Gejala dan Cara Mengatasi Perut Kembung

Dalam pandangan tradisional, perut kembung sering diartikan sebagai masalah masuk angin. Perut kembung adalah gangguan pencernaan dimana penderita merasa perutnya tidak nyaman karena terasa penuh, kencang, dan bergas.

Perut kembung disebabkan oleh gas atau udara yang terlalu banyak dalam lambung sehingga perut terasa penuh dan begah. Gas yang dihasilkan bisa disebabkan karena banyak hal seperti menelan udara terlalu banyak saat makan atau minum, makan dan  minum terlalu cepat dan terburuu-buru, berat badan meningkat, sembelit, pertumbuhan bakteri jahat di susu, merokok, naik turunya hormon, atau karena kondisi medis tertentu. Kita akan merasa ingin muntah tetapi tidak dapat dimuntahkan, nafsu makan menurun, dan sering bersendawa.

Gejala yang ditimbulkan oleh perut kembung antara lain:

  • Sensasi penuh, sesak, atau pembengkakan pada bagian perut
  • Rasa nyeri dan penuh pada gas perut
  • Rasa sakit yang muncul menyebabkan kram perut
  • Lebih sering bersendawa
  • Lebih banyak mengeluarkan angin dari biasanya (kentut)
  • Perut terasa bergejolak

 Meskipun demikian, banyak orang yang memilih untuk mengabaikannya. Jika dibiarkan akan menjadi parah dan menyebabkan nyeri lambung, maag, tipes, empedu, atau pankreas. Ada baiknya anda mengetahui cara mengatasi perut kembung.

Penanganan Perut Kembung

Perut kembung menyebabkan rasa tidak nyaman pada tubuh dan butuh penanganan. Untuk mengatasinya anda tidak perlu pergi ke rumah sakit karena bisa dilakukan dengan penanganan mandiri. Anda dapat menggunakan minyak angin untuk mengurangi gejala seperti sakit perut, perut terasa penuh, dan perut kembung agar tidak semakin parah. Makanlah makanan yang mudah dicerna seperti kentang, beras, jeruk, anggur dan hindari makanan dengan gas tinggi. Jangan makan dan minum secara tergesa-gesa untuk mencegah udara ikut masuk saat kita makan ataupun minum.Hindari minum dengan sedotan untuk menghindari semakin banyak udara yang masuk ke dalam tubuh. Hindari minum minuman mengandung alcohol dan soda untuk mengatasi perut kembung. Hentikan juga kebiasaan merokok anda. Bagi ibu hamil, anda dapat mengonsumsi the hangat untuk mengatasi perut kembung anda.

Bila perut kembung tak kunjung sembuh selama berhari-hari atau berminggu-minggu, segera hubungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut apakah anda menderita penyakit lain atau tidak.

 

Karyawan baru Istana