Khasiat Tumbuhan Rangga Dipa dan Pemanfaatan Untuk Kesehatan

Hasil gambar untuk manfaat rangga dipa

Rangga dipa adalah tanaman obat yang dapat menangani beragam jenis penyakit serta permasalahan kesehatan. Mungkin saja anda sering lihat daun rangga dipa, namun belum mengenalnya lantaran ciri-cirinya tidak diketahui. Nama lain dari rangga dipa yaitu sekar petak, mungkin saja dikarenakan bunganya yang berwarna putih. Sekar dalam bahasa jawa bermakna bunga, sementara makna dari pethak yaitu putih.

Nama ilmiah dari rangga dipa adalah Clerodendron indicum, tergolong ke dalam keluarga verbenaceae. Tanaman ini sering merambat di pagar, atau tumbuh liar di ladang dengan intensitas cahaya matahari yang cukup atau sedang. Rangga dipa dapat tumbuh subur di dataran rendah maupun tinggi, hingga 1,2 km di atas permukaan laut. 

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Kandungan kimia rangga dipa belum banyak diketahui. Namun, anggota family Verbenaceae itu memiliki sifat pahit, sejuk, dan diuretic alias peluruh urine. Akarnya untuk mengatasi asma dan penyakit kulit. Sementara itu, daunnya untuk mengobati asma dan rematik.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Hanya daun yang lazim dimanfaatkan sebagai obat untuk beragam penyakit.

  • Mengobati Radang Saluran kencing dan Radang Kandung Kemih.

    Rangga dipa digunakan untuk menyembuhkan radang saluran kencing dan radang kandung kemih. Caranya dengan merebus rangga dipa dan rumput lidah ular secukupnya dalam 3 gelas air hingga airnya tersisa 1 gelas. Hasil rebusan itu kemudian diminum.

  • Mengobati Keseleo dan Rematik.

    Sekitar 10-15gr daun rangga dipa yang telah dicuci bersih direbus dengan 3 gelas air hingga mendidih. Biarkan ramuan hingga airnya tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring hasil rebusan dan minum. Untuk obat luar, cuci bersih daun rangga dipa secukupnya. Lalu lumatkan dengan cara menumbuk dan tempelkan di bagian tubuh yang keseleo atau rematik.

  • Mengatasi Asma dan Sesak Napas.

    Ambil daun rangga dipa dan cucilah sampai bersih. Kemudian, daun dijemur hingga kering. Setelah itu, gulung daun dan isap seperti rokok.

Demikian penjelasan tentang Khasiat Tumbuhan Rangga Dipa dan Pemanfaatan Untuk Kesehatan yang bisa mencegah sekaligus mengobati berbagai macam penyakit seperti di atas yang selalu mengganggu kesehatan yang sudah saya lengkapi dengan cara penggunaannya dan semoga info yang saya sampaikan bermanfaat buat kita semua.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo