Manfaat Rambutan Untuk Tubuh Kita

Image result for manfaat rambutan

Bicara tentang buah rambutan, pastinya anda langsung membayangkan rasanya yang manis asam. Di balik rasanya yang kecut, ternyata buah ini punya sederet manfaat kesehatan yang luar biasa. Bukan hanya berguna untuk mengatasi penyakit ringan dan berat, tapi khasiat rambutan juga efektif untuk merawat kecantikan kulit. 

Buah rambutan (Nephelium lappaceum L.) dikenal dengan bentuknya yang kecil dengan warna merah dan terdapat banyak bulu pada kulit buahnya. Perlu Anda ketahui bahwa buah ini juga ada yang berwarna kuning. Buah ini juga mudah ditemui dalam musim-musim tertentu. Selain enak, ternyata buah rambutan sangatlah bergizi untuk dikonsumsi.

Buah tropis ini memiliki banyak kandungan gizi. Buah ini memang kecil ukurannya namun manfaatnya bisa kita rasakan langsung jika dikonsumsi dengan teratur. Anda bisa langsung memakannya atau diolah menjadi makanan lainnya.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Rambutan kaya kandungan kimia seperti zat besi, kalsium, karbohidrat, fosfor, lemak, protein, dan vitamin C. Biji mengandung lemak dan polifenol. Daun mengandung saponin dan tanin. Sementara itu, pada kulit batang terdapat flavonoid, pectic substance, saponin, tanin, dan zat besi. Kulit buah mengandung tanin dan saponin. Efek farmakologis rambutan, antara lain sebagai penurun panas (kulit buah), sedangkan biji untuk menurunkan kadar gula darah (hipoglikemik).

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Akar, biji, daun, kulit buah, dan kulit kayu dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat. Anggota famili Sapindaceae itu antara lain digunakan untuk mengobati beberapa penyakit berikut.

  • Penghitam Rambut Beruban.

    Cuci bersih 17 lembar daun rambutan, kemudian giling sampai halus. Tambahkan sedikit air pada ramuan hingga jadi bubur. Saring dan peras ramuan dengan sepotong kain. Gunakan air perasan tersebut untuk membasahi kepala. Kemudian pijat kepala hingga airnya terasa dikulit kepala. Ulangi pengobatan setiap hari sampai berhasil.

  • Mengobati Kencing Manis (Diabetes milletus).

    Cuci bersih 6 biji rambutan, lalu sangrai sampai kering. Giling bahan tersebut hingga menjadi bubuk. Seduh bahan dengan 1 cangkir air panas. Setelah dingin, minum airnya sekaligus. Minum ramuan 2 kali sehari dengan dosis yang sama.

  • Mengobati Demam.

    Cuci bersih 11 buah kulit buah rambutan, lalu potong kecil-kecil. Rebus bahan tersebut dengan 3 gelas air tersisa 1,5 gelas. Minum ramuan 2 kali sehari masing-masing 3/4 gelas.

Di atas adalah beberapa manfaat dari buah rambutan yang sering kita kenal sebagai buah-buahan pencuci mulut. Setelah kita membaca kandungan kimia, efek farmakologis dan manfaatnya di atas, kita sekarang mengerti bahwa rambutan tidak sekedar buah tetapi buah yang mengandung banyak gizi dan manfaat untuk kesehatan. Semoga artikel Manfaat Rambutan Untuk Tubuh Kita dapat menambah ilmu pengetahuan kita.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo