Khasiat Tanaman Pulutan Untuk Kesehatan Tubuh

Hasil gambar untuk manfaat pulutan

Pernahkah anda melihat daun pulutan? Anak-anak biasanya saling melempar buahnya ke arah teman mereka. Anak wanita akan merasa jengkel, ketika buah pulutan melekat di rambut atau baju mereka. Fakta kesehatan yang cukup mengejutkan bahwa daun pulutan ternyata dapat digunakan untuk mengatasi berbagai jenis penyakit dan masalah kesehatan. 

Daun pulutan efektif untuk mengatasi penyakit influenza, keputihan, gondok, rematik, dan banyak lagi. Apa rahasia di balik semua ini? Sebelum mengupas manfaat pulutan bagi kesehatan dan kecantikan, kita akan mengenal tanaman ini lebih dekat. Nama ilmiah untuk pulutan adalah Urena Lobata, tergolong ke dalam keluarga Malvaceae. Jadi, tanaman ini masih memiliki hubungan dengan kembang sepatu dan kapas.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Pulutan memiliki rasa yang manis, tawar, dan bersifat sejuk. Bahan kimia yang terkandung dalam batang dan daun pulutan di antaranya zat lendir, sedangkan bijinya mengandung lemak 3-14%. Efek farmakologis pulutan, di antaranya sebagai penurun panas, antiradang, dan antirematik.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Akar atau seluruh tumbuhan pulutan segar atau kering dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit berikut.

  1. Mengobati Bengkak karena Nephritis.

    Rebus 24gr akar pulutan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, minum air rebusannya 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

  2. Mengobati Disentri, Diare, Keputihan, Kencing Keruh, Nyeri Perut, Demam Rematik, dan Gondok.

    Rebus 30-60gr akar pulutan dengan 3 gelas sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, minum air rebusannya 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

  3. Mengobati Influenza.

    Rebus 24gr akar pulutan dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, minum air rebusannya sekaligus satu kali sehari.

  4. Mengobati Luka, Koreng Berdarah, dan Bisul.

    Tumbuk halus bunga pulutan atau daun pulutan. Tempelkan hasil tumbukan pada bagian tubuh yang sakit.

  5. Sebagai Peluruh Dahak.

    Cuci bersih 3gr daun pulutan segar, lalu tambahkan ¼ gr garam. Kunyah sampai rata, telan airnya, dan buang ampasnya. Lakukan 3 kali sehari.

Nah, itulah Khasiat Tanaman Pulutan Untuk Kesehatan Tubuh. Jadi, buah pulutan ternyata tidak hanya berguna sebagai mainan anak kecil saja. buah dan seluruh bagian pada tumbuhan pulutan bisa bermanfaat untuk kesehatan.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo