat besar, padat (jaringan ikat dominan), lunak (jaringan otot rahim dominan).

  3. Mioma Uteri Submukosa.

    Terletak di bawah endometrium. Dapat pula bertangkai maupun tidak. Mioma bertangkai dapat menonjol melalui kenalis servikalis, dan pada keadaan ini mudah terjadi torsi atau infeksi. Tumor ini memperluas permukaan ruangan rahim. Dari sudut klinik mioma uteri submukosa mempunyai arti yang lebih penting dibandingkan dengan jenis yang lain. Pada mioma uteri subserosa ataupun intramural walaupun ditemukan cukup besar tetapi sering kali memberikan keluhan yang tidak berarti. Sebaliknya pada jenis submukosa walaupun hanya kecil selalu memberikan keluhan perdarahan melalui vagina.

Demikian penjelasan tentang Penyakit Miom yang sering menyerang kaum wanita. Penjelasan diatas semoga bisa membantu Anda mengetahui gejala dan penyebab penyakit Miom untuk lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan tubuh.

 

HIU Keladi Tikus

HIU keladi tikus insya'allah bermanfaat untuk mengobati penyakit tumor seperti kista dan miom, menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor, melawan sel kanker, meningkatkan daya tahan tubuh, dll.

Salam Sehat

 

Kami melayani pembelian dalam bentuk grosir dan eceran. Untuk pemesanan silahkan hubungi : 081393930088

Kini pengiriman orderan bisa melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo