Pulosari Dengan Manfaat yang Terkandung Di Dalamnya

Image result for manfaat pulosari

Batang pulosari merupakan jenis rempah yang sering dimanfaatkan sebagai bumbu kari dan masakan olahan ikan. Batang tanaman ini mampu memberikan rasa hangat dan juga aroma khas jika ditambahkan pada masakan. Tak hanya itu, batang tanaman yang memiliki nama latin Alyxia stellata ini ternyata juga memiliki efek menyembuhkan berbagai jenis penyakit ringan maupun berat.

Dengan kandungan yang cukup beragam, sangat wajar jika banyak manfaat batang pulosari yang diburu pecinta pengobatan herbal. Bahkan, khasiat batang tanaman ini sudah diakui kebenarannya dari segi kacamata medis. 

Tanaman pulosari adalah tanaman semak yang mudah kita jumpai di sekitar kita. Tanaman ini dapat ditemui pada tempat seperti ladang, hutan, dan tepi jalan. Tanaman pulasari ini mempunyai ciri-ciri daun yang meruncing berwarna hijau dan memiliki buah yang berwarna hitam ketika sudah tua. Kegunaan dan fungsi tanaman pulosari bagi sebagian masayarakat tanaman ini di anggap sebagai tanaman liar karena biasanya menjadi gulma bagi tanaman lain. 

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Pulosari memiliki rasa seperti kumarin dan pahit. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam tumbuhan pulosari, di antaranya asam betulinat, tanin, alkaloid, glikosida, saponin, flavonoid, polifenol, minyak asiri, dan pulasariosida. Kulit pulosari mengandung kumarin, zat samak, zat pahit, dan alkaloida. Efek farmakologis pulosari, di antaranya antidiare, antidemam, sebagai korigen untuk hampir semua ramuan jawa, antiasma, penurun panas, antibakteri, antijamur, dan pengelat (astringent), pengecil pori-pori.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Kulit batang dan ranting pulosari dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit seperti demam, meningkatkan nafsu makan, mengeluarkan angin (carminative), kejang perut, kelebihan asam lambung, mules, dan disentri. Adapun pengobatan penyakit tersebut dilakukan dengan mencuci bersih 4gr kulit batang pulosari, lalu rebus dengan 1 gelas air selama 15 menit. Minum air rebusan 2 kali sehari masing-masing 1/4 gelas pada pagi dan sore hari.

Catatan : Konsumsilah herbal tanaman pulosari ini dengan bijak dan sesuai takaran.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo