Remek daging

Manfaat Tumbuhan Remek Daging Untuk Kesehatan

REMEK DAGING

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Sambung darah mengandung beragam senyawa kimia seperti natrium, kalsium, flavonoid, dan polifenol. Batang tanaman mengandung saponin dan tanin. Sementara tanin, asam silikat, dan glikosida terdapat di daun. Efek farmakologis sambang darah berupa rasa kelat, astringent, antidiare, diuretik, dan menggumpalkan darah pada luka.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Daun seluruh bagian tanaman dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku obat.

  • Mengobati Diare dan Disentri. Ambil 7 helai daun remek daging, lalu cuci bersih. Rebus daun dalam 1 gelas air hingga mendidih selama 15 menit. Setelah dingin, saring rebusan itu dan minum. Lakukan pengobatan 3 kali sehari.
  • Mengobati Batu Ginjal. Cuci bersih 27gr daun remek daging, lalu rebus dalam 2 gelas air hingga mendidih selama 30 menit. Hasil rebusan disaring ketika dingin dan diminum. Minum ramuan 2 kali sehari.
  • Mengobati Sakit Kulit. Cuci daun remek daging secukupnya, lalu rebus dalam 3 liter air bersih hingga mendidih. Hasil rebusan dicampur dengan air bersih di abk. Campuran air itu digunakan untuk mandi.
  • Mengobati Luka. Untuk obat luar, ambil 7-9 daun sambang darah dan cuci bersih. Kemudian, lumatkan daun-daun itu dengan cara ditumbuk. Oleskan daun itu di atas luka.
baca Selengkapnya