Pohon Merah / Kastuba - Mempunyai Khasiat Untuk Kesehatan

Image result for manfaat Pohon Merah / Kastuba

Pohon kastuba memang cantik, tak ubahnya bunga indah yang penuh dengan aneka warna. Sesuai dengan namanya dalam bahasa ilmiah Euphorbia pulcherrima, artinya adalah eforbia yang cantik. Namun, tahukah anda bahwa di balik warnanya yang elok, ternyata tanaman kastuba sarat dengan manfaat kesehatan.

Tanaman herbal ini berasal dari Mexico selatan. Nama lain dari kastuba seperti denok, racunan, ki geulis, puring benggala, kedapa, dan lainnya. Umumnya, tanaman ini ditanam sebagai tanaman hias di perkarangan dan di taman-taman. Kastuba bisa ditemukan pada 1--1.400 m dpl, tetapi untuk mendapatkan warna daun yang cerah lebih cocok jika ditanam pada ketinggian 600 m dpl.

Pohon merah memilki banyak varietas yang berasal dari Eropa merupakan hasil pemuliaan. Hasilnya, tanaman menjadi lebih pendek, daun lebih lebar, dengan warna daun pelindung yang bermacam-macam, seperti merah menyala, pink, atau putih. Tanaman ini merupakan tanaman rumah yang favorit selama hari Natal Karena daun bunga nya yang berwarna menyala.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Pohon merah mempunyai rasa pahit, sepat, bersifat sejuk, dan sedikit beracun. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam daun pohon merah, di anataranya alkaloid, saponin, lemak dan amylodextrin. Sementara itu, batangnya mengandung saponin, sulfur, lemak, amylodextrin, asam formiat, dan kanji. Efek farmakologis pohon merah, di antaranya perangsang muntah, melancarkan pengeluaran ASI atau ASi sedikit, bengkak karena terpukul, infeksi kulit, erysipelas, luka luar, dan melancarkan haid.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Daun, bunga, dan seluruh tumbuhan pohon merah dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit berikut.

  • Mengobati Infeksi atau Radang Kulit dan Erysipelas.

    Cuci bersih daun pohon merah secukupnya, lalu tumbuk sampai halus. Balurkan hasil tumbukan pada bagian tubuh yang sakit sebanyak 3 kali sehari.

  • Mengobati Luka Luar.

    Cuci bersih daun pohon merah secukupnya, lalu tumbuk sampai halus. Balurkan hasil tumbukan pada bagian tubuh yang sakit 3 kali sehari.

  • Melancarkan Haid, ASI Sedikit, Patah Tulang, dan Bengkak karena Terpukul.

    Rebus 13gr daun pohon merah atau seluruh bagian tumbuhan dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, minum air rebusannya 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

Catatan : saat kondisi tubuh lemah, pemakaian lewat oral atau diminum tidak dianjurkan (dilarang).

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo