Pule Pandak - Berkhasiat Besar Untuk Kesehatan Tubuh

Related image

Tanaman pulai atau bahasa latinnya pule (Alstonia scholaris). Pule yang berupa pohon besar itu juga merupakan tanaman obat. Bagian yang dimanfaatkan kulit batangnya. Masyarakat Jawa Tengah menyebut jamu dari kulit batang pulai ini sebagai “babakan pule”. Rasa kulit batang pulai luarbiasa pahit sekali, tetapi mana ada obat yang manis ya.

Pule pandak (Rauwolfia serpentina dan Rauwolfia verticillata) bukan keluarga pulai. Bahkan tanaman pule pandak hanya berupa semak dengan tinggi 1 sd. 1,5 m. Meskipun kurang populer, pule pandak merupakan tanaman obat penting. Salah satu khasiatnya adalah afrosidiak (meningkatkan gairah seksual). Sebab fungsi pule pandak mampu mengobati lemah syahwat yang disebabkan oleh gangguan fisik (akibat tekanan darah tinggi) dan juga akibat tekanan psikis. Hingga pule pandak bisa disamakan dengan purwoceng (Pimpinella pruatjan), yang selama ini lebih dikenal sebagai “ginseng jawa”.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Pule pandak memiliki rasa yang pahit, bersifat dingin, dan sedikit beracun. Sementara itu, batang dan daunnya memiliki rasa yang pahit, manis, dan bersifat sejuk. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam pule pandak, di antaranya alkaloida yang terdiri atas 3 grup yaitu grup I yang terdiri dari alkalin kuat, quarterary ammonium compound serpentine, serpentine, sarpagine, dan samantine. Penyerapan bahan kimia jelek bila digunakan per oral. Grup II terdiri atas tertiary amine derivate yohimbine, ajmaline, ajmalicine, tetraphylline, dan tetraphyllicine. Sementara itu grup III terdiri atas alkalin lemah secondary amines reserpine, rescinnamine, deserpidine, raunesine, dan canescine.

Efek farmakologis akar pule pandak, di antaranya sebagai penenang, menurunkan tekanan darah (hipotensif), melancarkan sirkulasi, menghilangkan sakit, menurunkan panas dalam dan panas lever, antiradang, simpatikotik, serta berefek langsung pada hypothalamus dan saraf simpatis perifer. Batang dan daun pule pandak memiliki efek farmakologis menolak angin, menurunkan tekanan darah, dan melancarkan darah beku.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Akar, batang, daun pule pandak dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit berikut.

  • Mengobati Luka Berdarah.

    Tumbuk halus daun pule pandak muda secukupnya, lalu balurkan hasil tumbukan pada bagian tubuh yang sakit.

  • Mengobati Luka Terpukul dan Digigit Ular.

    Tumbuk halus daun pule pandak segar secukupnya, lalu balurkan hasil tumbukan pada bagian tubuh yang sakit atau digigit ular.

  • Mengobati Sakit Kerongkongan.

    Iris tipis akar pule pandak secukupnya, lalu hisap seperti mengisap permen.

  • Mengobati Sakit Pinggang.

    Cuci bersih 50gr akar pule pandak, lalu rendam dalam 1 cangkir arak selama 1 malam. Minum air rendamannya sekaligus satu kali sehari.

  • Mengatasi Tekanan Darah Tinggi dan Demam karena Influenza.

    Rebus 50gr akar, batang, atau daun pule pandak dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, minum air rebusannya 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

Catatan :

  • Pule pandak merangsang keluarnya asam lambung sehingga dapat mengakibatkan pendarahan.
  • Penderita penyakit lambung serta badan lemah dilarang minum ramuan ini.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo