Manfaat Dibalik Pohon Sig-Sag

Image result for manfaat pohon sig sag

Manfaat pohon sig-sag belum begitu umum diketahui oleh kalangan masyarakat. Sebab kebanyakan hanyalah digunakan sebagai pagar hidup yang merangkap untuk tanaman hias karena mempunyai bentuk bunga dan daun unik. Padahal jika dipelajari lebih lanjut, pohon bunga ini mempunyai beberapa manfaat yang cukup baik bagi kesehatan tubuh kita.

Sig-sag yang juga dikenal dengan nama latin Euphorbia Tithymaloides L. adalah sejenis tanaman pagar yang mudah ditemukan pada negara beriklim tropis yang salah satunya ialah Indonesia. Tanaman pohon ini juga dikenal dengan pohon lilin karena batang licin dan mempunyai getah putih yang menyerupai lilin.

Kebanyakan dari beberapa jenisnya mempunyai kandungan racun berbahaya bagi tubuh, sehingga penggunaan sebagai obat terbatas pada bagian luar tubuh saja. Jadi, butuh kehati-hatian untuk menggunakan getah sig-sag ini sebagai obat. Tanaman ini masih dibilang dalam klasifikasi kerajaan plantae.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Pohon sig sag mempunyai rasa asam, sedikit kelat, bersifat dingin, dan agak beracun. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam pohon sig sag, di antaranya epifiiedelanol acetate, i-dotriacontanol, dan beta-sitosterol. Efek farmakologis pohon sig-sag, di antaranya antiradang, menghilangkan bengkak (anti-swelling), menghentikan pendarahan (hemostatic), menurunkan panas, dan membersihkan racun, bisul, borok, koreng, tulang patah (fraktur), luka berdarah, gigitan kelabang, gigitan lipan, serta mata merah dan bengkak.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Seluruh bagian tumbuhan pohon sig-sag segar dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit berikut.

  • Mengobati Bengkak karena Terpukul, Tulang Patah (fraktur), dan Gigitan Lipan atau Serangga.

    Cuci bersih 7gr tumbuhan pohon sig sag segar, rebus dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin, minum air rebusannya 2 kali sehari masing-masing 1 gelas. Cara lainnya, giling tumbuhan pohon sig sag sampai halus, lalu balurkan hasil gilingan pada bagian tubuh yang sakit 2 kali sehari.

  • Mengobati Bisul, Borok, Koreng, dan Luka Berdarah.

    Giling tumbuhan pohon sig sag secukupnyasampai halus, lalu balurkan hasil gilingan pada bagian tubuh yang sakit.

  • Mengobati Mata Bengkak dan Merah.

    Cuci bersih 7gr tumbuhan pohon sig-sag segar, rebus dengan 4 gelas air, sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin, minum air rebusannya 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

Mungkin baru ini saja yang bisa saya sampaikan mengenai manfaat dibalik pohon sig-sag untuk kesehatan tubuh kita. Semoga apa yang tertulis pada artikel di atas bisa membantu masalah kesehatan. Lain waktu kita bahas manfaat lain yang terdapat pada tanaman ini. Terima kasih.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo