Khasiat Besar Propolis Lebah Bagi Kesehatan Tubuh

Related image

Propolis bisa juga disebut sebagai lem lebah, merupakan zat yang dihasilkan serangga lebah madu. Serangga lebah madu mengumpulkan sari dari pucuk daun-daun muda dan kemudian mencampurkan dengan air liurnya untuk menambal dan membersihkan sarangnya. Propolis yang dibuat tersebut sangat membantu lebah terhindar dari serangan kuman yang mencoba masuk ke dalam sarangnya. Karena propolis yang dibuat memiliki sifat desinfektan.

Propolis sendiri bagi lebah juga menjadi zat imune untuk menghindarkan tubuhnya dari serangan bakteri, dan juga virus. Propolis diambil dari bahasa yunani yang memiliki arti “Pelindung Kota”. Propolis sudah banyak di amati, di teliti, dan dikembangkan dalam laboratorium untuk dilakukan proses pengekstrakan yang kemudian di analisis berbagai manfaat yang bisa di berikan oleh propolis lebah tersebut.

Kandungan Propolis Lebah

Universitas Oxford melakukan penelitain pada tahun 1987 terhadap propolis dan menyimpulkan bahwa di dalam propolis mengandung sekitar 149  jenis bahan aktif. Institut Kanzan meneliti kandungan kompleks yang terdapat di dalam propolis lebah diantaranya:

  • 34 jenis bioflavonoid, yang merupakan senyawa alamiah pada tumbuhan. Kepekatannya mencapai 500 kali lipat dari kandungan antibiotik pada jeruk.
  • Berbagai macam Vitamin seperti: Vitamin A, provitamin A, B kompleks (B1,B2,B3,B4,B5,B6,B12), Vitamin C, D, E, Biovin.
  • Kandungan mineral yang bermacam, seperti: Albumin, Magnesium, Cacium, Iron Zine)
  • 16 Asam amino (protein)
  • Enzim yang bermacam, seperti: kanji, histone, protein, dan trypsin.

Khasiat Propolis Lebah

Propolis lebah memiliki sifat antioksidan yang sangat tinggi. Bahkan sifat antioksidan pada propolis mengalahkan kandungan antioksidan pada buah-buahan lainnya. Bahkan tingkat perbedaan hingga beratus-ratus kali lipatnya. Luar biasa bukan, lalu dengan kandungan yang sangat komples tersebut manfaat apa yang bisa kita dapatkan? Berikut manfaat propolis lebah berangkat dari hasil kajian yang dilakukan para ahli.

  1. Meningkatkan sistem imune tubuh.

    Propolis memiliki sifat perlindungan lebah dari bakteri, tentu manfaat utama yang bisa di dapat adalah berperan dalam menjaga tubuh kita dari serangan virus, bakteri penyakit. Menurut John Diamond MD, Propolis ini menstimulus diaktifkannya kelenjar thymuts pada tubuh sehingga berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

  2. Mengatasi penyakit mulut dan tenggorokan.

    Masalah mulut dan tenggorokan yang sangat rentan terdapat tumpukan bakteri dan virus ini berpotensi mendatangkan penyakit-penyakit yang menyerang mulut dan tenggorokan, infeksi pada mulut dan tenggorokan kita adalah salah satu indikasi adanya serangan kuman. Tim Riset Rusia mengatakan bahwa kandungan propolis yang memiliki zat antibiotik alami, vitamin, mineral, dan anti viral sangat manjur untuk mengatasi masalah mulut dan tenggorokan.

  3. Mengatasi penyakit Jantung.

    Sifat antioksidan pada propolis mampu mengatasi penyakit radikal bebas seperti penyakit jantung. Dr. Fang Chu, seorang dokter dari Rumah sakit Lien Yu Chine mengatakan bahwa propolis baik untuk penderita sakit yang dikarenakan konsentrasi kolesterol yang tinggi di dalam darah seperti penyakit jantung.

  4. Menurunkan resiko darah tinggi.

    Penyakit lainnya yang rentan dikarenakan serangan radikal bebas dalam tubuh adalah tekanan darah tinggi, Konsentrasi lemak jahat (LDL) dalam darah akan mengakibatkan peredaran darah menjadi tidak lancar. Proses sirkulasi darah pada jantung pun terganggu. Sehingga membuat tekanan darah naik. Kandungan antioksidan dalam propolis lebah membantu menurunkan konsentrasi lemak yang tinggi dalam darah.

  5. Mematikan sel kanker.

    Ini dia salah satu manfaat yang luar biasa yang bisa diberikan oleh propolis lebah. Kandungan dalam propolis lebah salah satunya terdapat zat CAPE. Ha itu ditemukan oleh lembaga riset kanker Colombia di tahun 1991. Zat Cape yang terdapat pada propolis mampu mematikan sel kanker. Pemakaian zat CAPE yang teratur selama 6 bulan akan mengurangi pertumbuhan kanker hingga 50%.

  6. Bahan antibiotik alami.

    Propolis memiliki sifat antibiotik alami yang tidak memiliki batas kadaluarsa. Hal tersebut di ungkapkan oleh majalah antibiotik VP Kivalkina. Propolis dengan sifat antibiotik alaminya akan sangat berguna untuk mengatasi infeksi baik di luar maupun dari dalam tubuh.

  7. Menghilangkan rasa nyeri.

    Kandungan bioflavonoid pada propolis di dukung dengan kerja vitamin C yang diikutinya membuat propolis efektif untuk mengatasi rasa nyeri yang timbul di kaki, punggung, tangan. Kondisi ini sangat baik bagi Anda yang mengalami cedera saat berolahraga. Cedera yang di dapat tentu menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa. Produk dari propolis seperti obat luar, atau dalam bentuk sprei bisa digunakan untuk obat mengatasi nyeri.

  8. Meningkatkan regenerasi sel tubuh.

    Propolis memiliki kandungan 16 rantai asam amnino esensial yang bermanfaat untuk proses pembentukan regenerasi sel. Proses metabolisme yang meningkat akan membuat sel-sel tua kita akan cepat diganti dengan sel-sel baru sehingga membuat daya tahan tubuh kita lebih kuat.

  9. Mempekuat tulang dan gigi.

    Kandungan asam amino yang tinggi ditunjang dengan vitamin D serta mineral yang kompleks akan membantu regenerasi sel tulang dan gigi menjadi lebih baik. Artinya kekuatan tulang dan gigi tetap terjaga. Sehingga kita akan terhindar dari resiko osteophorosis.

  10. Suplemen harian yang alami.

    Propolis lebah kini banyak dijadikan sebagai suplemen yang bisa kita konsumsi setiap hari. Kandungan alaminya sangat baik dan sangat minim resiko. Beragam kandungan kompleks pada propolis seperti vitamin, mineral, asam amino, dan bioflavonoid membuat propolis sangat efektif untuk menjaga kebugaran Anda setiap harinya.

Itulah beberapa khasiat propolis lebah bagi kesehatan tubuh. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dan khasiat propolis untuk kesehatan tubuh. Lain waktu saya akan menjabarkan khasiat dari propolis lainnya.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo