Pemanfaatan Tanaman Pulai Untuk Kesehatan Tubuh

Image result for manfaat pulai

Tanaman pulai adalah  tanaman pohon yang berkayu besar yang sering kita jumpai di sekitar kita. Nama latin tanaman pulai adalah Alstonia scholaris R. Br. Sedangkan dalam bahasa Inggris tanaman pulai mempunyai nama Indian Devil Tree. Tanaman pulai ini tersebar China, Negara-negara di wilayah Asia Selatan, Asia Tenggara, Australia, Kepulauan Solomon.

Ciri-ciri tanaman pulai ini adalah pohon yang ukuran besar dengan bentuk daun tersusun melingkar denga jumlah 4-8 helaian daun mirip daun ketela dengan buah berbentuk panjang. Fungsi dan kegunaan tanaman pulai ini kayunya digunakan sebagai perkakas rumah karena kayunya memiliki serat yang halus. Namun yang tidak ketahui ternyata tanaman pulai ini memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit yang ada di tubuh.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Pulai mempunyai rasa sangat pahit. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam kulit kayu pulai, di antaranya alkaloid ditain, ekitamin (ditamin), ekitenin, ekitamidin, alstonin, ekiserin, ekitin, ekitein, porfirin, dan triterpen (a-amyrin dan lupeol). daun pulai mengandung pikrinin, sedangkan bunganya mengandung asam ursolat dan lupeol. Efek farmakologis pulai di antaranya antipiretik, antimalaria, antidemam, antihipertensi, antiandenergik, dan melancarkan saluran darah.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Kulit batang, daun, dan getah pulai dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit berikut.

  1. Mengobati Demam.

    Cuci 10gr kulit batang pulai, lalu rebus dengan 1 gelas air selama 15 menit. Minum air rebusan sekaligus satu kali sehari.

  2. Mengatasi Hipertensi.

    Cuci bersih 10gr kulit batang pulai, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Minum air rebusan sekaligus 1 kali sehari.

  3. Mengobati Koreng Kotor, Bisul, Koreng, dan Borok.

    Tumbuk halus daun pulai kering, lalu taburkan pada luka. Sebelum ditaburkan, bersihkan luka dengan alkohol 70% terlebih dahulu.

  4. Mengatasi Nyeri (di sisi dada atau karena tusukan).

    Kunyah akar pulai dengan pinang secukupnya dan buang ampasnya. Lakukan 1 kali sehari.

  5. Mengobati Sifilis, Beri-beri, Sakit Usus, Cacingan, Disentri, Diabetes, dan Malaria.

    Cuci 16 lembar daun pulai muda, lalu rebus dengan air bersih. Minum rebusan 1 kali sehari pada pagi hari sampai sembuh.

Nah itulah yang dapat saya sampaikan kali ini tentang Pemanfaatan Tanaman Pulai Untuk Kesehatan Tubuh yang mampu mengobati berbagai macam penyakit seperti di atas yang sudah lengkap dengan cara penggunaannya semoga info yang saya berikan bermanfaat buat kita semua ya sahabat karena kesehatan itu sangat mahal maka dari itu kita harus menjaga kesehatan kita dengan makan yang tidak berbahaya bagi kesehatan.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo