Baca! Manfaat Salam Koja Untuk Kesehatan Tubuh

daun salam koja

Daun salam koja atau juga dikenal dengan daun kari / sicerek memiliki nama latin Clausena excavata Burm F. merupakan daun yang digunakan dalam pembuatan beberapa masakan terutama masakan kari. Masakan padang juga menggunkan daun yang satu ini sebagai salah satu penyedap masakan.

Salam koja tidak berbeda jauh dengan bentuk daun salam biasa, hanya ukurannya yang lebih kecil dan memiliki arom yang lebih tajam. Daun ini mudah ditemukan di daerah Aceh, namun kamu juga dapat mencarinya di pasar-pasar tradisional. Selain digunakan dalam beberapa masakan, salam koja juga mempunyai berbagai khasiat karena mengandung vitamin dan beberapa nutrisi penting.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Kandungan kimia salam koja antara lain saponin, flavonoid, dan tanin. Efek farmakologis salam koja yaitu bersifat antibiotik dan anti-inflamasi.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

  • Mengobati Luka Baru.

    Cuci bersih 5gr daun segar, lalu tumbuk sampai lumat. Tempelkan ramuan di atas luka. Setelah itu, balut luka dengan kain bersih.

  • Obat Cacing.

    Ambil 9 lembar daun segar, lalu cuci bersih dan potong kecil-kecil. Seduh daun dengan 1 cangkir air mendidih. Minum ramuan selagi hangat.

  • Mengobati Diare dan Disentri.

    Ambil 9 lembar daun segar, lalu cuci bersih dan potong kecil-kecil. Seduh daun dengan 1 cangkir air mendidih. Minum ramuan selagi hangat.

  • Mengobati Demam Nifas dan Sakit Kepala.

    Ambil 9 lembar daun segar, lalu cuci bersih dan potong kecil-kecil. Seduh daun dengan 1 cangkir air mendidih. Minum ramuan selagi hangat.

  • Mengobati Borok Usus dan Masuk Angin.

    Ambil 1 jari akar sicerek (salam koja), lalu cuci bersih dan potong kecil-kecil. Rebus akar dengan 2 gelas air hingga mendidih. Biarkan hingga airnnya tersisa 1 gelas. Minum ramuan 2 kali sehari, masing-masing setengah gelas.

  • Mengobati Frambusia dan Borok.

    Cuci bersih akar segar (bisa juga digunakan daun dan kulit batang yang segar) secukupnya, lalu tumbuk halus. Balurkan ramuan dibagian tubuh yang sakit.

Itulah beberapa manfaat kesehatan dari daun salam koja untuk kesehatan Anda. Tambahkan juga daun salam koja pada menu diet untuk membantu Anda mengurangi berat badan.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo