Manfaat Buah Pinang Untuk Tubuh

Image result for buah pinang

Pinang (Areca catechu) biasanya dikunyah bersama dengan daun sirih setelah makan, terutama oleh orang-orang tua zaman dahulu. Caranya adalah dengan membungkus bebeapa iris pinang dalam daun sirih bersama dengan kapur (kalsium hidroksida) dan kadang-kadang ditambah cengkih, kapulaga, dan rempah-rempah lain sebagai penyedap tambahan.

Pinang yang dikunyah dengan daun sirih memberikan efek stimulan ringan yang memicu sensasi hangat dalam tubuh. Meskipun efeknya bervariasi pada setiap orang, pengaruh mengunyah daun sirih dan pinang bersama-sama relatif ringan, mirip dengan efek meminum secangkir kopi setelah makan.

Asal-usul Pinang

Pinang adalah salah satu spesies pohon palem yang terdapat di kawasan Pasifik bagian tropis, Asia, dan Afrika. Tanaman yang tidak diketahui darimana asalnya ini hanya dapat tumbuh dengan baik di daerah tropis atau subtropis yang hangat. Sekarang ini tanaman Pinang dibudidayakan di Tiongkok, Afrika Timur, Indonesia, Madagaskar, Malaysia, hingga kawasan Melenesia.

Kandungan Nutrisi dan Senyawa Alami

Pinang mengandung tanin arecatannin dan asam galat, terpineol, dan lignin. Beberapa jenis senyawa alkaloid, tanin, dan zat polifenol serta vitamin A, tiamin, riboflavin, niasin, dan asam askorbat juga terkandung di dalam buah kecil berwarna kuning cerah ini.

Manfaat Kesehatan Dari Pinang

  • Mencegah Kerusakan Gigi.

    Orang-orang yang gemar menyirih, rata-rata memiliki gigi yang kuat dan utuh hingga lanjut usia. Warna merah dari pinang yang dikunyah saat menyirih memiliki sidat anti bakteri yang baik bagi kesehatan.

  • Mengatasi Mulut Kering.

    Orang yang mengunyah pinang bersama sirih cenderung memproduksi banyak air liur. Produksi liur yang cukup dapat mengatasi masalah mulut kering yang bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan seperti diabetes dan sindrom Sjogren.

  • Membasmi Cacingan.

    Buah pinang yang dikunyah secara alami dapat mematikan cacing yang berdiam di dalam usus manusia. Potongan buah pinang kadang-kadang juga dicampurkan pada makanan ayam ternak untuk membasmi penyakit cacingan pada ayam. Jika penderita penyakit cacingan kesulitan obat-obatan, bisa mencoba memanfaatkan buah pinang, akan terapi sebaiknya tanpa daun sirih.

  • Anemia.

    Beberapa penelitian menemukan bukti bahwa mengunyah pinang dan daun sirih dapat mengurangi gejala anemia pada ibu hamil. Namun alasan penemuan ini masih belum jelas, demikian pula efek samping negatif mengunyah pinang bagi wanita selama hamil.

  • Skizrofenia.

    Berdasarkan penelitian badan penelitian kesehatan Amerika, The National Institute of Health, pasien skizofrenia (sejenis gangguan jiwa) yang menyirih menunjukkan perbaikan gejala. Obat skizofrenia standar yang sudah ada diketahui menghasilkan efek samping yang buruk, sehingga cara pengobatan baru terus diteliti. Akan tetapi penelitian tersebut juga mencatat bahwa pinang juga menghasilkan efek samping tremor dan kejang pada beberapa pasien skizofrenia.

Hati-hati!!

Beberapa senyawa dari buah pinang diketahui memiliki sifat farmakologis, yang mungkin dapat memperburuk kondisi tekanan darah tinggi atau darah rendah, memicu detak jantung yang tidak teratur, dan asma. Bahkan penggunaan secara terus menerus juga dapat meningkatkan risiko kanker tertentu.

Salam Sehat

 

Kami melayani orderan grosir dan eceran. Untuk pemesanan silahkan hubungi : 081393930088

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo