Penyakit Yang Dapat Dihindari Dengan Berolahraga Bagi Lansia

Ternyata olahraga tidak hanya sehat,berikut adalah beberapa manfaat dari olahraga yang dapat menjadi suatu pencegahan penyakit bagi lansia:

  1. Hipertensi

Dengan berolahraga secara teratur dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan karena aktivitas fisik akan mengurangi lemak tubuh, dimana lemak tubuh ini berhubungan dengan tekanan darah tinggi.

Olahraga yang cocok bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah jogging, jalan kaki, atau bersepeda pelan. Selain itu dapat juga ditambah aerobik. Aerobik berfungsi untuk menurunkan tekanan darah dan menguatkan jantung. Lakukan olahraga tersebut selama 30 menit sebanyak 4-5 kali seminggu. Melakukan ini secara rutin membri dampak positif bagi tubuh anda.

  1. Diabetes

Olahraga yang disarankan adalah joging, jalan kaki, dan bersepeda pelan. Berenang dan bersepeda cepat tidak disarankan untuk penderita diabetes. Karena tekanan kaki yang terlalu kuat pada diabetes yang sudah parah dan luka di kaki justru akan bertambah parah. Lakukan olahraga secara teratur dan tidak terburu-buru. Olahraga secara teratur dapat mengubah cara tubuh bereaksi sehingga lebih sensitif terhadap insulin.

  1. Penyakit jantung dan stroke

Aktivitas fisik akan menguatkan otot jantung, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kolestrol baik (HDL) dan menurunkan kolestrol buruk (LDL), memperbaiki aliran darah, serta meningkatkan kapasitas jantung.

Anda dapat mulai berjalan kaki 2000-4000 langkah setiap hari. Hanya meluangkan waktu selama 20 menit anda dapat menjaga kesehatan tubuh anda. Risiko penyakit jantung dan stroke dapat diturunkan sebanyak 16-20 persen dengan berjalan kaki.

  1. Kegemukan

Berolahraga akan mengurangi lemak tubuh dan mengubahnya menjadi otot. Kemampuan tubuh dalam menggunakan kalori juga akan lebih baik.

  1. Osteoporosis

Dengan berolahraga tulang akan menjadi lebih kuat dan kerapuhan akibat usia dapat diperlambat. Keluhan nyeri punggung akan berkurang dengan meningkatkan kekuatan otot dan daya tahan disertai dengan meningkatkan kelenturan dan sikap tubuh akan mencegah terjadinya nyeri punggung.

 

Karyawan baru Istana