5 Manfaat Rumbut Belang Untuk Kesehatan

Image result for manfaat rumput belang

Rumput belang berasal dari Mexico, nama ilmiahnya adalah Zebrina pendula Schnizl. Rumput ini tergolong ke dalam famili Commelinaceae, dimana orang Cina menyebutnya diao zhu mei.

Jika anda ingin menambah koleksi tanaman hias di taman, mungkin rumput belang dapat menjadi pilihan tepat. Selain dapat mengisi kekosongan taman, rumput belang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Tumbuhan mungil ini efektif untuk mengobati disentri, kencing nanah, keputihan, dan banyak lagi. 

Tanaman zebrina dapat tumbuh di dataran rendah hingga 1,4 km di atas permukaan laut. Rumput belang memiliki batang lemah, yang merayap hingga mencapai 60 cm. Tumbuhan ini mempunyai daun duduk dengan ujungnya yang runcing. 

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Rumput belang kaya kandungan kimia, beberapa yang sudah diketahui, antara lain kalsium oksalat dan gummi yang terdapat pada batang dan daun. Tanaman anggota famili Commelinaceae ini bersifat manis, dingin, dan agak beracun.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Seluruh bagian tanaman dapat dimanfaatkan untuk mengatasi beragam penyakit.

  1. Mengobati Batuk Darah.

    Ambil 75gr tanaman segar termasuk bagian akar. Setelah dicuci bersih, tanaman ditumbuk hingga halus. Dengan kain perca, peras tumbukan itu hingga airnya keluar, lalu minum.

  2. Mengobati Disentri Kronis.

    Ambil 150gr rumput belang segar dan cuci bersih, lalu tambahkan 30gr beras putih yang telah disangrai sampai kuning. Rebus kedua bahan tersebut dalam 6 gelas air bersih. Setelah mendidih, diamkan hingga air tersisa 3 gelas. Minum air rebusan itu sehari 3 kali, masing-masing 1 gelas.

  3. Mengobati Bisul.

    Ambil tanaman segar secukupnya, lalu cuci bersih dan lumatkan. Hasilnya dibubuhkan di atas bisul dan sekitarnya.

  4. Mengatasi Keputihan.

    Jumlah bahan dan cara pengolahan sama dengan nomor 2 (disentri kronis).

  5. Mengobati Kencing Nanah.

    Kira-kira 75gr rumput belang segar di cuci bersih. Lalu, rebus dengan 5 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 mangkuk. Minum hasil rebusan 2 kali sehari, masing-masing setengah mangkuk.

Catatan : wanita hamil dilarang minum ramuan dari rumput belang.

Seperti biasanya semua penyakit pasti ada obatnya kali ini saya sudah menjelaskan artikel tentang 5 Manfaat Rumbut Belang Untuk Kesehatan untuk kesehatan yang mampu mencegah sekaligus mengobat berbagai macam penyakit seperti di atas yang sudah di tambahkan dengan cara-cara penggunaannya yang memudahkan anda untuk mencobanya di rumah dan semoga info yang saya berikan dapat bermanfaat buat kesehatan kita semua ya sahabat.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo