Apa Manfaat Dari Rumput Mutiara?

Hasil gambar untuk rumput mutiara

Khasiat rumput mutiara mungkin sudah umum dan banyak digunakan dalam berbagai janis pengobatan herbal. Rumput mutiara juga kaya akan kegunaan juga fungsi yang kesemuanya tergolong dalam penyembuhan beberapa penyakit ringan maupun berat. Selain itu, kemampuan rumput mutiara juga terbilang ampuh dalam mengatasi sel kanker, melancarkan sirkulasi darah dan masih banyak lagi sifat farmakologi lainnya, sehingga memang cocok untuk dijadikan ramuan herbal.

Rumput mutiara mempunyai nama latin Hedyotis corymbosa L. adalah jenis tanaman yang tergolong dalam kelompok rumput-rumputan. Klasifikasinya masih dalam kerajaan plantae dan termasuk keluarga Rubiaceae. Dengan kemampuan yang maha dahsyat tersebut, rumput ini menjadi idola dan banyak dijumpai dalam berbagai olahan berupa kapsul, pil, serbuk atau cair.

Tanaman mutiara memiliki percabangan, hidup ditanah lembab yang biasa hidup di pekarangan, saluran air (selokan), pinggir jalan, pekarangan rumah dan tempat yang memiliki kelembaban cukup, bunga berbentuk seperti payung berwarna putih, buahnya yang bulat dan ujungnya pecah-pecah.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis.

Rumput mutiara mengandung hentriacontane, stigmasterol, ursolic acid, β-sitosterol, sitosterol-D-glukosida, p-coumaric acid, flavonoid glycossides, dan asam oleat. Anggota famili Rubiaceae ini bersifat manis, sedikit pahit, lembut netral, dan agak dingin. Faedahnya untuk menghilangkan panas dan toksik, antiradang, diuretik, menyembuhkan bisul (anticarbuncular), dan mengaktifkan sirkulasi darah.

Bagian yang Digunakan dan pemanfaatannya

Seluruh bagian tanaman baik dalam kondisi segar atau kering dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi beragam penyakit :

  1. Mengobati Radang Usus Buntu.

    50gr rumput mutiara dicuci bersih, lalu direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih dan tersisa 2 gelas. Hasil rebusan diminum 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas selama 7 hari.

  2. Mengatasi Sumbatan Saluran Sperma.

    Sumbatan saluran sperma terjadi karena adanya pengikatan saluran epididymis sehingga terjadi gumpalan sperma dan mengakibatkan nyeri pada zakar. Untuk mengatasinya, rebus 30gr rumput mutiara, lalu cuci bersih. Rebus rumput mutiara dengan 4 gelas air hingga mendidih dan airnya tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring hasil rebusan dan diminum 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas. Ulangi minum selama 3-4 pekan.

  3. Mengobati Kanker lymphosarcoma, Kanker Lambung, Kanker serviks, Kanker Payudara, Kanker Rektum, Kanker Nasofaring.

    Sekitar 50gr tanaman dicuci bersih, lalu rebus dengan 4 gelas air hingga mendidih. Biarkan hingga airnya tersisa 2 gelas, lalu angkat. Saat dingin, saring hasil rebusan dan diminum 2 kali sehari, maisng-masing 1 gelas.

  4. Tersiram Air Panas.

    Ambil tanaman segar secukupnya, lalu cuci bersih. Rebus tanaman dengan air secukupnya. Gunakan air rebusan untuk mencuci bagian tubuh yang tersiram air panas. Setelah itu, olesi bagian tubuh yang terkena air panas dengan lidah buaya setiap 5 menit sekali agar lukanya cepat sembuh.

  5. Mengobati Hepatitis dan cholecytitis.

    Cuci bersih 50gr tanaman, rebus dengan 4 gelas air hingga mendidih dan airnya tersisa 2 gelas. Stelah dingin, saring ramuan, dna minum 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

  6. Mengobati Radang Panggul dan Infeksi Saluran Kemih.

    Ambil 50gr tanaman, cuci bersih kemudian rebus dengan 4 gelas air, hingga mendidih dan tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring, dan minum 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

  7. Mengobati Memar, Digigit Ular, Tulang Patah, dan Terkilir.

    Ambil tanaman segar secukupnya, kemudian cuci bersih. Lumatkan seluruh bagian tanaman dan bubuhkan dibagian tubuh yang sakit.

  8. Mengobati Bronkhitis, Pneumonia, Gondongan, Tonsilis, dan paringitis.

    Ambil 50gr tanaman, cuci bersih, kemudian rebus dengan 4 gelas air hingga mendidih dan tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring hasil rebusan, dan minum 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

Catatan : bila mulut penderita terasa kering setelah pemakaian selama 10 hari, hentikan pemakaian obat.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang, / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320.

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo