Penyebab Gigi Sakit Tetapi Tidak Berlubang

Related image

Sakit gigi adalah kondisi ketika muncul rasa nyeri di dalam atau sekitar gigi dan rahang. Tingkat keparahan nyeri tersebut bisa bervariasi, mulai dari ringan hingga parah. Nyeri sakit gigi bisa terasa secara terus-menerus sepanjang hari atau bisa muncul dan hilang secara berulang-ulang tanpa menentu.

Sakit gigi adalah salah satu keluhan kesehatan yang paling umum di seluruh dunia. Hampir semua orang akan mengalami sakit gigi, setidaknya satu kali dalam hidup mereka. Meski gigi berlubang adalah kemungkinan terbesar penyebab sakit gigi, itu hanyalah salah satu dari beberapa potensi penyebab sakit gigi yang mungkin tak pernah Anda sadari sebelumnya.

Ketika terjadi sakit gigi, daerah rahang yang berdekatan dengan gigi yang terinfeksi akan ikut terasa nyeri dan teraba lunak. Kadang-kadang sumber nyeri sulit dibedakan. Contohnya adalah nyeri yang seperti berasal dari telinga pada kasus infeksi geraham bawah dan nyeri yang seperti berasal dari saluran sinus (rongga udara di belakang tulang pipi dan dahi) pada kasus infeksi geraham atas.

Penyebab Gigi Sakit Selain Gigi Berlubang

  1. Kerusakan Gigi.

    Kerusakan gigi adalah penyebab yang paling umum (tapi bukan satu-satunya) sakit gigi. Kerusakan rongga kecil yang hanya mempengaruhi lapisan luar gigi (enamel) biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Tapi ketika pembusukan menembus melalui email dan mempengaruhi lapisan dalam gigi (dentin), maka gigi Anda menjadi sangat sensitif. Pada tahap lanjut pembusukan berlangsung lebih dalam, yaitu pada lapisan terdalam (pulp) yang mengakibatkan nyeri intens dan tajam.

  2. Penyakit Gusi (Infeksi Gusi).

    Penyakit gusi dapat menyebabkan gusi memerah, bengkak, dan berdarah. Tapi penyakit gusi yang semakin parah dapat menyebabkan sakit gigi bahkan ketika gigi Anda sebenarnya sehat-sehat saja.

  3. Trauma atau Benturan.

    Jatuh atau kecelakaan dapat menyebabkan retak atau patah gigi, yang mungkin tidak langsung terlihat pada waktu itu. Namun, hampir bisa dipastikan menyebabkan sakit gigi parah ketika garis patahan menjalar ke pulpa (saraf) gigi.

  4. Gigi Retak.

    Kadang-kadang Anda mungkin mengalami rasa sakit gigi namun tidak ditemukan penyebabnya. Hal ini bisa disebabkan oleh retakan halus yang tersembunyi dan terlalu kecil sehingga tidak bisa dilihat dengan mata telanjang.

  5. Kebiasaan Menyikat Gigi Yang Salah.

    Kebiasaan menyikat gigi yang kurang benar dapat menyebabkan gusi yang menempel di sekitar gigi lepaskan atau terabrasi. Hal ini menyebabkan akar gigi yang terekpos akan mengalami sensitivitas yang ekstrim terhadap makanan dingin, panas, dan asam.

  6. Gigi Bengkok.

    Ketika gigi Anda tidak selaras dengan benar ada distribusi yang tidak merata dari gaya pada gigi saat mengunyah dan dengan demikian peradangan pada saraf di gigi menyebabkan rasa sakit.

  7. Tumbuh Gigi Geraham Bungsu, atau Gigi yang Sejajar (gingsul).

    Ketika Anda memiliki gigi yang tumbuh seejajar atau munculnya gigi bungsu, maka gigi tersebut akan tumbuh dengan cara memecah gusi. Ketika gigi ini tumbuh maka akan menyebabkan rasa sakit dan juga menekan gigi yang berdekatan dan menyebabkan rasa nyeri. Selain itu gigi yang tumbuh sejajar juga sulit dibersihkan, sehingga bakteri tumbuh pada makanan yang menumpuk di bawah flap.

Jika Anda menduga salah satu dari alasan di atas adalah penyebab sakit gigi Anda, kunjungi dokter untuk diagnosis dan perawatan yang lebih akurat. Jaga selalu kesehatan gigi Anda agar tidak tumbuh berbagai macam masalah gigi yang menyebabkan gigi sakit. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

 

Herbal Kesehatan Gigi (Orodent)

Obat herbal ORODENT yang terbuat dari bahan alami yang sangat baik untuk penyembuhkan sakit gigi. 

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

  • Merawat Gigi

    Gigi merupakan bagian dari tubuh yang berfungsi untuk menghaluskan makanan agar nantinya dapat dicerna dengan mudah o...

  • Tips Alami Mengatasi Gusi yang Bengkak

    Salah satu masalah mulut selain gigi berlubang adalah masalah gusi bengkak. Orang yang mengalaminya pasti sangat meng...

  • Sakit Gigi? Berkumur Dengan Air Garam

    Hampir semua orang pernah mengalami sakit gigi. Sakit gigi biasanya disebabkan oleh berbagai faktor seperti gigi berl...

online istana solo