Tips Alami Mengatasi Gusi yang Bengkak

Hasil gambar untuk Gusi yang Bengkak

Salah satu masalah mulut selain gigi berlubang adalah masalah gusi bengkak. Orang yang mengalaminya pasti sangat mengeluh dikarenakan rasa sakit yang benar-benar menyiksa. Sering kali rasa sakit yang dirasakan terasa berdenyut bahkan sampai ke bagian kepala seakan-akan mau pecah.

Gusi bengkak termasuk hal yang sudah umum ditemui. Biasanya ditandai dengan pembesaran, menggelembung, atau menonjol. Pada sebagian kasus, gusi bengkak yang terjadi bisa cukup besar sampai menutupi gigi. Tetapi jika tidak segera di tanggulangi maka akan sangat mengganggu kenyamanan Anda.

Penyebab Gusi Bengkak

Salah satu penyebab terjadinya gusi bengkak adalah dikarenakan adanya inveksi pada gusi (gingvitis). Baik pada gusi bagian luar atau bagian syaraf di gusi. Bagian mulut sendiri sangat banyak mengandung berbagai jenis bakteri jika kebersihannya tidak diperhatikan. Dan umumnya gusi bengkak juga bisa akibat dari menumpuknya plak (karang) di gigi. Plak yang sangat lengket itu terbentuk saat proses makan dan minum.

Gejala awalnya biasanya ditandai dengan membengkaknya bagian gusi tertentu dengan warna kemerahan. Lama kelamaan akan memicu munculnya nanah di bagian dalam gusi dan semakin membengkak. Akhirnya akan memicu ketidaknyamanan pada mulut dan mengarah pada bau mulut tak sedap.

Selain itu, beberapa kondisi dimana gejalanya berupa gusi bengkak, antara lain gingivitis, infeksi virus atau jamur, kehamilan, kekurangan asupan gizi, atau skorbut. Skorbut sendiri merupakan kondisi tubuh yang kekurangan vitamin C.

Tidak hanya itu saja, gusi bengkak juga dapat disebabkan karena pemasangan gigi palsu atau perlengkapan gigi yang tidak tepat, sensitivitas terhadap penggunaan pasta gigi tertentu atau cairan kumur, bahkan bisa disebabkan karena efek obat-obatan tertentu.

Tips Mengatasi Gusi bengkak Secara Alami

  1. Air Jeruk Lemon.

    Jeruk lemon memiliki manfaat yang baik sebagai obat gusi bengkak. Anda hanya perlu membuat perasan air jeruk lemon dan menjadikannya obat kumur. Lengkapnya; siapkan 1/2 buah jeruk lemon untuk di peras airnya. Campurkan pada segelas air. Gunakan campuran tersebut untuk berkumur. Lakukan sehari minimal 2 – 3 kali.

  2. Air Garam.

    Air garam ternayata cukup ampuh sebagai obat gusi bengkak. Kandungan garam memiliki khasiat sebagai antiseptik yang bisa memberantas bakteri penyebab gusi bengkak. Anda hanya perlu mempersiapkan segelas air hangat dan mencampur air garam tersebut dengan garam secukupnya. Air tesebut digunakan sebagai obat kumur sehari 2 – 3 kali. Bisa juga sebagai obat sakit gigi.

  3. Lada Hitam dan Minyak Cengkih.

    Perpaduan dua bahan tradisional ini sudah sejak lama dikenal manjur sebagai obat gusi bengkak. Anda hanya perlu mengoleskan minyak cenkeh yang sudah tercampur dengan lada hitam di gusi yang bengkak. Hal itu akan mengatasi rasa sakit dan nyeri yang anda derita serta menyembuhkan bengkaknya.

  4. Daun Sirih.

    Daun sirih dikenal sebagai bahan alami yang mengandung antiseptik untuk atasi gusi bengkak. Anda hanya perlu mempersiapkan 7 lembar daun sirih ditambah sedikit kunyit sebagai antibiotik, dan garam secukupnya saja. Semua bahan tadi di rebus pada 1/2 liter air hingga mendidih. Saring airnya dan tunggu hingga suhu turun menjadi hangat. Air tersebut diminum dan dijadikan obat kumur sehari 3 kali.

  5. Asam Jawa.

    Selain utuk mengatasi masalah karang gigi, asam jawa juga sangat manjur mengobati gusi bengkak. Cara membuatnya juga sangat gampang dan praktis. Anda hanya perlu mempersiapkan biji asam jawa (bijinya saja) untuk di sangrai jering di wajan. Bubuknya di jadikan obat oles pada gigi dan area gusi yang bengkak. Sebaiknya di oles menggunakan sikat gigi layaknya pasta gigi.

  6. Baking Soda.

    Meski umumnya dikenal sebagai bahan untuk membuat kue ternyata baking soda cukup mujarap mengobati gusi yang bengkak. Anda hanya perlu mencampurnya dengan air dan menggunakannya sebagai obat kumur.

  7. Sikat Gigi.

    Seperti kita bahas tadi, salah satu faktor yang menyebabkan gusi bengkak adalah kebersihan. Sehingga sangat di anjurkan untuk lebih merawat kebersihan mulut, gigi, dan gusi dengan rajin menyikat gigi. Maka setelah melakukannya bakteri pada mulut akan hilang dan gusi bisa normal kembali. Cara mengobati gusi bengkak ini tergolong simple namun sangat baik di implementasikan.

Itulah beberapa tips alami untuk mengatasi gusi bengkak yang mungkin bisa menjadi alternative untuk Anda yang sedang mengalami gusi bengkak. Semoga tips-tips di atas bermanfaat dan dapat menyembuhkan masalah gusi dan sakit gigi Anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba sendiri di rumah jika sakit gusi tersebut sedang menyerang Anda.

 

Red Propolis

Red Propolis direkomendasikan oleh para dokter untuk penyakit sebagai berikut :
    * Kangker
    * Alergi
    * Scierosis
    * TBC
    * Tumor
    * Parkinson
    * Herpes
    * Hepatitis
    * Patah Tulang
    * Masalah Kulit
    * Masalah Gusi
    * Sakit Gigi
    * Asthma
    * Sembelit
    * Sakit Maag
    * Wasir
    * Jerawat
    * Bengkak
    * Diabetes Mellitus
    * Influenza dan Batuk
    * Lemak Tinggi dalam darah
    * Gangguan Liver
    * Gangguan Ginjal
    * Gangguan Jantung
    * Gangguan Pencernaan
    * Demam / Sakit Kepala
    * Demam Berdarah
    * Demam Thypoid
    * Asam Urat / Rheumatik
    * Masalah Kewanitaan

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo. 

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta. 

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang. 

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta. 

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayanan Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo