5 Khasiat Sangketan Untuk Kesehatan Tubuh

Related image

Nama ilmiah adalah heliotropium indicum L, nama daerah juga adalah bandotan lombok, buntut tikus, ekor anjing, tusuk konde (melayu/sumatera); tulale gajah (sunda); gajahan, langun, uler-uleran, sangketan, cocok bero, tlale gajah (jawa), nama asingnya juga adalah, yaitu dai wei yao (cina).

Tumbuhan ini banyak orang yang tidak mengetahuinya tetapi buat sebagian orang yang tahu akan tumbuhan ini pasti dimanfaatkan untuk obat tradisional alami yang baik untuk mengobati penyakit karena sejak zaman dulu obat tradisional alami ini sangat mujarab. Kali ini saya akan menjelaskan tentang tanaman sangketan yang bermanfaat dan berkhasiat untuk kesehatan tubuh yang bisa mengobati berbagai jenis penyakit seperti di bawah ini saya akan jelaskan penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunannya agar mudah dilakukan di rumah.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Kandungan kimia sangketan, antara lain indicine, asetil indicine, dan indicinine. Anggota famili Boraginaceae itu bersifat pahit, netral, dan toksik. Adapun khasiatnya, antara lain sebagai antiradang, pembunuh parasit, dan penghilang gatal (antipruritik). Sangketan juga untuk mengatasi infeksi paru (pneumonitis), abses paru, pulmonary empyema, radang tenggorok, sariawan, diare, disentri, peradangan buah zakar, bisul, radang kulit bernanah, dan peluruh haid.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Seluruh bagian tanaman dapat digunakan untuk mengatasi beragam penyakit berikut ini.

  1. Mengobati Infeksi Paru-paru, Abses Paru-paru, dan Empyema.

    Cuci bersih 60gr tanaman segar. Lalu rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Saring hasil rebusan setelah dingin dan tambahkan 1 sendok makan madu. Minum ramuan 1 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

  2. Mengobati Sariawan.

    Ambil daun sangketan segar secukupnya, lalu cuci bersih. Lumatkan daun, lalu peras. Air perasan hasil tumbukan itu digunakan untuk berkumur-kumur 4 kali sehari.

  3. Mengobati Disentri.

    Cuci bersih 60gr tanaman sangketan segar. Rebus bahan dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Saring hasil rebusan setelah dingin dan minum ramuan itu sekaligus.

  4. Mengobati Radang Buah Zakar (orchitis).

    Ambil 60gr akar segar, lalu cuci bersih. Setelah itu, rebus akar dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas.

  5. Mengobati Bisul.

    Cuci bersih 60gr tanaman sangketan segar. Rebus bahan dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Saring hasil rebusan setelah dingin dan minum ramuan itu sekaligus. Untuk obat luar, cuci bersih daun segar secukupnya, lalu lumatkan dengan campuran nasi dingin. Tempelkan ramuan itu di atas bisul.

Catatan : wanita hamil dilarang mengonsumsi ramuan berbahan baku biji dan bunga sangketan karena dapat menyebabkan keguguran.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo