Fakta Khasiat Tanaman Sambung Nyawa

Hasil gambar untuk sambung nyawa

Sambung nyawa, tanaman dengan nama ilmiah Quamoclit pennata (Desr.) Boj., dan Ipomoea quamoclit L. ini pun bisa digunakan sebagai anti-hipertensi dan anti-inflamasi. Sejumlah penelitian menunjukan bahwa senyawa yang terkandung di dalam daun sambung nyawa merupakan regulator yang efisien dari gula darah dan melindungi ginjal dan retina dari kerusakan yang disebabkan oleh gula darah tinggi.

Sambung nyawa adalah tanaman tahunan dengan tinggi antara 10-25 cm. daun berwarna hijau cerah dan terasa halus saat disentuh. Bentuk daun dapat bervariasi tergantung pada kondisi pertumbuhan mulai dari bulat sampai bulat telur tetapi semua memiliki tepi bergerigi. Menariknya batang muda berwarna hijau, tetapi dengan bertambahnya umur berubah menjadi ungu dengan bintik-bintik hijau. Beberapa daun juga akan berubah ungu. Jika dipangkas dengan teratur, tanaman juga akan tetap tumbuh rendah. Namun tanaman ini bila sudah tua bisa merambat.

Daun tanaman ini bisa dimakan mentah atau dapat dikonsumsi sebagai sayuran. Tanaman yang di Negara barat sana dijuluki sebagai “bayam panjang umur” dan “bayam kolesterol” ini mudah ditanam dengan pertumbuhan yang cepat sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu tanaman apotek hidup sekaligus sumber sayuran yang bernutrisi.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Kandungan kimia daun sambung nyawa, antara lain alkoloid, saponin, flavonoid, dan tanin. Tumbuhan ini bersifat dingin dan netral. Khasiatnya antara lain antineoplastik dan penurun tekanan darah.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Bagian tanaman yang digunakan untuk pengobatan adalah daun, untuk mengatasi berbagai penyakit seperti berikut ini :

  1. Mengobati Tekanan Darah Tinggi.

    Ambil 4 daun segar (untuk anak-anak) atau 7 lembar (dewasa), lalu cuci bersih. Konsumsi daun mentah sebagai lalap. Daun itu juga dapat di jus, ditumis, atau dikukus sebentar sebelum dikonsumsi.

  2. Mengobati Kolesterol Tinggi.

    Cuci bersih 3 daun segar, lalu konsumsi sebagai lalapan setiap hari secara teratur setiap kali makan nasi. Daun juga dapat dijus untuk diminum. Hindari makanan berlemak bagi penderita penyakit ini.

  3. Mengobati Tumor.

    Cuci bersih 3 daun segar, lalu dimakan sebagai lalapan setiap hari secara teratur setiap kali makan nasi. Daun juga dapat dijus untuk diminum. Bagi penderita, hindari ikan asin, cabai, tauge, sawi putih, kangkung, nanas, durian, lengkong, nangka, es, alkohol, tapai, limun, dan penyedap masakan.

  4. Mengobati Diabetes mellitus, Lever, dan Wasir.

    Cuci bersih 3 daun segar, lalu dimakan sebagai lalapan setiap hari secara teratur setiap kali makan nasi. Daun juga dapat dijus untuk diminum. Bagi penderita hindari makanan berlemak. Khusus untuk penderita wasir, hindari daging kambing dan makanan pedas.

  5. Mengobati Radang Pita Tenggorokan dan Sinusitis.

    Ambil 4 daun segar (untuk anak-anak) atau 7 lembar (dewasa), lalu cuci bersih. Konsumsi daun mentah sebagai lalap. Daun itu juga dapat di jus, ditumis, atau dikukus sebentar sebel;um dikonsumsi.

  6. Mengobati Maag.

    Cuci bersih 3 daun segar, lalu dimakan sebagai lalapan setiap hari secara teratur setiap kali makan nasi. Daun juga dapat dijus. Penderita harus menghindari makanan pedas dan asam.

  7. Mengatasi Terkena Bisa Ular dan Semut Hitam.

    5 lembar daun segar dicuci bersih, lalu ditumbuk halus. Tambahkan sedikit air kedalam tumbukan hingga menjadi adonan. Gosokkan dan balurkan ramuan di bagian tubuh yang terkena bisa ular atau bagian tubuh yang gatal. Lakukan pengobatan 2 kali dengan interval 2 jam.

Itulah fakta khasiat dari tanaman sambung nyawa. Bagaimana? banyak kan khasiatnya. Mulai sekarang tanaman ini bisa Anda coba tanam di pekarangan rumah Anda untuk salah satu koleksi tanaman apotek hidup di rumah. Semoga artikel kesehatan di atas bermanfaat untuk Anda yang membacanya.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo