Manfaat Tanaman Salvia Untuk Kesehatan

Image result for manfaat salvia

Tumbuhan salvia mungkin asing bagi kita, apa itu tumbuhan salvia? Tumbuhan salvia ini banyak orang tidak tahu tentang tumbuhan ini karena beda zaman karena zaman dahulu orang-orang kalau mengobati penyakit menggunakan cara tradisional alami. Kali ini saya akan menjelaskan tentang Manfaat Tumbuhan Salvia untuk kesehatan tubuh yang mampu mengobati bebagai jenis penyakit.

Salvia [Salvia splendens Ker-Gawl.] merupakan tanaman hias berbunga indah yang berasal dari Meksiko, ditanam di taman-taman atau pekarangan. Dapat ditemukan terutama pada daerah berhawa sejuk sampai ketinggian 1400 m diatas permukaan air laut. Salvia menyukai tempat-tempat yang menerima sinar matahari penuh atau agak terlindung dengan cahaya cukup.

Pengembangbiakan dengan biji atau setek tunas. Habitus perdu, tumbuh tegak, tinggi 20-90 cm, batang bersegi empat, bercabang. Daun tunggal, panjang pangkal daun 1-6 cm, helaian daun bentuknya bulat telur sampai memanjang, ujung runcing, pangkal tumpul, tepi bergerigi, tulang daun menyirip, panjang 3-10 cm, lebar 2-6,5 cm, warnanya hijau tua. Bunga majemuk, 2-16 kuntum tumbuh melingkar menjadi karangan bunga berbentuk tandan yang panjangnya 10-30 cm, berwarna merah. Buahnya lonjong, kecil.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Sifat kimiawi silvia yang sudah diketaui, antaralain saponin, polifenol, dan flavonoid. Efek farmakologis anggota famili Labiataceae itu memiliki sifat rasa manis dan netral. Tanaman ini berkhasiat sebagai penurun panas.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Seluruh bagian tanaman dan akar dapat digunakan untuk mengatasi beragam penyakit seperti berikut ini.

  • Mengobati Demam.

    Ambil tanaman segar, lalu cuci bersih. Tumbuk tanaman hingga seperti bubur, lalu tambahkan air. Gunakan ramuan sebagai bahan untuk mengompres.

  • Mengobati Bisul dan Luka Terpukul.

    Cuci bersih tanaman segar secukupnya. Tumbuk tanaman hingga seperti bubur, lalu tambahkan air. Balurkan ramuan bagian tubuh yang sakit atau di atas bisul.

  • Mengobati Terkilir dan Bengkak.

    Cuci bersih tanaman segar secukupnya. Tumbuk tanaman hingga seperti bubur, lalu tambahkan air. Balurkan ramuan bagian tubuh yang sakit atau bagian tubuh yang terkilir dan bengkak.

  • Mengatasi Perut Mulas dan Sebah.

    Cuci bersih 5gr akar segar di abwah air mengalir. Kemudian, rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih dengan api kecil selama 25 menit. Setelah dingin, saring hasil rebusan dan minum sekaligus.

Mungkin kali ini saya telah menjelaskan tentang Manfaat Tanaman Salvia Untuk Kesehatan untuk kesehatan tubuh yang mampu mengobati berbagai jenis penyakit yang sering mengganggu kesehatan kita

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo