9 Khasiat Penting Tanaman Sangitan Untuk Kesehatan

Image result for pemanfaatan tanaman sangitan

Sangitan merupakan tanaman asli Indonesia, dapat ditemukan dari dataran rendah sampai ketinggian 1.000 m dpl. Sangitan banyak ditemukan tumbuh liar di daerah pegunungan, pinggiran kota pada tanah terlantar, atau ditanam penduduk sebagai tanaman hias di pekarangan dan kadang ditemukan sebagai tanaman pagar. Tanaman ini umumnya menyukai tempat-tempat yang tidak terlalu kering atau terlalu lembab.

Tanaman sangitan dikenal juga dengan nama Kerak Nasi. Sangitan yang mempunyai nama ilmiah Sambucus javanica Reinw ini adalah tanaman pergola yang aslinya tanaman dari daerah Kalimantan dan Malysia. Di Malaysia lebih dikenal sebagai Kesydang yang banyak dimanfaatkan sebagai tanaman aromatik. Keistimewaan tanaman ini memiliki bunga kecil-kecil yang saat mekar akan mengeluarkan wangi seperti pandan.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Kandungan kimia sangitan, antara lain minyak esensial, asam ursolik, β-sitosterol, α-amyrin palmitate, dan tanin. Anggota famili Caprifoliaceae itu memiliki sifat manis, sedikit pahit, dan hangat. Sangitan masuk meridian hati. Akar menghilangkan kolik (antispasmodik) dan menghilangkan pembengkakan. Sementara itu, batang dan daun sebagai peluruh kencing (diuretik), menghilangkan pembengkakan, menghilangkan sakit (analgetik), dan melancarkan sirkulasi darah.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Daun, batang dan akar sangitan dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pengobatan.

  1. Mengobati Nephritic edema dan Beri-beri.

    Cuci bersih 50gr tanaman, lalu potong-potong menjadi bagian yang lebih kecil. Rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Saring hasil rebusan setelah dingin dan minum sekaligus.

  2. Mengobati Sakit Kuning.

    Ambil dan cuci bersih 45gr akar sangitan kering atau 90gr akar sangitan segar. Potong-potong kecil-kecil akar, lalu tambahkan daging sapi. Tim bahan tersebut. Setelah dingin, minum air ramuan dan makan dagingnya.

  3. Mengobati Bengkak Terpukul dan Tulang Patah.

    Cuci bersih 20gr akar tanaman kering atau 40gr akar tanaman segar, lalu potong-potong menjadi bagian yang lebih kecil. Rebus akar dengan 400cc air dan 2 sloki arak putih sampai mendidih dan tersisa separuhnya. Tambahakan 30gr gula pasir dan aduk rata. Saring hasil rebusan setelah dingin dan minum 2 kali sehari, masing-masing 100cc.

  4. Mengatasi Disentri.

    Cuci bersih 50gr batang dan daun tanaman kering (setara 100gr segar). Setelah dipotong-potong menjadi bagian yang lebih kecil, rebus bahan dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Saring hasil rebusan setelah dingin dan minum sekaligus.

  5. Mengatasi Rematik Kronis, Sakit Pinggang dan Bengkak.

    Ambil 30gr akar tanaman kering (setara 60gr segar), lalu cuci bersih dan potong kecil-kecil. Rebus bahan dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Saring hasil rebusan setelah dingin dan minum 1 kali sehari, masing-masing 1 gelas. Untuk obat luar, daun segar secukupnya dicuci dan ditumbuk halus. Tambahkan air ke dalam ramuan agar menjadi bagian tubuh yang sakit.

  6. Mengobati Sakit Rubella (campak jerman).

    Cuci bersih 1 pohon tanaman, lalu potong menjadi bagian yang lebih kecil. Rebus bahan dalam 3 liter air sampai mendidih. Tambahkan air dan gunakan selagi hangat untuk mandi.

  7. Mengobati Radang Saluran Napas Kronis (bronkhitis kronis).

    Cuci bersih 50gr batang dan daun kering atau setara 100gr segar. Kemudian, rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Saring hasil rebusan setelah dingin dan minum sekaligus.

  8. Mengatasi Kram, Kejang pada Kaki, dan Sakit pada Tulang Bronkhitis Kronis.

    Cuci bersih 50gr batang dan daun kering atau 100gr segar. Rebus batang dan daun dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Saring hasil rebusan setelah dingin dan minum sekaligus.

  9. Mengobati Tulang Patah.

    Cuci bersih 50gr akar sangitan kering atau 100gr segar. Potong akar menjadi bagian yang lebih kecil, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan lalu saring ramuan. Minum ramuan yang telah dingin sekaligus.

Demikian pengenalan tentang 9 Khasiat Penting Tanaman Sangitan Untuk Kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Setiap masalah selalu ada solusinya, termasuk masalah kesehatan tubuh.

Salam Sehat

 

 Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo