Jangan Pijat Bayi Sebelum Anda Tahu Waktu Terbaik Untuk Melakukannya

Hasil gambar untuk pijat bayi

Bunda, sudahkah anda memasukkan pijat bayi ke dalam daftar perawatan bagi bayi anda? Sebuah pijatan yang hangat dari tangan anda dapat memberikan banyak sekali manfaat bagi bayi. Pijat bayi dapat dilakukan setelah bayi baru lahir hingga usia maksimal 8 tahun. Selagi memijat, anda dapat mengajak si kecil berbicara atau bernyanyi agar si kecil dapat menikmati momen ketika berdua dengan anda.

Pijat bayi memberikan banyak manfaat bagi si kecil. Tidak hanya mempererat hubungan batin antara anda dengan sang buah hati tetapi, juga manfaat lainnya seperti:

  1. Membuat tidur lebih nyenyak
  2. Membuatnya lebih tenang dan tidak mudah rewel
  3. Menambah nafsu makan
  4. Melancarkan pencernaan
  5. Meningkatkan sirkulasi darah
  6. Mengasah indera peraba
  7. Merubah bentuk tubuh yang menyimpang
  8. Mendukung perkembangan mental, fisik,dan sosial

Sebelum memijat bayi, pastikan anda menyediakan ruangan bersuhu hangat, suasana tenang, dan membuatnya nyaman. Memijat bayi  harus dilakukan dengan penuh kelembutan dan memperhatikan beberapa hal agar tidak menyakiti tubuh mungilnya. Ada baiknya anda bertanya kepada ahlinya atau mengikuti kelas spa bayi untuk mengetahui cara yang benar dalam memijat bayi agar tidak membahayakan buah hati anda. Anda juga harus memperhatikan waktu pemijatan bayi. Ada beberapa hal yang perlu bunda perhatikan mengenai waktu pemijatan bayi:

  1. Sebaiknya pijat bayi setelah tali pusarnya lepas. Sisa minyak yang digunakan untuk memijat area perut dapat menyebabkan infeksi jika tali pusarnya belum lepas. Biasanya tali pusar akan lepas setelah bayi berusia 5-14 hari.
  2. Pijat si kecil sebelum mandi. Sisa minyak yang digunakan untuk memijat tubuh bayi anda akan langsung dibersihkan ketika mandi. Pori – pori kulit si kecil juga akan lebih terbuka sehingga kotoran akan lebih mudah dibersihkan bila langsung dimandikan
  3. Jangan memijat si kecil ketika sedang sakit. Sebaiknya cek terlebih dahulu suhu tubuh si kecil sebelum dipijat. Suhu tubuh normal bayi antara 36,5 sampai 37,5 derajat Celcius.
  4. Pijat bayi baru lahir selama 3-5 menit. Setelah usianya 1 atau 2 bulan, pijatan dapat ditingkatkanmenjadi 5 -15 menit. Lakukan pemijatan untuk setiap bagian tubuh sebanyak 3 kali pijatan.
  5. Pijatan dapat dilakukan setiap hari dengan durasi disesuaikan denga usia bayi. Bila bayi sudah mulai banyak begerak dan sulit diam, bunda dapat melakukan pijatan haya sekali seminggu tiap akhir pecan saja dengan santai.

Demikianlah hal hal yang harus bunda perhatikan dalam memijat si kecil. Cara perawatan bayi yang sederhana ini memiliki manfaat sepanjang masa. Jika bunda ingin meningkatkan kecerdasan dan kesehatan si kecil, serta mempererat ikatan dengan si kecil, cobalah untuk mulai melakukan pijatan bayi mulai dari sekarang.

Karyawan baru Istana