Mengkonsumsi Pisang Baiknya Sebelum atau Sesudah Makan?

Image result for pisang

Makan buah setiap hari merupakan kebiasaan yang bermanfaat bagi kesehatan. Namun untuk mendapatkan khasiat yang lebih maksimal, pemilihan buah harus diperhatikan. Buah memiliki nutrisi terbaiknya saat matang pohon. Artinya, buah tersebut matang secara alami di pohon, langsung dipetik lalu dinikmati.

Banyak yang beranggapan bahwa buah itu sebagai “pencuci mulut” setelah makan. Biasanya buah-buahan yang sering dihidangkan setelah makan adalah pisang atau jeruk. Pada setiap jamuan makan selalu ada hidangan buah seperti semangka, pepaya, dan  melon. Kalau anda perhatikan kebanyakan orang mengambil buah itu sebagai penutup makan. Ini memang kebiasaan yang turun temurun.

Namun, jika kita melihat  pola makan Rasulullah Saw., beliau selalu memakan buah sebelum makan makanan yang  mengandung lemak, protein, dan pati murni (daging, gandum, dll). Dalam al-Quran Allah berfirman; "dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih dan daging burung dari apa yang mereka inginkan"(al-Waqi'ah, 20-21). pada Ayat tersebut buah-buahan lebih dahulu disebut daripada daging.

Pisang adalah buah yang kaya akan kalsium, magnesium, zat beso dan zinc tapi juga tinggi kandungan gulanya. Saat memilih pisang, perhatikan kulitnya. Waktu terbaik untuk mengonsumsi pisang adalah ketika belum muncul bintik-bintik hitam atau kecokelatan.

Pisang yang baru matang dengan kondisi kulit masih bersih mengandung karbohidrat sehat yang memperlambat proses pencernaan. Ketika lambat dicerna, maka perut akan terasa kenyang lebih lama sehingga mencegah Anda mengasup kalori berlebihan.

Sehingga mengkonsumsi pisang baiknya lebih dahulu dibandingkan makan. Karena setelah kita makan, tubuh kita memerlukan waktu yang cukup lama untuk mencerna makanan berat yang kita makan, sehingga buah-buahan yang dikosumsi setelah makan berat “sudah terlambat” dicerna sehingga nutrisinya tidak diserap dengan baik.

Menurut Dr. Abdullah Abd. Hamid Diyab dan Dr. Ahmad QurquzMa'a ath-Thibb fi Quran al-Karim, mengkonsumsi buah-buahan sebelum memakan makanan utama sangat bermanfaat  karena buah-buahan mengandung gula rendah kalori yang mudah dicerna dan diserap sehingga usus kita mampu menyerap gula ini dalam waktu yang singkat dibandingkan dengan mereka yang memakan makanan tanpa diawali dengan buah-buahan terlebih dahulu, usus memerlukan kira-kira 3 jam untuk menyerap gula.

Demikianlah penjelasan singkat tentang waktu mengkonsumsi pisang baiknya sebelum atau setelah makan. Sebenarnya tidak hanya pisang saja tetapi juga buah-buahan lainnya juga sebaiknya dikonsumsi sebelum makan sehingga dapat memperoleh khasiat baiknya.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo