Sambang Darah Berkhasiat Untuk Kesehatan

Related image

Sambaing darah (Excoecaria cochinchinensis) memiliki cirri-ciri tegak tanaman hingga 200cm, tanaman sambaing darah merupakan tanaman yang perdu yang banyak dijadikan pagar hidup di sekitar rumah. Sambaing darah juga banyak dikembangkan sebagai tanaman hias.

Sambang dara ini termasuk ke dalam keluarga tumbuhan Euphorbiaceae. Tanaman sambang darah ini dikenal dengan nama daerah ki sambang. Tanaman ini yaitu memiliki daun yang berwarna hijau tua pada bagian atas dan warna merah gelap pada bagian bawah.  Ada juga yang menggunakan tanaman ini sebagai tanaman hias karena bentuk dan warnanya yang unik dan enak dipandang. 

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Kandungan kimia sambang darah, antara lain tanin, asam behenat, triterpenoid eksokarol, dan silosterol. Getah mengandung resin dan senyawa yang sangat beracun. Tanaman ini memiliki sifat pedas, hangat, dan beracun. Sambang darah pemanfaatannya untuk membunuh parasit, obat gatal (antipruritik) dan menghentikan pendarahan seperti pada kasus pendarahan waktu haid dan melahirkan, disentri, batuk darah, muntah darah, serta luka berdarah.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Bagian tanaman sambung darah yang biasa dimanfaatkan untuk pengobatan adalah akar, daun, dan ranting untuk mengatasi beragam penyakit berikut.

  1. Mengobati Disentri.

    Cuci bersih 15 lembar daun, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring hasil rebusan, dan minum 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

  2. Mengobati Muntah Darah dan Batuk Darah.

    Cuci 13 lembar daun segar, lalu tumbuk halus. Rebus hasil tumbukan dengan setengah cangkir air matang, lalu tambahkan sedikit garam. Aduk campuran itu hingga rata. Setelah dingin, peras ramuan dengan kain dan minum sekaligus.

  3. Mengatasi Pendarahan Haid.

    Cuci bersih ranting segar sambang darah sebesar jari kelingking, lalu potong kecil-kecil. Rebus ranting dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1,5 gelas. Setelah dingin, saring hasil rebusan. Minum ramuan 3 kali sehari, masing-masing setengah gelas.

  4. Mengatasi Pendarahan Setelah Bersalin dan Keguguran.

    Cuci bersih 1,5 jari akar sambang darah. Rebus bahan tersebut dengan 2 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring hasil rebusan dan minum 2 kali sehari, masing-masing setengah gelas.

  5. Mengobati Eksim Kronis, Psoriasis, Neurodermatitis, dan Luka Berdarah.

    Untuk obat luar, daun sambang darah segar secukupnya dicuci, lalu ditumbuk halus. Hasil tumbukan dibalurkan di abgian tubuh yang sakit atau luka, lalu dibalut dengan kain kasa. Sebagai obat minum, daun sambang darah sebanyak 15 lembar di cuci bersih. Selanjutnya, daun tersebut di rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring ramuan dan minum 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

Demikianlah pengenalan tentang tanaman sambang darah beserta manfaat dan pemanfaatannya untuk tubuh kita. Semoga dengan mengkonsumsi yang alami hidup menjadi lebih baik.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo