Apakah Sindrom Tourette Itu?

Sindrom Tourette adalah penyakit neuropsikiatrik yang membuat seseorang mengeluarkan ucapan atau gerakan yang spontan (tic) tanpa bisa mengontrolnya. Penyakit ini diwariskan secara turun-temurun dan sering sekali dikaitkan dengan pengeluaran ucapan kata-kata kotor, kasar, atau menghina yang tak dapat di tahan (koprolalia). Sindrom Tourette bukan lagi merupakan kondisi yang langka, tetapi tidak selalu diidentifikasi secara tepat karena sebagian besar sindrom Tourette merupakan sindrom yang ringan dan tic yang dikeluarkan berkurang ketika anak beranjak dewasa.

Sindrom Tourette biasanya bermula pada usia 2-15 tahun dan lebih umum di derita oleh anak laki-laki daripada anak perempuan. Seorang anak dapat mengalami tic pada usia tertentu dan umumnya tidak terlalu terlihat. Pada penderita sindrom Tourette, terjadi berbagai jenis tic selama beberapa kali dalam satu hari dan berlangsung selama lebih dari satu tahun.

Penyebab Sindrom Tourette

Penyebab sindrom ini belum diketahui secara pasti, diperkirakan terjadi karena kombinasi factor generic dan lingkungan. Beberapa teori yang menerangkan sindrom Tourette antara lain:

  • Neurological.

    Beberapa studi menunjukkan bahwa anak dengan sindrom Tourette memiliki cacat pada struktur, fungsi, atau zat kimia pada otak. Meski begitu, keterangan yang lebih mendetail tentang penemuan ini juga belum banyak ditemukan sehingga masih belum bisa dipastikan.

  • Genetic.

    Gen abnormal yang diwarisi orang tua kepada anak diduga sebagai factor penyebab kebanyakan sindrom Tourette.

  • Lingkungan.

    Gangguan yang dialami ibu selama kehamilan dan kelahiran diduga menjadi factor risiko sindrom Tourette pada anak. Gangguan ini dapat berupa tingkat stress yang dialami ibu selama proses kehamilan atau proses kelahiran yang berlangsung lebih lama. Kondisi fisik pada bayi saat lahir juga diduga turut berdampak kepada kemunculan sindrom ini. Selain itu infeksi kuman streptococcal pada anak diperkirakan memiliki kaitan dengan berkembangnya sindrom ini, walaupun informasi ini juga masih belum bisa dipastikan.

Penyakit lain yang ditemui pada anak dengan kasus sindrom Tourette, antara lain:

  • OCD (Obsessive-compulsive disorder) atau OCB (obsessive-compulsive behaviour) yang dialami juga oleh 5 dari 10 anak penderita sindrom Tourette.
  • Gangguan tingkah laku (conduct disorder), seperti suka melawan dan perilaku kasar, yang dialami oleh 1-2 anak dari 10 anak penderita sindrom Tourette.
  • Gangguan perubahan suasana hati, seperti kecemasan berlebihan dan depresi yang dialami oleh 2 dari 10 anak penderita sindrom Tourette.
  • Gangguan perilaku dialami hingga 8 dari 10 anak penderita sindrom Tourette.
  • Kesulitan belajar juga dialami oleh 3 dari 10 anak dengan sindrom Tourette.

Gejala Sindrom Tourette

Tic adalah gejala utama dari sindrom Tourette yang dilakukan tanpa sengaja. Perilaku Ticjuga tidak memiliki maksud atau tujuan apa pun karena penderita sendiri tidak dapat mengendalikan kemunculannya.

Beberapa klasifikasi tic yang umumnya dilakukan oleh anak-anak, antara lain:

  • Motor Tics, yaitu melakukan gerakan secara berulang dan dapat melibatkan kelompok otot dalam jumlah yang terbatas (simple tics) maupun beberapa otot sekaligus (complex tics). Beberapa gerakan yang termasuk ke dalam simple motor ticsadalah mengerdipkan mata, membuka mulut, mencibir, mengedutkan mulut, menganggukkan kepala, atau menggelengkan kepala. Beberapa gerakan yang termasuk ke dalam complex motor tics adalah menyentuh, mengulang pergerakan suatu benda, menekuk atau memutar badan, dan meloncat-loncat.
  • Vocal Tics, yaitu membuat suara-suara yang turut melibatkan otot dalam jumlah terbatas (simple tics) maupun beberapa kelompok otot sekaligus (complex tics). Beberapa contoh dari simple vocal ticsadalah batuk, membuat suara menyerupai binatang, misalnya menggonggong. Perilaku anak dengan simple vocal tics juga sering menggerutu tanpa alasan. Beberapa contoh dari complex vocal tics adalah mengulang perkataan sendiri (palilalia) dan mengulang perkataan orang lain (echophenomena).

Gejala lain yang juga mengikuti sindrom Tourette dan terkadang bisa cukup mengganggu, antara lain:

  • Koprolalia, yaitu menggunakan kata-kata atau umpatan yang vulgar, kotor, dan tidak sopan secara sengaja. Penting diingat hal ini tidak merefleksikan kepada karakter moral penderita atau cara asuh anak.
  • Perilaku noncabul namun tidak pantas dilakukan di tengah kehidupan sosial, seperti mengeluarkan komentar yang kasar dan tidak pantas.

Tic dapat bertambah parah jika penderita mengalami stres, cemas, kelelahan, atau sebaliknya terlalu bersemangat.

Diagnosis Sindrom Tourette

Diagnosis sindrom Tourette dilakukan berdasarkan melihat gejala yang dialami dan pemeriksaan fisik yang terkait. Beberapa kriteria yang digunakan untuk mendapatkan diagnosis sindrom ini, adalah:

  • Tics dimulai sebelum usia 18 tahun.
  • Tics tidak disebabkan oleh obat-obatan, zat, atau kondisi medis lainnya.
  • Tics dialami beberapa kali dalam sehari, hampir tiap hari atau berselang-seling, dan terjadi selama lebih dari satu tahun.
  • Mengalami baik motor maupun vocal tics walaupun tidak selalu di saat yang bersamaan.

Beberapa tes lain mungkin dilakukan oleh seorang neurologis untuk memastikan diagnosis sindrom Tourette, misalnya melakukan dengan tes darah dan MRI scan untuk mengenyampingkan penyebab tic oleh penyakit lain.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo. 

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta. 

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang. 

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta. 

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayanan Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo