Manfaat Tumbuhan Poko / Mentha Untuk Kesehatan

Related image

Tanaman mentha atau poko adalah tanaman semak perdu kecil yang sering kita jumpai di sekitar kita. Tanaman mentha dapat ditemukan di ladang, pekarangan rumah, tepi jalan, dan hutan. Nama latin tanaman mentha adalah Mentha Arvensis Var. Javanica Bentham. Sedangkan dalam bahasa inggris tanaman mentha ini memiliki nama Wild Mint. Tanaman mentha ini tersebar meliputi wilayah Eropa, Asia, Siberia timur, dan Amerika Utara. Tanaman mentha ini memiliki 6 sub spesies jenis. Tanaman mentha menurut sejarah berasal dari Eropa.

Ciri-ciri tanaman mentha adalah tanaman ini ukurannya kecil merayap, bentuk daun mirip daun tanaman mint dan bunganya yang berwarna ungu. Kegunaan dan fungsi tanaman mentha bagi sebagaian orang mungkin dianggap sebagai tanaman semak liar yang banyak digunakan sebagai pakan ternak. Tetapi yang tidak kita ketahui ternyata tanaman mentha ini memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit yang ada ditubuh.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Poko dikenal sebagai bo he varietas jepang. Poko mempunyai rasa pedas dan berbau aromatik. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam poko, di antaranya minyak asiri, sekitar 1,25%, damar, zat penyamak, dan gom. Efek farmakologis poko, di antaranya astringent, antipiretik, carminative dan antispasmodika, mengobati ayan, karminatif, bronkhitis, batuk, masuk angin, gangguan haid, radang lambung, diare, pusing, sesak napas, insomnia, dan diaforetik.

Bagian yang Digunakan dan Peemanfaatannya

Daun, batang, dan akar poko dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit berikut.

  • Sebagai Aromatik.

    Sebagai bahan penambah rasa untuk ramuan obat atau pengurang rasa sakit. Penggunaannya dicampur bersama bahan lain.

  • Mengobati Batuk, Antispasmodik, dan Carminative.

    Sebagai obat infus 5-10%.

  • Mengatasi Mulas.

    Rebus 1 sendok makan daun poko kering atau 5 helai daun segar yang sudah diiris halus dengan 1 gelas air selama 5 menit. Minum air rebusan 1 gelas setiap 4 jam (dewasa), 1 sendok makan setiap 4 jam (bayi), setengah mangkok setiap 4 jam (usia 2-6 th), dan 1 mangkok setiap 4 jam (usia 7-12 th). cara lainnya, gunakan poko sebagai obat infus 5-10%.

  • Mengobati Rematik dan Nyeri Persendian.

    Rebus 4 sendok makan daun poko sering dengan 2 mangkok air selama 15 menit. Minum air rebusan tersebut dengan dosis setengah gelas setiap 4 jam (untuk orang dewasa).

  • Sebagai Sakit Gigi.

    Tumbuk daun poko, lalu peras. Basahi kapas dengan air perasan, lalu masukkan ke lubang gigi. Pengobatan ini bersifat sementara, hanya untuk menghilangkan rasa sakit.

demikianlah artikel singkat dan beberapa Manfaat Tumbuhan Poko / Mentha Untuk Kesehatan. Konsumsilah herbal tanaman mentha dengan bijak dan sesuai takaran.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo