Tumbuhan Pepaya Bermanfaat Besar Untuk Kesehatan

Image result for manfaat pepaya

Pepaya merupakan sumber nutrisi yang sangat murah dan mudah untuk didapakan, buah yang satu ini bisa kita temukan dipekarangan rumah, pasalnya pohonnya sangat mudah tumbuh dan berkembanga tanpa dirawat sekalipun. Dari 1 buah pepaya bisa menghasilan puluhan bahkan ratusan benih baru.

Itulah ajaibnya negeri kita ini, tongkat da batu jadi tanaman kalau kata pujangga. Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai tumbuhan buah pepaya ini, ada baiknya kalau kita kupas terlebih dahulu identitas buah ini. Buah pepaya termasuk famili Caricaceae dengan namka latin  Carica papaya.

Pepaya yang menyandang nama ilmiah Carica papaya, jenis tumbuhan jenis genus yang tumbuh dengan subur pada daerah beriklim tropis. Diperkirakan berasal dari Meksiko bagian selatan dan Amerika Serikat bagian utara, penyebaran sudah mencakup seluruh dunia.

Buahnya yang berwarna orange ke kuningan atau merah, memiliki rasa manis dan megnandung banyak air. Buah ini sudah memberikan begitu banyak manfaat bagi manusia, salah satu manfaat buah pepaya untuk kesehatan dan kecantikan  adalah melancarkan BAB, ini adalah salah satu manfaat klasik pepaya dan tidak ada yang bisa membantahnya lagi.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Daun pepaya mengandung enzim papain, alkaloid karpaina, pseudo karpain, glikosid, karposid, dan saponin. Buahnya mengandung β-karoten, pektin, d-galaktosa, l-arabinosa, papain, papayotimin, dan vitokinose. Bijinya mengandung glukosida kasirin dan karpain. Sementara itu, getah pepaya mengandung papain, kemokapain, lisosim, lipase, glutamin, dan siklotransferas. Efek farmakologis dari daun tanaman papaya, antara lain membantu menghilangkan nyeri haid pada wanita, mengobati jerawat, melancarkan pencernaan, menambah nafsu makan, serta mengobati demam berdarah. Sementara itu, buah pepaya yang masih mengkal berkahsiat sebagai pencahar ringan (laksatif), peluruh urin (diuretik), melancarkan ASI (galaktagog), dan abortivum. Selain itu, buah pepaya yang matang berkhasiat untuk memacu enzim pencernaan, peluruh empedu (kolagoga) menguatkan lambung, dan anti-scorbut.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Bagian dari tanaman pepaya yang dapat digunakan sebagai obat adalah biji, akar, daun, dan buahnya. Berikut beberapa pemanfaatan tanaman pepaya untuk mengobati penyakit.

  • Mengobati Kulit Melepuh karena Panas.

    Toreh atau potong-potonglah kulit buah pepaya. Tampung getahnya, lalu oleskan ke kulit yang melepuh. Diamkan selama sehari semalam. Jika bagian yang melepuh cukup luas, parut daging buah pepaya, lalu tempelkan.

  • Mengobati Malaria dan Demam.

    Petiklah daun pepaya muda. Tumbuk daun hingga menjadi setengah gelas, lalu tambahkan 3/4 gelas air dan sedikit garam. Peras campuran itu, lalu saring. Minum cairan ramuan 3 kali sehari dengan dosis yang sama. Lakukan pengorbanan 5 hari berturut-turut.

  • Mengobati Bekas Digigit Ular Berbisa.

    Ambillah 5 jari akar pepaya. Bersihkan akar, lalu tumbuk hingga halus. Tempelkan akar yang telah halus pada bagian yang terkena gigitan, lalu balut. Gantilah ramuan 2 kali sehari.

  • Mengatasi Cacing Gelang.

    Sediakan 2 sendok makan biji pepaya. Giling biji hingga halus, lalu seduh dengan setengah cangkir air panas. Tambahkan ramuan dengan 1 sendok makan madu. Minumlah cairan ini panas-panas.

  • Mengatasi Jerawat.

    Jemur 2-3 daun pepaya yang sudah tua sampai layu, lalu tumbuk halus. Tambahkan 30ml air kemudian aduk merata. Gunakan ramuan sebagai masker.

Demikian penjelasan artikel mengenai manfaat pepaya untuk kesehatan dan pengobatan tradisional. Perlu Anda ingat bahwa materi yang tertulis disini hanya informasi tambahan, tidak dimaksudkan menjadi acuan utama, penanganan medis ataupun pengganti saran ahli dan medis.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo