Manfaat Yang Terkandung dalam Tumbuhan Puring

Hasil gambar untuk manfaat puring

Daun puring sangat dikenal dengan corak yang unik dan berwarna-warni. Daunnya yang cantik, tak ubahnya keindahan bunga hias. Namun, di balik keindahan puring ternyata menyimpan berbagai manfaat kesehatan yang menakjubkan. Tanaman ini baik untuk membersihkan udara di sekitar rumah anda. Bahkan, penyakit berat seperti sifilis dan eksema dapat diobati oleh puring. 

Nama ilmiah dari puring adalah Codiaeum variegatum, digolongkan ke dalam keluarga Euphorbiaceae. Tanaman puring disebut juga tarimas, katomas, puding, susurite, croton, dan lainnya. Tarimas berasal dari Indonesia, kemudian menyebar ke wilayah tropis dan sub tropis lainnya.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Puring mempunyai rasa pahit, bersifat dingin, dan beracun. Akar dan kulit batangnya berasa pedas. Bahan kimia yang terkandung dalam puring, di antaranya adalah getahnya mengandung tannin. Efek farmakologis puring, di antaranya melancarkan peredaran darah, peluruh keringat, dan pencahar ringan.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Daun, ranting muda, akar, dan kulit batang puring dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit.

  1. Mengobati Cacingan, Nafsu Makan Berkurang, Sembelit, Kejang Lambung, Kehilangan Selera, dan Penyakit Saluran Kencing pada Anak.

    Rebus 11gr ranting puring muda dengan 3 gelas air tersisa 1 gelas. Setelah dingin, minum air rebusannya 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

  2. Mengatasi Perut Mulas.

    Tumbuk halus 1 jari akar puring dan 3 lembar daun sesuru (Euphorbia nerifolia L.), lalu tambahkan air secukupnya. Saring airnya, lalu minum sekaligus satu kali sehari. Ramuan ini mengakibatkan efek samping seperti diare karena berkhasiat pencahar, tetapi sakit perutnya akan hilang.

  3. Mengobati Sakit Perut pada Anak.

    Tumbuk sampai halus daun puring berwarna kuning (Croton varegatum Balvalen) yang masih muda dan segar secukupnya. Tambahkan sedikit air sampai menjadi bubur. Balurkan bubur ini pada perut anak.

  4. Mengobati Sifilis.

    Cuci bersih 1 batang puring utuh, lalu rebus dengan 5 gelas air sampai tersisa 2,5 gelas. Dinginkan, saring, bagi menjadi 3 bagian yang sama. Tambahkan gula secukupnya, lalu minum rebusan 3 kali sehari.

  5. Mengatasi Sukar Berkeringat dan Eksim.

    Rebus 11gr daun puring dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, minum air rebusannya 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

Demikianlah artikel singkat Manfaat Yang Terkandung dalam Tumbuhan Puring. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan

 

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo