Manfaat Daun Pohon Mangkokan Untuk Kesehatan

Image result for manfaat tumbuhan mangkokan

Sesuai namanya, daun mangkokan merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki daun yang berbentuk seperti mangkok, yaitu cekung dan juga dapat menampung air. Daun mangkokan merupakan salah satu jenis tanaman yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia dan juga biasa ditanam pada pekarangan atau halaman rumah. Biasanya, tanaman mangkokan sendiri tumbuh pada daerah-daerah tropis, dengan ketinggian yang bisa mencapai hingga 6 meter.

Dalam bahasa latin daun mangkokan disebut dengan Nothopanax scutellarium, daun ini berwarna hijau tua, pangkalnya berbentuk hati dan tepinya bergerigi. Tanaman ini tumbuh secara liar, biasanya kita bisa menjumpainya ditepi sawah atau kadang juga dipakai sebagai tanaman pagar seperti tumbuhan beluntas. Tidak hanya itu, ternyata daun mangkokan punya Manfaat Daun Pohon Mangkokan Untuk Kesehatan.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam pohon mangkok, di antaranya alkaloid, saponin, flavonoid, polifenol, lemak, kalsium, fosfor, besi, serta vitamin (A, B, dan C). Efek farmakologis pohon mangkok di antaranya anti-inflamasi, antiradang, peluruh air seni, dan antirambut rontok.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Daun segar pohon mangkok dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit berikut.

  • Mengatasi Bau Keringat.

    Rebus 13gr daun mangkokan dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin, minum air rebusannya 2 kali pada pagi dan sore hari masing-masing 1 gelas. Cara lainnya, makan daun mangkokan muda secukupnya sebagai lalap.

  • Mengobati Luka.

    Cuci bersih daun mangkokan segar secukupnya, lalu giling sampai halus. Balurkan campuran ini pada bagian yang luka, lalu balut. Lakukan pengobatan 3 kali sehari.

  • Mengatasi Rambut Rontok.

    Cuci bersih 25gr daun mangkokan segar, potong kecil-kecil, lalu tambahkan 100ml minyak kelapa. Remes-remes daun mangkokan dan peras airnya. Oleskan air perasan pada kulit kepala seperti menggunakan minyak rambut sambil dipijat-pijat.

  • Mengatasi Susah Kencing.

    Rebus 25gr daun mangkokan sekitar dengan 1 liter air sampai tersisa setengah liter. Setelah dingin, minum air rebusannya 2 kali sehari masing-masing 250ml. Cara lainnya, makan daun mangkokan muda secukupnya sebagai lalap.

Itulah beberapa Manfaat Daun Pohon Mangkokan Untuk Kesehatan, bagaimana apakah anda tertarik untuk mencobanya sebagai alternatif pengobatan penyakit yang mungkin anda alami. Karena bagaimanapun pengobatan secara herbal tentu lebih baik dari pengobatan lainnya, selain itu tidak menguras kantong karena tidak perlu biaya yang mahal. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo