Rumput Laut

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Rumput Laut Untuk Kesehatan

Related image

Bagi Anda yang menyukai makanan seperti sushi atau onigiri, sudah pasti tidak asing lagi dengan rumput laut alias seaweed. Rumput laut masuk ke dalam kelompok algae dan terdiri dari beberapa tipe seperti alga cokelat, alga merah, dan alga hijau. Makanan yang disajikan dengan rumput laut ini rata-rata berasal dari Asia.

Sayuran laut seperti rumput laut, berkontribusi terhadap asupan manfaat sayur sayuran untuk makanan harian, sekitar 17,5 cangkir wanita dan 21 cangkir untuk pria, menurut Departemen Pertanian AS. Seperti banyak sayuran lainnya, rumput laut rendah kalori mentah seperti rumput laut wakame misalnya, mengandung kurang dari 20 kalori. Makan rumput laut bermanfaat bagi kesehatan Anda, sayuran laut menyediakan sumber yang kaya nutrisi penting.

Kandungan Nutrisi Rumput Laut

Rumput laut mengandung banyak sekali komponen yang meningkatkan kesehatan dibandingkan dengan mayoritas tanaman lain dan makanan hewani yang tersedia di darat. Rumput laut merupakan sumber yang kaya dari mineral penting seperti magnesium, kalsium, tembaga, kalium, selenium, zinc, yodium, dan zat besi, namun mengandung jumlah lemak yang sangat rendah.

Rumput laut juga merupakan harta karun dari antioksidan, fitonutrien dan serat yang diperlukan oleh tubuh. Vitamin yang hadir dalam rumput laut dan vitamin A, B, C, E dan K. rumput laut juga mengandung asam lemak omega-3 dan semua asam amino penting yang diperlukan untuk tubuh sesuai pedoman WHO & FAO.

  • Vitamin K.

    Rumput laut merupakan sumber vitamin K, nutrisi yang larut dalam lemak. Vitamin K berkomunikasi dengan trombosit, yaitu jenis sel yang membentuk pembekuan darah.Beberapa jenis rumput laut dapat membantu untuk mencapai rekomendasi asupan harian vitamin K yaitu 90 mikrogram untuk wanita atau 120 untuk laki-laki. 1 porsi rumput laut yang sarat dengan kalsium lebih dari manfaat brokoli dan hampir sama seperti protein pada kacang-kacangan.

  • Kalsium.

    Menambahkan rumput laut dalam makanan, akan membantu  meningkatkan asupan mineral penting kalsium. Sebagian besar kalsium tubuh berguna untuk menjaga tulang dan gigi yang kuat. Kalsium membentuk bagian dari hidroksiapatit, jaringan mineral yang terdiri dari sebagian besar tulang. Kalsium juga membantu otot-otot dab membantu komunikasi sel dan berkontribusi terhadap fungsi sistem saraf.

  • Zat Besi.

    Beberapa jenis rumput laut, mengandung zat besi. Zat besi membantu tubuh menghasilkan energi yang diperlukan untuk bahan bakar sebagai aktivitas sehari-hari dan juga membantu menyehatkan sistem peredaran darah, dengan meningkatkan aliran darah.Memasukkan rumput laut ke dalam diet makanan sehari-hari dapat membantu tubuh mencapai 8 miligram zat besi yang dibutuhkan setiap hari untuk pria, atau 18 miligram untuk wanita. Nutrisi lainnya dalam rumput laut termasuk vitamin B-12 dan vitamin A.

  • Serat Alami.

    Alginat adalah serat alami yang ditemukan pada beberapa jenis rumput laut yang dapat membantu pencernaan dan mengurangi penyerapan lemak. Sebuah studi yang dipimpin oleh ilmuwan Dr Iain Brownlee dan Profesor Jeff Pearson di Newcastle University menemukan bahwa makan rumput laut, akan mengurangi pencernaan lemak lebih dari 75%. Serat juga membantu tubuh merasa kenyang lebih cepat dan mencegah makan berlebihan. Temuan ini menunjukkan bahwa menambahkan rumput laut untuk diet dapat membantu menurunkan berat badan dan kadar kolesterol tidak sehat dalam darah.

  • Asam Lemak Omega-3.

    Tubuh manusia membutuhkan lemak yang sehat sebagai bagian dari diet seimbang. Rumput laut menyediakan lemak sehat yang disebut asam lemak omega-3. The Dr. Oz Show situs mencatat bahwa selembar rumput laut nori berisi sejumlah sama asam lemak omega 3. Jenis lemak akan membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL yang sehat, sambil menurunkan kadar kolesterol LDL yang berbahaya. Asam lemak Omega-3 juga membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

  • Yodium.

    Seperti sayuran lainnya, rumput laut mengandung mineral penting dan vitamin yang dibutuhkan untuk diet seimbang yang sehat. Menurut situs Best Health, hanya satu gram rumput laut memberikan dosis harian yodium, mineral yang sangat penting untuk fungsi tiroid sehat. Selain itu, jenis rumput laut coklat yang disebut kombu berisi fucoxanthin pigmen, yang dapat membantu memetabolisme lemak tubuh menjadi energi.

Manfaat Rumput Laut Untuk Kesehatan

Kebaikan rumput laut memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan, berikut manfaat yang diberikan rumput laut untuk kesehatan:

  1. Membantu Mempertahanankan atau Menurunkan Berat Badan.

    Beberapa jenis rumput laut, seperti rumput laut cokelat, mengandung pigmen fucoxanthin, yang dapat membantumetabolisme tubuh untuk mengubah lemak menjadi energi. Hal ini diperkuat oleh sebuah penelitian yang dipublikasikan pada Food Chemistry, ditemukan bahwa alginat (serat alami yang terdapat pada rumput laut cokelat) dapat membantu sekitar 75% untuk menghalangi penyerapan lemak pada usus.

  2. Membantu Mempercepat Penyembuhan Luka.

    Rumput laut kaya akan vitamin K, dan vitamin ini berkoordinasi dengan trombosit – jenis sel yang dapat membentuk gumpalan/pembekuan darah. Vitamin K akan mengirim sinyal kimia di mana trombosit mengumpulkan darah dan membekukannya, sehingga saat Anda terluka, luka tersebut akan berhenti mengalir. Anda bisa memilih jenis rumput mana pun, namun perlu diketahui bahwa wakame memiliki kandungan vitamin K yang lebih sedikit.

  3. Menguatkan Tulang dan Gigi.

    Rumput laut juga mengandung kalsium. Jika Andalergi terhadap susu sapi. pertimbangkan makanan lain yang mengandung kalsium. Rumput laut, dan wakame terdiri dari 60 mg kalsium, sekitar 6 % dari kebutuhan kalsium harian. Kurangnya kalsium dapat berdampak pada otot, dan sel yang berkoordinasi dengan sistem saraf.

  4. Meningkatkan Energi.

    Kurangnya zat besi dapat menyebabkananemia, sehingga Anda menjadi mudah lemah dan lesu. Anda bisa menambah asupan zat besi dengan memakan rumput laut. Semangkuk rumput laut menyediakan 1,1  atau 0,8 mg zat besi. Memasukkan rumput laut ke dalam makanan sehari-hari dapat membantu Anda mencapai kebutuhan 8 mg zat besi harian pada laki-laki, atau 18 mg zat besi untuk perempuan.

  5. Baik Untuk Penderita Diabetes dan Kolesterol.

    Rumput laut juga mengandung omega-3 asam lemak. Selembar rumput laut memiliki kandungan omega-3 asam lemak yang sama dengan dua alpukat. Fungsi dari omega-3 asam lemak adalah meningkatkan kolesterol baik atau HDL, serta mengurangi kolesterol jahat atau LDL.

  6. Terhindar dari Pembengkakan Kelenjar Tiroid.

    Kandungan yodium yang ada pada rumput laut ini merupakan sesuatu yang cukup jarang ditemukan pada makanan lainnya. Mengonsumsi level yodium yang sehat penting untuk mempertahankan tiroid yang sehat. Tiroid yang bermasalah dapat menyebabkan beberapa gejala seperti rasa lemah, otot pun melemah, kolesterol tinggi, bahkan pada kasus yang parah dapat menyebabkan kondisi medis yang serius seperti gondok, jantung berdebar-debar, serta memori yang terganggu.

  7. Melawan Penyakit.

    Vitamin yang terkandung pada rumput laut memang banyak, seperti magnesium, copper, zinc, riboflavin, niacin, thiamin, vitamin A, B12, B6, dan C. Beberapa nutrisi tersebut adalah antioksidan. Selain mengandung flavonoid, rumput laut juga mengandung antioksidan tinggi lainnya seperti karotenoid.  Antioksidan sendiri berfungsi untuk mencegah kerusakan tubuh akibat radikal bebas, serta baik untuk kesehatan kardiovaskular.

  8. Memperlambat Penyebaran Kanker Payudara.

    Penelitian baru-baru ini menemukan sayuran laut dapat mengatur kadar estrogen, sehingga risiko terkenakanker payudara pun berkurang. Namun, bukan berarti rumput laut ini digunakan sebagai pengobatan berbagai penyakit, atau menjamin perlindungan terhadap penyakit.

Itulah kandungan nutrisi dan manfaat rumput laut untuk kesehatan yang Anda perlu tahu. Sayuran laut ini memang menyimpan banyak sekali gizi di dalamnya. Biasanya rumput laut dikonsumsi untuk campuran makanan jepang atau sebagai tambahan dalam minuman es buah. Semoga ulasan artikel di atas bermanfaat untuk Anda yang membacanya.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
baca Selengkapnya