Akibat Duduk Terlalu Lama

Anda sering duduk di kantor berjam – jam? Atau sering duduk di depan computer karena kebutuhan? Dibandingkan berdiri atau jongkok, posisi duduk merupakan posisi ternyaman ketika tidak melakukan sesuatu apapun. Tubuh bagian belakang akan menopang seluruh tubuh kita. Ditambah sofa atau kursi yang lembut membuat kita nyaman saat duduk. Namun bukan berarti anda dapat berlama –lama duduk. Duduk berjam –jam ternyata dapat mempersingkat waktu hidup anda. Bahkan duduk berlama – lama di tempat kerja membawa dampak buruk bagi kesehatan fisik dan mental anda. untuk mengetahui dampak apa saja yang ditimbulkan akibat duduk terlalu lama, marilah kita lihat ulasan berikut:

  1. Postur tubuh terganggu

Duduk tentu saja melibatkan tulang terutama tulang belakang mulai bagian leher hingga pinggang. Tubuh yang sehat memiliki bentuk atau postur punggung yang lurus dan tegak. Anda akan mengalami masalah postur dan tulang yang bermasalah. Leher dan bahu anda akan terasa sakit sekali karena tidak pernah merubah posisi saat duduk. Apalagi bila posisi duduk anda salah. Usahakan untuk berjalan dan beristirahat sejenak sehingga tubuh bagian belakang anda tidak terus menerus menopang berat tubuh dan tidak merusak postur tubuh anda.

  1. Sakit punggung

Salah satu kebiasaan buruk yang dilakukan oleh orang kantoran adalah duduk terlalu lama. Akibat buruk yang bisa ditimbulkan dari kebiasaan ini adalah sakit punggung bagian bawah atau tulang belakang secara keseluruhan. Hal ini dikarenakan otot menjadi kaku akibat duduk terlalu lama.

  1. Pembekuan pada darah

Duduk terlalu lama akan menghambat aliran darah di pembuluh venna. Akibatnya, darah tidak teraliri dengan baik dan menyebabkan kerusakan serta pembekuan darah. darah adalah cairan dalam tubuh yang berfunsi mengangkut bahan makanan, nutrisi serta oksigen ke otak. Bila aliran darah terganggu, akibatnya bisa sangat berbahaya. usahakan untuk tidak duduk terlalu lama bila sudah mengalami nyeri pada tubuh.

  1. Otak berasap

Otot yang aktif akan memompa darah segar dan oksigen ke otak dan memicu segala macam bahan kimia yang meningkatkan suasana hati. ketika anda memiliki gaya hidup yang aktif, semuanya bisa lambat masuk ke otak.

  1. Diabetes

Duduk selama berjam 0 jam, menyebabkan kerugian pada kemampuan tubuh dalam menangani insulin yaitu berkurangnya sensitifitas insulin. Insulin bertanggung jawab membawa glukosa dari darah ke dalam sel dan kemidian digunakan untuk energi. Wanita yang duduk selama 7 jam sehari memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena diabetes tipe 2. Bila kebiasaan ini dilakukan rutin secara terus menerus, maka siap – siaplah terkena penyakit ini.

  1. Mati muda

Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin lama anda duduk, maka semakin pendek usia anda. ini dikarenakan duduk selama berjam – jam akan mengembangkan lemak darah dan meningkatkan kadar kolesterol. Risiko yang terjadi adalah bisa terkena penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan penyakit lainnya yang menyebabkan kematian.

Namun anda tidak perlu khawatir, ada beberapa tips yang dapat anda lakukan agar terhindar dari gangguan akibat duduk terlalu lama:

  1. Minum lebih banyak air. Tujuannya adalah agar anda lebih sering berdiri untuk mengambil aria tau pergi ke toilet.
  2. Berdiri sebentar setiap 30 menit sekali
  3. Gunakan tangga daripada lift
  4. Gunakan meja yang fleksibel
  5. Hampiri rekan kerja ketika akan menyampaikan sesuatu daripada menggunakan telepon atau pesan singkat.
Karyawan baru Istana