Sawi Langit - Tanaman Dengan Khasiat yang Besar Bagi Tubuh

Related image

Tanaman sawi langit punya nama latin Vernonia cinerea. Meskipun menyandang nama “sawi”, namun ternyata tanaman ini bukan termasuk keluarga sawi-sawian yang sering kita makan sebagai sayur. Sawi langit biasa tumbuh subur di sekeliling kita, entah itu di kebun, halaman rumah, atau di pinggir jalan. Mungkin Anda sering melihat tanaman ini di sekitar tempat tinggal atau kantor, karena warna ungu mencolok dari bunganya gampang terlihat mata. Tanaman yang biasa tumbuh liar di pinggir-pinggir jalan ini ternyata punya khasiat herbal yang cukup menakjubkan.

Siapa sangka bahwa tanaman liar yang banyak tumbuh dimana-mana ini memiliki khasiat sebagai herbal yang bisa kita manfaatkan? Dalam ilmu farmakologi (yang berhubungan dengan obat-obatan), disebutkan bahwa sawi langit memiliki sifat pahit, manis, menyejukkan, dan menenangkan.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Sawi langit bersifat pahit, manis, dan sejuk.tanaman ini digunakan sebagai penenang (sedative). Anggota family Compositae ini berfaedah untuk mengatasi demam, panas, batuk, disentri, hepatitis, lelah tak bersemangat (neurasthenia), susah tidur (insomnia). Selain itu, ssawi langit dimanfaatkan untuk obat luar seperti mengobati bisul, gigitan ular, luka terpukul, dan keseleo. Kandungan kimia tanaman ini belum banyak diketahui.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Seluruh bagian tanaman baik segar maupun dikeringkan dapat digunakan untuk mengatasi beragam penyakit seperti berikut.

  • Mengobati Demam.

    Cuci bersih 10-15gr tanaman kering atau setara dengan 50gr tanaman segar. Rebus tanaman dengan 4 gelas air sampai mendidih dan tersisa 2 gelas. Saring hasil rebusan setelah dingin. Minum ramuan 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

  • Mengobati Batuk dan Panas.

    Cuci bersih 10-15gr tanaman kering (setara dengan 50gr tanaman segar). Rebus tanaman dengan 4 gelas air ampai mendidih dan tersisa 2 gelas. Saring hasil rebusan setelah dingin. Minum ramuan 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

  • Mengatasi Disentri, Hepatitis, Lelah Tidak Bersemangat, Kejang Lambung, Kejang Perut, dan Insomnia.

    Cuci bersih 10-15gr tanaman kering (setara dengan 50gr tanaman segar). Rebus tanaman dengan 4 gelas air ampai mendidih dan tersisa 2 gelas. Saring hasil rebusan setelah dingin. Minum ramuan 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

  • Mengobati Bisul, Gigitan Ular, Luka Terpukul dan Keseleo.

    Ambil tanaman sawi langit secukupnya, lalu cuci bersih. Tumbuk halus tanaman. Tambahkan sedikit air, lalu aduk sehingga menjadi adonan. Tempelkan ramuan itu di bagian tubuh yang sakit.

Dari penjelasan di artikel ini, dapat disimpulkan bahwa seluruh bagian tanaman sawi langit bisa dimanfaatkan. Anda juga bisa dengan mudah menemukannya di sekeliling rumah, asalkan jeli melihat ciri khas bunganya yang berwarna ungu. 

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo