Nyeri Sendi Pada Lutut, Gejala, Penyebabnya dan Penanganannya

Hasil gambar untuk nyeri sendi lutut

Nyeri sendi adalah rasa sakit pada bagian tubuh yang menghubungkan tulang dengan tulang, menyebabkan pergerakan dan kualitas hidup Anda menjadi terganggu. Nyeri sendi bisa berlangsung singkat atau lama. Tingkat keparahan rasa sakitnya juga bervariasi, mulai dari ringan, menengah, hingga parah.

Nyeri lutut merupakan penyakit nyeri sendi yang sering dikeluhkan oleh orang tua, dewasa, maupun anak-anak. Nyeri sendi lutut dapat terjadi segera setelah mengalami trauma atau cedera, atau mungkin muncul sebagai akibat dari penyakit sendi yang kronis. Pada orang yang berusia lanjut penyebab tersering nyeri lutut merupakan masalah medis yang kronis seperti pengapuran sendi lutut yang secara medis disebut osteoarthritis (OA) yang umumnya akibat proses penuaan, atau dikarenakan pengendapan kristal asam urat yang dikenal dengan penyakit Gout, namun ada juga kemungkinan penyebab lainnya.

Sebagian besar sakit lutut yang terjadi dapat ditangani sendiri di rumah, tetapi ada beberapa kondisi yang membutuhkan penanganan medis, seperti operasi atau yang bisa menyebabkan nyeri berkepanjangan, kerusakan pada sendi, dan bahkan cacat jika tidak ditangani secara khusus.

Gejala-Gejala Nyeri Lutut

Tidak semua pengidap akan merasakan gejala yang sama saat menderita nyeri lutut. Perbedaan ini terjadi karena adanya beragam hal yang dapat memicunya. Ada beberapa gejala yang dapat menyertai nyeri lutut . Di antaranya adalah:

  • Pembengkakan
  • Lutut yang terasa kaku atau tidak bisa diluruskan
  • Bunyi gemeretak pada lutut
  • Kulit lutut berubah kemerahan dan hangat jika disentuh
  • Lutut yang tidak stabil atau lemas
  • Lutut tidak bisa menahan beban tubuh
  • Demam

Penyebab Nyeri Lutut

Beberapa penyebab nyeri lutut yang harus Anda ketahui, diantaranya:

  1. Disebabkan Cedera atau Trauma.

    Cedera pada lutut dapat mempengaruhi salah satu atau beberapa bagian lutut seperti ligamen, tendon atau kantung berisi cairan (bursae) yang mengelilingi sendi lutut, serta tulang, tulang rawan dan ligamen yang membentuk sendi lutut itu sendiri. Cedera yang berupa terkilir dan memar paling sering terjadi selama olahraga tetapi mungkin juga terjadi selama gerakan tiba-tiba atau mendadak, terjatuh, atau kecelakaan lalu lintas.

  2. Akibat Rusaknya Menisci.

    Menisci adalah lapisan tipis tulang rawan yang terletak antara tibia dan femur. Bentuknya menyerupai bulan sabit atau cakram, jaringan ikat ini menyerap sebagian besar tekanan pada anggota gerak bawah, namun suatu ketika dapat robek jika terjadi tekanan yang terlalu kuat pada lutut, akibatnya tentu terasa sangat sakit pada lutut.

  3. Disebabkan Bursitis.

    Bursae yang meradang dapat menyebabkan nyeri lutut pada beberapa orang. Bursae merupakan kantong-kantong kecil yang berisi cairan untuk melumasi tendon pada sendi pinggul, bahu, dan lutut agar dapat bergerak bebas di sepanjang sendi.

  4. Disebabkan Osteoarthritis (OA).

    Osteoarthritis (OA) atau pengapuran sendi merupakan masalah radang sendi yang seringkali berulang pada sendi tertentu termasuk lutut. Wanita di atas usia 55 tahun memiliki risiko tertinggi untuk terjadinya pengapuran sendi. Kondisi ini menyebabkan rasa sakit akibat hilangnya tulang rawan, sehingga menyebabkan tulang bergesekan dan menghasilkan rasa sakit yang luar biasa terutama ketika lutut  digerakkan.

  5. Disebabkan Tendinitis.

    Tendinitis merupakan peradangan pada tendon lutut yang ditandai dengan kemerahan sekitar lutut dan terasa nyeri bila disentuh. Kegiatan yang memerlukan gerakan berulang pada sendi lutut dapat meningkatkan risiko tendinitis ini. Selain itu kurangnya pemanasan sebelum latihan dan kondisi medis seperti arthritis juga dapat menyebabkan nyeri lutut tendinitis ini.

  6. Disebabkan Gout dan Pseudogout.

    Gout merupakan radang sendi yang terjadi ketika kristal asam urat menumpuk pada sendi. Gout ini paling sering mempengaruhi jempol kaki, juga dapat terjadi pada lutut. Sedangkan pseudogout disebabkan oleh kristal kalsium pirofosfat yang terbentuk pada cairan sendi. Lutut merupakan sendi yang paling sering dipengaruhi oleh pseudogout ini.

  7. Disebabkan Rheumatoid Arthritis.

    Terkenal dengan istillah rematik, rheumatoid arthritis merupakan kondisi autoimun, dimana daya tahan tubuh menyerang sendinya sendiri yang dapat mempengaruhi hampir setiap sendi dalam tubuh, termasuk lutut. Meskipun rheumatoid arthritis termasuk penyakit kronis, namun tingkat keparahannya cenderung bervariasi dan bahkan mungkin datang dan pergi.

  8. Berat Badan Berlebih.

    Orang yang kelebihan berat badan lebih mungkin mengalami nyeri lutut saat mereka berjalan atau berdiri. Karena berat badan yang melebihi batas normal akan memberikan tekanan lebih pada lutut sebagai penopang badan. Tekanan berlebih yang terus menerus biasa membuat aus ujung tulang tibia (tungkai bawah) dan femur (paha) karena terjadinya gesekan.

  9. Septic Arthritis.

    Terkadang dapat terjadi infeksi pada sendi lutut, yang ditandai dengan pembengkakan, nyeri dan kemerahan. Biasanya ada  trauma sebelum timbulnya nyeri. Septic arthritis sering kali disertai demam atau badan panas dingin.

  10. Chondromalacia Patella.

    Chondromalacia adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan kerusakan atau pelunakan tulang rawan. Chondromalacia patella berarti yang terkena adalah tulang rawan pada lutut.

Penanganan Terhadap Serangan Nyeri Lutut

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk penanganan terhadap nyeri sendi yaitu dengan latihan otot, meliputi:

  • Latihan Otot Quarisep untuk Mengatasi Nyeri Sendi Lutut. Ada beberapa latihan yang dapat dilakukan untuk mengatasi nyeri sendi pada lutut. Pada umumnya adalah dilakukan dalam posisi duduk di atas kursi.
  • Starihgt-leg raise. Dalam posisi duduk tegak. Angkat dan tegangkan kaki, tahan hingga hitungan 10, kemudian turunkan perlahan. Ulangi gerakan hingga setidaknya 10 kali untuk setiap kaki.
  • Straight-leg raise. Dalam posisi berbaring, satu lutut ditekuk, sedangkan lutut yang lain lurus. Angkat kaki yang lurus, pertahankan sekitar 5 detik, kemudian turunkan. Lakukan latihan yang sama untuk kaki sisi lain, setidaknya dalam satu minggu 2 kali.
  • Latihan kekuatan Otot. Setidaknya satu minggu, saat berbaring dapat melakukan latihan otot. Pertama letakkan handuk digulung dibawah tumit kaki yang tidak dilatih. Pada kaki yang diluruskan, gunakan otot kaki untuk menekan lutut ke bawah, ke arah lantai. Tahan dalam 5 hitungan, selanjutnya lemaskan kembali, terus ulangi latihan tersebut.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi nyeri sendi pada lutut

  • Pastikan Anda tidak menekuk lutut dalam waktu lama.
  • Gunakan sepatu terutama sepatu olahraga yang sesuai untuk kaki dan terasa nyaman sehingga dapat berperan sebagai peredam getaran terhadap lutut.
  • Jangan diam terlalu lama, tetap gerakan lutut, namun jika nyeri segera istirahat.
  • Gunakan tongkat untuk menopang berat bdan tubuh jika memang diperlukan.
  • Gunakan pegangan tangan saat naik tangga.

Demikian penjelasan artikel Nyeri Sendi Pada Lutut, Gejala, Penyebabnya dan Penanganannya. Semoga artikel di atas dapat membantu Anda dalam mengatasi nyeri sendi pada lutut. Dan pastinya dapat menambah pengetahuan tentang kesehatan Anda.

 

Prosamura Herbal Indo Utama

Untuk mengobati penyakit asam urat kini telah hadir HIU Prosamura yang berkhasiat meredakan nyeri persendian. Dengan kandungan herbal yang berkhasiat HIU Prosamura sangat bagus untuk dikonsumsi karena tidak menimbulkan efek samping apapun. 

Salam Sehat

 

Kami melayani pembelian dalam bentuk grosir dan eceran. Untuk pemesanan silahkan hubungi : 081393930088

Kini pengiriman orderan bisa melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo